7 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Self-Awareness

cara meningkatkan kualitas hidup

Terkadang dalam meningkatkan kualitas hidup kita sering membandingkannya dengan orang lain, sehingga lupa untuk mengenal diri sendiri. Bahwa setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing.

Mungkin rumput tetangga lebih hijau. Akan tetapi, orang lain bisa juga berpikiran bahwa hidup kita lebih baik dari dirinya. Seperti itulah cara pandang seseorang terhadap satu sama lainnya.

Boleh saja kita menginginkan hidup layak seperti yang lain, tetapi jadikan itu hanya sebagai motivasi. Bagaimanapun hidup kita bukan orang lain yang menjalaninya.

Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Self-Awareness

Pada satu titik terkadang aku merasa khawatir dan takut akan hadirnya hari esok. Takut dengan hal-hal buruk yang akan terjadi di masa depan. Takut jika aku pada akhirnya tidak berdaya dan tidak bisa melakukan apa pun. Pada akhirnya hati menjadi kosong dan kehilangan jati diri.

Dalam kondisi tersebut akan lebih baik untuk tetap berpikir positif dan mencoba mengenl diri sendiri.Temukan Self-Awareness apa saja yang ada dalam diri, dengan sendirinya kita bisa menghilangkan kebiasan buruk yang membuat kualitas hidup menuru.

Baca Juga: Tips Pancarkan Cantik dari Dalam

Kenapa Perlu Mengenal Diri Sendiri?

Mengenal diri sendiri atau Self-Awareness adalah suatu kesadaran dalam memahami sifat, perilaku dan perasaan yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar selalu menjadi insan yang kreatif, inovatif dan penuh percaya diri. Dengan mengenal diri sendiri kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan.

Mengenal Diri Sendiri dalam Psikologi

Dalam psikologi mengenal diri sendiri atau Self-Awareness terbagi menjadi dua yaitu metakognisi dan metamood, merupakan kesadaran seseorang dalam proses berpikir dan kesadaran emosi.

Proses metakognisi ini menyebabkan seseorang mampu mengontrol aktivitas kognitif sehingga akan berpengaruh dalam menetukan arah saat memilih situasi dan strategi yang tepat untuk masa depan.

Memiliki Self-Awarness akan menjadikan hidup yang terasa berat menjadi ringan. Hal ini karena saat seseorang mampu menggali kemampuan, kelemahan, kekuatan dan emosi yang ada dalam dirinya maka hal tersebut dapat di kontrol. Tidak berlebihan, juga tidak kekurangan.

Manfaat Memahami Diri Sendiri

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri.
  2. Menjadi Pribadi yang Lebih Kreatif.
  3. Bijak Mengambil Keputusan dalam Situasi Apa Pun.
  4. Mampu Mengenali Kekurangan dan Kelebihan.
  5. Menerima Setiap Perbedaan yang Ada.

Cara Meningkatkan Kualitas Hidup

Banyak cara mengenal diri sendiri yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup menuju lebih baik.

kualitas hidup meningkat dengan self awareness

Melakukan Meditasi

Dalam mengetahui apa dan bagimana diri sendiri dengan melakukan meditasi. Lihatlah diri sendiri dengan pusatkan fokus agar proses meditasi berjalan dengan lancar. Melakukan meditasi harus di ruangan yang tenang dan nyaman.

Fokus Pada Hal yang Tengah Dikerjakan

Saat mengerjakan sesuatu maka pusatkan perhatian. Dengan memusatkan perhatian atau fokus kita bisa menilai kekurangan dan kelebihan kinerja yang tengah dilakukan. Fokus akan membantu menentukan sejauh mana kemampuan kita. Layaknya meditasi, akan ada hal yang bisa kita temukan untuk diperbaiki.

Membuat Daily Journal

Mengenal Diri Sendiri bisa dari jurnal harian yang kita tulis. Seperti saat menulis aktivitas sehari-hari dan emosi apa saja yang muncul dalam satu harinya. Dengan membaca ulang kegiatan sehari-hari yang ditulis maka kita bisa mengenali diri sendiri.

Minta Penilaian dari Orang Terdekat

Percaya atau tidak percaya terkadang orang lain memahami seperti apa kita yang sebenarnya. Misal dengan menanyakan kepada keluarga, sahabat atau teman. Setiap penilaian yang terlontar, coba memahaminya dengan seksama. Baik atau buruk kita harus menerima dengan lapang dada dan perbaiki setiap kekurangan yang ada.

Ajukan Pertanyaan untuk Mengenal Diri Sendiri

Ajukan beberapa pertanyaan untuk dijawab sendiri. Seperti, kenapa saya tidak bisa melangkah lebih jauh dalam mewujudkan mimpi? Renungkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Dari usaha apa saja yang sudah kita lakukan.

Menghargai Orang Lain

Tidak asing lagi dengan pepatah “jika ingin dihargai maka hargai dulu orang lain”. Dengan menghargai orang lain kita bisa menilai seperti apa diri kita. Terlebih dengan menghargai orang lain sama dengan menyelamatkan diri kita dari perbuatan yang akan merugikan kedua belah pihak dan bahkan orang lain.

Contohnya plagiat konten hasil kerja keras orang lain, lalu kita gunakan tanpa ijin dari pemiliknya. Tentunya pihak dari pemilik konten tersebut dirugikan dan tidak dihargai, sedangkan yang menjiplak akan mendaptkan gelar dari masyarakat sebagai pencuri. Sehingga sampai kapan pun orang akan mengingat kita sebagai penjiplak.

Kelola Emosi Meningkatkan Kualitas Hidup

Sebagai individu kita harus mampu mengendalikan emosi dalam menghadapi setiap situasi. Kuncinya adalah dengan belajar dan terus belajar mengelola emosi untuk mengenali diri sendiri lebih baik lagi.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

Kesimpulan

Mengenal diri sendiri berarti setiap individu dapat memahami kelebihan, kekurangan, dorongan, nilai, dan emosi yang ada dalam dirinya.

Ketika proses Self-Awareness dapat berjalan dengan baik maka kita akan menjadi individu yang lebih berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan, menjadi lebih percaya diri untuk berekspresi dan mampu mengendalikan emosi dalam setiap situasi.

Yuk, kenali diri kita sendiri. Lakukan dengan perlahan agar kita bisa benar-benar memahami seperti apa diri kita yang sesungguhnya dan apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kulitas hidup.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.