Manajemen Stres untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja bersama Mindtera

manajemen stres dengan aplikasi mindtera

Manajemen stres adalah salah satu cara jitu dalam mengelola stres yang tengah melanda. Karena, bagaimanapun kita tidak dapat menghindar akan hadirnya reaksi tubuh yang menandakan sinyal bahaya ini. Terlebih dengan pekerjaan yang menumpuk, stres dapat membuat kita kehilanga fokus sehingga produktivitas kerja menurun.

Mengenal Gejala Stres

Kapan hari aku melihat video di facebook, bahwa kerja serba cepat itu memang punya nilai plus di mata atasan. Akan tetapi, kita akan kehilangan fokus dan membuat stres semakin menumpuk. Buruknya jika stres dibiarkan akan mencapai tingkat burnout. Di mana emosi akan mudah tersulut. Bisa jadi kamu akan mengalami kondisi “senggol dikit bacok”. Duh, jangan sampai, ya.

Hilang Fokus Saat Bekerja

Ada yang pernah melakukan dua pekerjaan dalam satu waktu? Bagaimana hasilnya? Seringnya tidak selalu bagus, kan. Terlalu mengejar waktu dan ingin cepat selesai membuat kita lupa bahwa pekerjaan yang baik itu diselesaikan satu per satu.

cara mengendalikan waktu

Setuju gak sih, kalau hal yang dilakukan serba cepat itu bukan karena kita yang mampu mengendalikan waktu, akan tetapi sebaliknya. Waktulah yang mengendalikan hidup kita. Waktu seolah mengejar dengan cepat, nyatanya waktu berputar dalam detik dan menit yang sama.

Mengerjakan suatu pekerjaan dengan cepat mungkin akan banyak kesalahan yang tidak disadari. Perlahan fisik dan mental kelelahan sehingga memunculkan reaksi stres. So, manajemen stres adalah solusi jitu untuk mengatasi stres yang hadir.

Btw, bahas soal stres aku habis mengikuti Sesi Kelas #SEMUABISADIKELOLA Dengan Aplikasi Mindtera: Kelola Stress Dengan Berkesadaran. Dalam kelas tersebut sebelum kita mencari tahu strategi dalam mengatasi stress, hal pertama harus dilakukan adalah mengenali penyebab munculnya stres.

Mencari Tahu Penyebab Stres

Dalam mencari solusi suatu masalah, tentunya kita akan mencari tahu penyebab masalah tersebut. Pun dengan stres. Kita tidak dapat mengatasi stres dengan baik, jika tidak tahu penyebabnya.

Dalam sesi kelas Managemen Stres Mindtera, Mba Devy selaku fasilitator meminta para peserta untuk memilih tiga hal penyebab stres dari gambar di bawah. So, kamu juga bisa melakukan hal yang sama.

penyebab gejala stres
Materi Kelas Manajemen Stres Bersama Mindtera

Pilih 3 hal yang membuat emosi kita sering tidak terkendali sehingga memunculkan stress dan burnout.

Jika sudah tahu penyebabnya, kita dapat mengatasi dan mengelola stres dengan baik melalui strategi manajemen stres.

Strategi Manajemen Stres

Mengelola dan mengatasi stres dengan mengenali karakteristik diri sendiri. Apakah kita termasuk tipe ekstrinsik atau intrinsik? Berikut ciri-ciri dari kedua tipe tersebut.

tipe karakteristik diri sendiri

Selanjutnya strategi manajemen stres yang dapat kita lakukan adalah dengan mencari tahu karakteristik diri sendiri dan melakukan self-awareness sebagai perangkat mindfulness.

Strategi Manajemen Stres Berdasarkan Tipe

Strategi mengelola stres berdasarkan tipe adalah dengan memahami karakteritstik tersebut. Seperti orang tipe intrinsik dengan mengingat kembali aspek yang disukai dari pekerjaan saat ini. Atau, dengan menemukan ilmu baru untuk inspirasi sehingga dapat memperkaya pekerjaan saat ini.

Self-Awareness untuk Mindfulness

  1. Review Value Hidup dengan memilih 2 prioritas value. Lalu, tentukan waktu untuk setiap prioritas value tersebut.
  2. Menentukan strategi dalam mengembalikan keseimbangan antara keduanya dengan melatih jeda dan journaling. Misal kita mulai merasa penat ketika bekerja, maka lakukan jeda dengan bernafas maupun istirahat sejenak.
  3. Komitmen terhadap prioritas value dan strategi tersebut.

Tips Meningkatkan Produktivitas Bekerja Bersama Mindtera

Kehilangan fokus saat bekerja karena stres sering sekali aku alami. Bahkan aku pernah mencapai titik burnout parah di awal tahun 2021 ini. Kondisi yang membuatku seakan kehilangan arah dan malas melakukan apa pun.

Saat itu, yang aku lakukan hanya kembali menata hidup walau agak sulit karena yang aku lakukan adalah curhat pada orang yang aku percaya. Berbeda dengan sekarang setelah mengenal Mindtera. Terlebih saat aku mengikuti kelas Kelola Stres dengan Berkesadaran pada tanggal 1 Oktober 2021.

kelas mengelola stres bersama Mindtera

Stres memang sebaiknya kita kelola dengan baik agar tidak mencapai titik burnout. Terlebih dengan adanya Aplikasi Mindtera. Kita diajak untuk mengelola perasaan serta pikiran dalam kehidupan sehari-hari.

Pasti pada penasaran apa itu Apliaksi Mindtera?

Mindtera Aplikasi adalah aplikasi edutech pengembangan diri melalui multiple intelligenci pertama di Indonesia. Teman-teman bisa download aplikasi Mindtera di Android maupun IOS.

Apliaksi Mindtera memiliki berbagai jenis program berjenjang untuk pegembangan diri maupun mengelola pikiran dan emosi yang dapat kita ikuti tidak lebih dari 5 menit sehari. Terpenting dibawakan oleh fasilitator profesional dan berpengalaman.

Program Pengembangan Diri dan Edukasi Mindtera

program mindtera dalam manajemen stres

Aku sudah coba dua sesi program gratis yaitu tentang Mengenal Burnout di Pekerjaan. Dari pengalaman pernah mengalami burnout program ini membantu banget dalam mengelola pikiran. Ryu Deka sebagai fasilitator membawakan sesi dengan santai dan pembawaan yang santai.

Sesi kedua yang aku ikuti adalah program Menilai Diri Sendiri atau Self Worth bersama Maeya Zee. Sesi ini wajib banget kamu ikuti karena Maeya Zee mengajak kita untuk menghargai diri sendiri. Bahwa kita adalah manusia berharga.

Setelah mengikuti dua program di atas, aku jadi semakin tertarik untuk mengikuti program lainnya baik yang gratis maupun premium. Karena, Mindtera sebagai Aplikasi Edukasi Pengembangan Multiple Intelligenci atau platform edukasi untuk belajar kecerdasan emosi, fisik, sosial, dan pengembangan diri seputar cinta, keluarga, maupun kerja dapat membantu kita dalam mengelola emosi dan pikiran.

Seperti ketika kita kehilangan fokus saat bekerja dan membuat produktivitas kerja semakin menurun maka dapat mengikuti program dalam kategori Kerja di Aplikasi Mindtera. Bisa juga dengan mengikuti sesi Hening dan Rehat.

Mengembalikan Fokus dengan Hening dan Rehat

Dalam Apliaksi Mindtera terdapat juga program yang bernama Hening dan Rehat. Program ini cocok sekali dalam mengembalikan fokus ketika penat dan lelah saat bekerja mulai mengganggu.

manajemen stres dengan mengembalikan fokus

Penutup

Adanya program pengembangan diri di Aplikasi Mindtera membantu kita untuk tetap produktif ketika bekerja. Hal ini karena Mindtera bantu kelola hidup lebih baik dan #SemuaBisaDikelola. So, buat kamu yang tengah mencari program edukasi dan pengembangan diri, aku tidak ragu merekomendasikan Aplikasi Mindtera.

Sudah saatnya untuk kita lebih sadar akan pentingnya mengelola pikiran dan perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih saat stres mulai melanda maka kita dapat mengelolanya dengan manajemen stress bersama aplikasi Mindtera.

Silahkan kepoin juga website dan akun sosial Mindtera berikut ini:

Website: www.mindtera.com

Instagram: @mindtera.id

Facebook: Mindtera

Twitter: @mindteraID

Previous Post Next Post

35 Comments

  1. Reply Tanti Amelia Oktober 12, 2021 at 13:56

    Boleh juga ini mencoba aplikasi mindterra untuk mengurangi stres dan bikin otak juga jadi “bermain” sehingga ga terpaku sama permasalahan yang ada

  2. Reply evi Oktober 12, 2021 at 18:22

    Saya termasuk yang akan stress berat jika harus kerja super cepat. Mengerjakan beberapa kerjaan sekaligus. Fungsi otak saya sepertinya kurang multi tasking hehehe..

    Iya stress itu wajar, tapi wajib dikelola ya. Jangan sampai gara-gara stress, malah akhirnya menelan kita, membuat kita berhenti berfungsi dengan baik. Ada baiknya mengenal Mindtera untuk masalah-masalah kejiwaan ringan kita ya

  3. Reply April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com Oktober 13, 2021 at 07:40

    Produktivitas kerja ini emang kudu diperhitungkan sekali ya mbak, jangan sampai kita kerja malah jd stres tp kudu kerja cerdas supaya bener2 bisa mengerjakan tugas dgn baik tapi bebas stress
    Wah aplikasi ini kynya bagus buat membantu kita rehat sejenak, sehingga bisa kembali fokus ya mbak
    Jd pengen download jg nih TFS infonya

  4. Reply Katerina Oktober 13, 2021 at 07:43

    Manajemen stres ini memang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental kita karena akibatnya sangat memengaruhi imunitas dan kesehatan tubuh, terlebih di masa pandemi ini, baik yang bekerja di kantor maupun di rumah saja. Semoga dengan manajemen stres yang baik dapat menjaga produktivitas dan menjalani aktivitas secara lebih sehat, ya.

    Menggunakan aplikasi Mindtera ini cocok buat mereka yang membutuhkan solusi atas stres yang dialami.

  5. Reply Ophi Ziadah Oktober 13, 2021 at 14:01

    selain soal gimana kelola stress dan emois. Ada program pengembangan diri di Aplikasi Mindtera nih yang pastinya membantu banget. ibu bekerja dr 3 remaja dan multi tasking kayak aku butuh banget nih mindtera

    • Reply Hidayah Sulistyowati Oktober 13, 2021 at 22:51

      Aplikasi Mindtera banyak juga nih manfaatnya. Jadi untuk self healing yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Kalo saya akhir-akhir ini susah tidur. Jadi sebenernya butuh untuk dipijat, hehehehe

  6. Reply lendyagassi Oktober 13, 2021 at 17:53

    Suka banget sama quote dalam bahasa Jepangnya, kak.
    Sejatinya yang mengenal dan mengetahui kebutuhan diri sendiri itu yaa…kita sendiri yaa…
    Perlu banget waktu untuk memberikan reward atas kerja keras dan healing di Mindtera. Agar kembali fresh dan produktif jalani aktivitas.

  7. Reply Lia Yuliani Oktober 13, 2021 at 18:02

    Engga cuman saat kerja aja, di rumah pun rentan stress juga Mba Rien. Untung ya ada aplikasi Kaya Mindtera. Mau kepoin juga ah.

  8. Reply Lidya Oktober 13, 2021 at 20:28

    Stres itu harus ditangani ya supaya gak berkepanjangan, asyik banget nih bisa mengatasi stres pakai aplikasi Mindreta.
    Bener sih kalau kita melakukan pekeraan lebih dari 1 dalam satu waktu selain ga bagus hasilnya juga ga fokus ya

  9. Reply Milda Ini Oktober 13, 2021 at 21:51

    Perlu banget kelolah stress nih apalagi di zaman kayak gini dimana arus dan akses informasi bisa masuk darimana aja, beruntung kenal aplikasi ini ya mba

  10. Reply Nyi Penengah Oktober 13, 2021 at 22:12

    Nah aku butuh banget nih ini. Soalnya aku banyakan stresnya kak tinggal ama mertua beda prinsip banyak kurang kondusif lingkungannya pula. Harus segera healing nih

  11. Reply Herva Yulyanti Oktober 13, 2021 at 22:18

    aku mba kadang kerjaan orang yang ngerjain aku beuh pusing sampe penennya marah ngomel terus saking capeknya hahaha…btw aplikasinya keren yah pengen coba deh kelasnya ini

  12. Reply Dian Farida Ismyama Oktober 13, 2021 at 22:25

    Self worth ini penting banget ya mbak. Aku udah download aplikasi Mindtera dan mau dengerin tonton videonya ah. Soal manajemen stres, bekerja di manapun perlu banget pny cara buat kelola Stres agar ga jadi burnout

  13. Reply Sri Widiyastuti Oktober 13, 2021 at 22:25

    Wah aplikasi mindtera ini membantu banget ya untuk kita yang butuh terapi sendiri. Kalau enggak dilatih, mana bisa mengelola stress sendiri yaa. Alih-alih pengen sembuh, pengen tenang, malah jadinya kacau karena tidak tahu stepby stepnya untuk mencapai mindfullness itu.

  14. Reply Nanik Nara Oktober 13, 2021 at 22:30

    wah di aplikasi mintera ada program pengembangan diri yang bisa diikuti dan yang waktunya tak lebih dari 5 menit sehari? Jadi penasaran kayak apa programnya, apalagi sudah menggabungkan multiple intelligence juga

  15. Reply Naqiyyah Syam Oktober 13, 2021 at 22:33

    Perlu banget belajar mengelola stress ya apalagi sejak pandemi ini banyak banget keluhan kesehatan, kalau udah sakit rawan pula

  16. Reply diane Oktober 13, 2021 at 23:42

    Manajemen stress tuh penting banget…Apalagi jaman sekarang emang rentan stress ya..Kalau gak dimanage bisa berdmpak kemana-mana… Beruntung ada aplikasi yang bisa membantu…

  17. Reply Dedew Oktober 14, 2021 at 08:14

    Jadi pengen tahu lebih banyak tentang Mindtera ini ingin lebih jauh mengenal emosi diri dan bagaimana biar merasa lebih baik, program Hening dan Rehat sepertinya nyaman banget ya untuk pikiran yang tenang

  18. Reply antung apriana Oktober 14, 2021 at 11:01

    aplikasi mindtera ini memang bagus ya, mbak. aku juga sudah coba nih beberapa programnya dan cukup memberi wawasan tentang gaya hidup mindfulness yang sekarang banyak dibicarakan orang-orang

  19. Reply indah savitri Oktober 15, 2021 at 14:03

    penting bagi kita untuk bisa meningkatkan our mindfulness ya mba, terutama di masa pandemi ini. dan this Mindterra will help

  20. Reply Nia Haryanto Oktober 16, 2021 at 18:00

    Wah keren nih Mindtera. Jadi kepengen deh bisa ikut program management stress. Huhu masa pandemi ini aku gampang banget rasanya stress. Coba install ah, siapa tahu bisa cocok.

  21. Reply Ainhy E Oktober 17, 2021 at 20:11

    Sepertinya butuh Mindtera nih, lgi stress berat mikirin kerja dan kendala pribadi huhu, jadi curhat deh

  22. Reply Farida Pane Oktober 18, 2021 at 16:19

    Penting banget untuk tetap fokus saat mengerjakan apa pun, ya. Biar hasilnya maksimal. Mindtera hadir salah satunya untuk membantu itu.

  23. Reply Jihan Oktober 18, 2021 at 23:15

    Hwaa kak erin aku juga ikutan sesi ini nih kemarin. Manajemen stress yang akhirnya bikin aku ngga lagi melakukan pekerjaan multitasking pemicu stress wkwkwk

  24. Reply Hani Oktober 19, 2021 at 08:10

    Bener juga lho, multi tasking dulu sepertinya keren gitu, bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Tapi malah memicu stres yah. Apalagi karena dikerjakan asal kejar target, engga fokus dan kurang sempurna. Pilih-pilih aja deh sekarang..

  25. Reply reviewapaaja Oktober 19, 2021 at 11:10

    Memanajemen stress sangat penting, karena jika dikontrol stress dapat menganggu kehidupan sehari-hari, terima kasih atas artikelnya kak menarik sekali

  26. Reply Agustina Dwi Jayanti Oktober 19, 2021 at 18:15

    Kalo sudah tahu diri kita itu seperti apa, emang lebih mudah untuk menennagkn diri. Tapi kalo lum tahu, kita kayak apa ya agak susah juga buat manajemen stres

  27. Reply Heizyi Oktober 19, 2021 at 19:07

    Orang yang mampu mengontrol waktu, tidak akan bisa dikontrol waktu.

    Tapi kadanh, hidup yang terlalu kaku itu yang bikin burnout kak. Kadi kudu agak “nyleneh” biar tetep waras ✌

  28. Reply Mei Daema Oktober 19, 2021 at 20:23

    wah kebetulan banget niy mba Erin aku lagi dalam kondisi lelah sehingga mudah banget stressnya, wajib coba mindteranya untuk redam stress ini

  29. Reply Meilia Wuryantati Oktober 19, 2021 at 22:59

    Aku termasuk yang mudah stress, mudah panik akan hal2 yg blum terjadi. Kayaknya aku Butuh nih mindtera untuk manajemen stress aku agar bisa terkendali dengan baik

  30. Reply Kang Yusuf Oktober 19, 2021 at 23:38

    Ulasan nya detail dan sangat membantu saya dalam mencari solusi terkait menangani stress. Terima kasih banyak y kak

  31. Reply Nyi Penengah Oktober 20, 2021 at 01:48

    Manajemen stres asli penting banget mba, keren nih aplikasinya karena orangtua butuh keseimbangan ya. Jadi pengen coba jujur kehidupan berumahtangga tuh lebih kompleks apalagi yang tinggal bareng mertua macam aku, tingkat stres lebih tinggi

  32. Reply Damar Aisyah Oktober 20, 2021 at 05:14

    Sekarang saya benar-benar merasakan kalau multitasking itu beneran bikin stres. Nggak cuma capek di badan, tapi juga di pikiran. Sedang belajar fokus pada pekerjaan tertentu pada satu waktu. Agar hasilnya juga lebih optimal. Pikiran lebih tenang.

  33. Reply Reskia Oktober 20, 2021 at 16:15

    Rasanya saya yang berada di semester akhir perkuliahan ini mudah banget stress, chat gak dibalas dosen stress, susah dapetin data penelitian stress hahaa

    Apa-apa dibawa stress, kudu banget deh belajar manajemen stres.

    Eh stres double s atau gk sih? wkwkkk

  34. Reply Dian Farida Ismyama Oktober 21, 2021 at 19:40

    Bener banget ini, stres bisa bikin produktivitas menurun dan jadi ngelag lah kitanya. Kudu dicari solusinya. Dan alhamdulillah ada Mindtera ya kak. Aku juga udah download dan pakai aplikasi nya

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.