Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Rasa Insecure Berlebih

Tomoyo Rin

cara mengatasi rasa insecure

Setiap orang pasti pernah merasa minder dan tidak merasa percaya diri terhadap dirinya sendiri. Perasaan tersebut merupakan rasa insecure. Yang mana dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang.

Seperti tidak percaya diri karena bentuk tubuhnya, pekerjaan, kepribadian, potensi dan masih banyak lagi. Jika dibiarkan maka akan merugikan diri sendiri karena insecure berlebih bisa membuat kita tidak bisa merasa bebas dan sulit mengembangkan potensi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa insecure?

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi rasa insecure, alangkah baiknya mengetahui apa itu insecure.

Contents

Apa Itu Insecure?

Menurut Talissa Carmelia selaku psikolog klinis, arti insecure adalah perasaan tidak yakin terhadap kemampuan potensi atau keberhargaan diri sendiri. Yang mana rasa Insecure sendiri bukanlah hal buruk.

Kita bisa termotivasi untuk menjadi lebih baik dari insecure tersebut. Termotivasi untuk berusaha mewujudkan mimpi dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Walau begitu, bisa juga menjadi boomerang untuk diri sendiri jika rasa insecure muncul secara berlebih. Merasa tidak berharga dan akhirnya terjebak dalam pikiran negatif.

Hal yang berlebih tersebutlah yang akan membuat diri sendiri merasa tidak aman dan nyaman. Kita tidak bisa berkembang dan tidak menutup kemungkinan dapat memicu penyakit mental.

Sebut saja skizofrenia, cemas, atau narsisme. Karena, insecure berlebih memunculkan pikiran-pikiran negatif yang saling berganti. Untuk itu, atasi rasa insecure dengan bijak agar tidak menjadi berlebih.

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Tips Mengatasi Rasa Insecure

arti insecure adalah

Insecure termasuk perasaan yang akan selalu muncul secara alamiah dan sulit dihindari. Tetapi, kita bisa mengontrolnya dengan melakukan hal-hal di bawah ini agar tidak berlebih.

Adapun cara mengatasi rasa insecure, yaitu:

1. Tanggapi dengan Pikiran Positif

Saat melihat kesuksesan seseorang maka tanggapi dengan pikiran positif. Jadikan keberhasilan orang lain menjadi sebuah bentuk motivasi untuk mewujudkan mimpi dan impian.

Selain itu, tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Wujudkan semua keinginan dan jalani hidup sesuai kemampuan diri sendir.

2. Berteman dengan Rasa Insecure

Tentunya ada penyebab mengapa rasa insecure itu muncul. Untuk itu kenali kapan insecure muncul dan bertemanlah.

Dengan mengenalnya maka kesadaraan terhadap rasa insecure dapat membantu dalam menemukan solusi yang tepat. Serta dapat mengatasi dengan cara yang lebih baik.

3. Tidak Keras Terhadap Diri Sendiri

Ketika tidak mau kalah dengan keberhasilan orang lain, kita menjadi keras terhadap diri sendiri. Tentunya hal ini tidaklah baik, karena setiap orang memiliki kemampuan berbeda dan memiliki batasan.

Misalnya ketika dalam pekerjaan mengalami kendala dan tidak bisa diselesaikan sendiri maka mintalah bantuan rekan kerja. Jangan merasa insecure karena meminta tolong.

4. Fokus Terhadap Kesehatan Diri Sendiri

Fokuslah pada selfcare dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Hal yang dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat, rutin berolahraga, dan hindari stres.

5. Mengingat Hal Baik

Terkadang rasa insecure membuat mental menjadi down karena munculnya perasaan negatif seolah dunia tengah mencaci-maki. Hal-hal kecil menjadi ancaman yang mengganggu dan melumpuhkan pikiran positif.

Oleh sebab itu, ubahlah pikiran negatif menjadi pikiran positif. Caranya dengan melihat suatu hal dari sudut pandang berbeda yaitu dengan mengingat hal baik.

Bahwa kita sudah melakukan hal terbaik sesuai kemampuan diri. Mengingat pencapaian-pencapaian yang telah diraih sebagai bentuk motivasi diri bahwa kedepannya pun pasti bisa.

Baca Juga: Manajemen Stres untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Yuk, tanggapi rasa insecure dengan lebih bijak dan positif agar tidak menjadi berlebih. Walau tidak mudah dalam mengatasi rasa insecure selama dilakukan secara perlahan pasti bisa menghadapinya.

Tidak masalah memerlukan waktu yang panjang. Bagaimanapun setiap orang memerlukan proses untuk menerima rasa insecure dengan positif.

10 pemikiran pada “Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Rasa Insecure Berlebih”

  1. Kalau aku lagi insecure biasanya mengalihkan pandangan. Ada arah pandang yang lain yang bisa membuat diri merasa lebih nyaman. Nanti ketika sudah membuat persiapan baru memandang ke arah itu lagi.
    Tak perlu memaksakan diri ya Mbak, tapi juga nggak boleh berhenti berusaha. Kalau beda level ya mau gimana lagi, tetap harus membandingkan diri dengan yang selevel supaya bisa percaya diri dan berkembang.

    Balas
  2. Bener juga kak, insecure ini bisa mendorong penyakit seperti skizofrenia. Soalnya sering banget baca curhatan para penderita skizo rata-rata kepribadiannya sering insecure. Malu sama potensi diri padahal mereka sebenarnya bisa loh..

    Balas
  3. Saya nih, Mbak .. .masih sering insecure yang saya coba atasi terus. Tipsnya benar banget. Saya juga pakai cara menantang diri sendiri krn merasa sudah mengenali potensi diri … alhamdulillah beberapa kali merasa telawah melewati limit yang sebelumnya saya pasang sendiri (dan ternyata bukan limit saya karena bisa saya lewati). Hal yang tidak akan saya sadari jika tak mencoba melewati tantangan2 tsb.

    Balas
  4. Insecure ini PR luar biasa buatku sih, Kak Erin. Mungkin memang kadang aku terlalu keras juga pada diriku sendiri. Tapi kadang aku mensyukuri setiap rasa insecure yang kumiliki, biar aku nggak lupa sama diriku yang begini.

    Balas
  5. Wah kalau teori psikologi seperti ini saya mah nggak ngerti, nggak pernah belajar soalnya.. tapi mungkin pernah ya mengalaminya.. ciri ciri orang yang insecure itu seperti apa?

    Balas
  6. Kalau sedang di fase insecure ini memang nggak menyenangkan sekali, apapun rasanya nggak pernah cukup, di sinilah peran welas asih atau self compassion ke diri itu penting, Bahwa kita juga perlu menghargai diri sekalipun sedang tidak merasa dalam kondisi yang ideal. Belajar untuk mengatasi insecure ini juga menurutku perjalanan seumur hidup sih, karena berbeda-beda nanti bentuknya. Tapi, itu jugalah yang membuat terus melanjutkan hidup, jadi ada alasan mengapa kita do this and that, biar lebih baik, dll dll. Asal bukan malah jadi menyiksa diri dlm prosesnya hihi.

    Balas
  7. Saya insecure gak setiap waktu.
    Hanya dikasus-kasus tertentu sih.
    Tapi karena saya orangnya lumayan cuek, biasanya perasaan seperti ini gak lama saya rasakan.
    Moto saya “hajar blehhh”

    Balas
  8. Gak apa-apa sih insecure menurutku, sebab itu cara alami tubuh menyadari ada yang kurang berkenan dalam diri. Hal berikutnya yang kita butuhkan adalah keberanian untuk menghadapinya. Makanya penting banget tips nomor dua. Sometime kita harus berteman dan berdamai dengan rasa itu.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.