Tips Menabung Dana Qurban Agar Terpenuhi

mengumpulkan dana qurban

Menabung Dana Qurban – Sebagai seorang muslim, pastinya kita ingin selalu dekat dengannya dengan cara beribadah atau melakukan hal baik lainnya. Berqurban di hari raya Idul Adha menjadi salah satu keinginan sebagian besar umat muslim karena tidak hanya untuk tujuan ibadah saja. Namun juga bisa turut berbagai dengan orang lain lewat daging dari hewan yang kita qurbankan. Adapun hewan yang kerap dijadikan untuk kurban, yaitu unta, kambing atau domba, dan sapi.

Di Indonesia, hewan yang kerap untuk kurban adalah kambing dan sapi. Untuk berkurban, tidak semua orang memiliki kemampuan secara finansial. Sehingga umumnya banyak sekali yang berqurban oleh umat muslim yang mampu. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika kita ingin berkurban dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan. Karena ada cara yaitu dengan menabung terlebih dahulu agar terpenuhi jumlah dana untuk berqurban.

Tips Menabung Dana untuk Qurban

mengumpulkan dana tabungan qurban

Agar keinginan qurban dapat terpenuhi kita bisa mulai mengumpulkan biaya untuk qurban dengan melakukan beberapa tips berikut ini, yaitu:

1. Tentukan Tujuan Keuangan Qurban

Jadikan Ibadah qurban sebagai salah satu tujuan keuangan yang harus terpenuhi. Dengan cara ini, maka kita bisa mulai menentukan berapa nominal yang dibutuhkan untuk berkurban dan mulai bisa menabung dengan pengaturan keuangan yang tepat.

2. Menyisihkan Pendapatan

Selalu menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk tabungan qurban. Jika sudah memasukkan qurban sebagai salah satu tujuan keuangan, selanjutnya pastikan untuk selalu menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk tabungan biaya qurban.

3. Membuat Rekening Terpisah

Membuat rekening baru untuk mempermudah menabung dana qurban. Agar dana yang sudah kita kumpulkan tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya, sebaiknya buat rekening baru atau terpisah untuk menabung dana qurban.

4. Ikut arisan kurban

Cara ini juga bisa menjadi alternatif lainnya agar bisa berkurban setiap tahunnya.

5. Menabung dengan emas

Jika cukup sulit untuk menabung dengan menyisihkan dana setiap bulannya, menabung dengan menggunakan emas juga bisa kita lakukan, lho.

Untuk kebutuhan menabung dana qurban, kita bisa menggunakan produk iB Multiguna dari Bank Syariah Bukopin. Dengan memiliki tabungan ini, bisa memudahkan kita dalam mengumpulkan dana untuk qurban karena ada fitur auto debet. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk keuangan dari Bank Syariah Bukopin, Kita bisa mengunjungi website resminya.

Selain ada produk untuk memudahkan menabung dana qurban, juga ada banyak sekali pilihan produk pembiayaan maupun pendanaan, seperti iB Kepemilikan Rumah untuk membantu kredit rumah bekas syariah maupun rumah baru, iB Kepemilikan Mobil untuk membantu pembiayaan kepemilikan mobil, dll.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.