Upss! Hati-Hati Saat Membujuk Anak Kecil

hati-hati membujuk anak kecil

Membujuk anak kecil adalah tema yang aku ambil di hari terakhir tantangan #KampusFiksi. Sejujurnya bikin galau karena berhubungan dengan komitmen yang benar-benar harus kita jaga. Ini dia tantangannya:  

Tulislah Sebuah Hal yang Kamu Berjanji Tidak Akan Mengulanginya Kembali!  

Janji itu sesuatu yang rumit. Jika abai akan terus membayangi hidup seperti hutang. Kalau melihat kebelakang beberapa hal yang aku janjikan sedikit yang terwujud. Karenanya, dalam hal apapun aku tidak ingin berjanji atau menjanjikan sesuatu pada diri sendiri maupun orang lain.

Biasanya sih, bilang saja akan aku usahakan. Kalaupun dari awal tidak bisa, langsung saja menolak, tidak dengan memaksakan diri. Apalagi pada orang lain harus super hati-hati kalau menjanjikan sesuatu.

Baca Juga: Perpustakaan Digital Lets Read

Membujuk Anak Kecil Tidak dengan Janji 

Oh, iya! Baru inget nih. Adakah yang kewalahan saat mengatasi anak kecil yang rewel? Aku bukanlah termasuk penenang yang baik. Ceritanya tuh keponakan pengin main mandi bola. Namun, berhubung kaki-nya baru sembuh karena keseleo dan aku juga kebetulan lagi sibuk dengan jujur aku bilang nanti saja.

Eh, dia malah ngambek dengan wajah cemberutnya sambil mukulin badan aku. Sialnya, itu di tempat umum. Aku sogok pakai makanan gak mau. Alhasil, karena mentok gak tahu harus pakai cara apa untuk melancarkan kudeta, akhirnya aku bilang besok saja.  

Ekhm…. Kudeta berhasil, dia pun mau aku ajak pulang. Sayangnya, ucapan aku itu dia anggap sebuah janji. Berhubung, besoknya aku gak berkunjung ke rumah ponakan. Bahkan hari berikutnya juga. Dia ngambek sama Emak-nya dan bilang aku pembohong *jlebb….

Duh, dia tuh ya, aku kan gak bilang janji tapi dia malah salah kaprah dan sialnya ingat terus sampai terwujud. Baru sadar dia itu gak bisa dijanjiin kalau gak ditepati. Pengalaman berharga untuk tidak membujuk anak kecil dengan hal-hal yang kemungkinan besar akan menjadi salah paham lagi.  

Kejadian itu membuat aku berhati-hati dalam berucap, apalagi menjanjikan sesuatu pada ponakan. Kalau mau ngajak dia main nunggu pas sampai di rumahnya. Saat ngambek ajak nonton doraemon aja di laptop atau bujuk dengan cara lain yang saat itu juga bisa dilakukan.  

Anak kecil itu terkadang mengerikan. Karenanya, saat anakku lahir nanti, harus super hati-hati saat membujuk anak kecil kalau rewel. Pengalaman berharga di atas jadi pelajaran yang sangat penting dan berharga. Seperti kata atasan, kita ini tidak tahu apa-apa tanpa adanya pengalaman.  

___________________

Artikel ini diikutsertakan untuk #10DaysKF @KampusFiksi

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.