5 Tips Menjadi Content Writer Kreatif di Era Teknologi AI & Digitalisasi

Tomoyo Rin

menjadi creative content writer

Menjadi content writer di Era Digitalisasi termasuk pekerjaan yang menguntungkan. Tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan jasa penulis dalam membuat konten di web atau media sosial.

Sayangnya, jalan yang harus seorang content writer lalui tidaklah mudah. Yang mana perkembangan teknologi berjalan beriringan. Bahkan lebih cepat melaju, sehingga harus mampu mengikuti arus teknologi yang terus berubah.

Contents

Pengaruh Teknologi AI Terhadap Content Writer

Hadirnya teknologi, khususnya Artificial Intelligence (AI) memberikan manfaat dan pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia. AI adalah kecerdasan buatan yang tidak hanya digunakan pada robot.

Saat ini teknologi AI bisa kita temukan dalam berbagai perangkat elektronik. Termasuk handphone yang sering digunakan sehari-hari.

Yang mana hadirnya AI memberikan pengaruh dalam berbagai aspek kehidupan. Pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya.

Adapun peran dan pengaruh AI, yaitu:

  • Mempermudah pekerjaan manusia.
  • Meningkatkan Produktivitas
  • Menghemat Waktu
  • Meminimalisir Kesalahan
  • Otomatisasi Tugas Berulang
dampak positif pengaruh teknologi AI

ChatGPT

Teknologi AI dibuat untuk mempermudah aktivitas manusia. Seperti salah satu AI yang sedang booming yaitu ChatGPT yang dikenalkan perusahaan OpenAI.

ChatGPT memudahkan content writer dalam mencari informasi. Menariknya sistem ChatGPT bisa seperti chatbot yang dapat diajak bicara.

Misalnya ketika menanyakan suatu hal dan jawabannya masih belum puas. Bisa menanyakan kembali.

TTS Prosa

Selain ChatGPT, terdapat juga teknologi AI yang dapat mengubah text menjadi suara atau text-to-speech. Yang mana teknologi TTS juga bukan hal yang asing dan sudah berdampingan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti, pengumuman lalu lintas, notifikasi, narator audiobook, alat bantu untuk disabilitas, dan sebagainya. Selain itu voice maker untuk konten ChatGPT bisa juga untuk konten di media sosial.

Salah satu situs yang dapat kita gunakan untuk voice maker bahasa Indonesia yaitu TTS Prosa. TTS Prosa sangat membantu content creator maupun content writer. Yang mana suara asli yang dihasilkan merupakan asli suara AI.

Pengguna TTS Prosa juga dapat memiliki TTS sendiri. Tentunya dengan suara unik dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan atau perusahaan tempat bekerja.

Teknologi memang keren, walau begitu kehadirannya seperti pisau bermata dua. Di satu sisi memberikan manfaat. Disisi lain bisa menjadi ancaman bagi content writer.

Yang mana banyakk yang memprediksi hadirnya ChatGPT bahwa dapat menggeser profesi content writer. Walau begitu, jangan terlalu ambil pusing. Selama bisa menyajikan informasi yang unik, menarik dan kreatif maka pekerjaan penulis akan selalu dibutuhkan.

Untuk itu penting memahami hal apa saja yang harus content writer miliki.

Tips Menjadi Content Writer Kreatif

content writer di era teknologi AI

Jangankan bersaing dengan teknologi, sesama penulis pun jika tidak memiliki kemampuan menulis yang baik maka sulit untuk bertahan. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal di bawah agar menjadi content writer kreatif.

1. Perbanyak Riset

Untuk menjadi penulis yang kreatif maka harus banyak melakukan riset. Riset juga penting agar tidak asal menulis. Terutama jika tulisan berbasis data.

2. Memahami Teknologi

Teknologi dapat mempermudah pekerjaan seorang penulis. Oleh karena itu, harus paham mengenai teknologi yang menguntungkan pekerjaan.

Tidak perlu mahir, setidaknya paham tools terbaik untuk riset keyword, mengubah tulisan menjadi audio, dan sebagainya. Jangan tutup mata dan telinga pada teknologi jika mau bertahan di era digitalisasi.

3. Paham Mengenai Jenis Tulisan

Menjadi seorang content writer, Anda harus memahami jenis tulisan yang akan digunakan. Misalnya untuk web, maka pahami cara menulis SEO.

4. Memiliki Skill Tambahan

Content writer harus memiliki skill tambahan yang dapat menunjang pekerjaan menjadi lebih baik. Misalnya skill membuat desain gambar atau video.

5. Bangun Portofolio

Penting untuk membuat portofolio yang menarik. Hal ini akan menjadi nilai tambah untuk dipercaya client.

Cara bertahan menjadi content writer di era teknologi AI dengan memanfaatkannya. Tidak lupa juga untuk terus mengembangkan kemampuan dan melakukan lima hal di atas. Dengan begitu siapapun dan apapun saingannya akan mampu bertahan.

Manfaatkan ChatGPT untuk mencari inspirasi. Lalu, gunakan Text to Speech untuk membuat konten yang menarik. Karena, seorang penulis harus unik dan kreatif dalam banyak hal.

Jadi, segera daftar akun di TTS Prosa dan coba gratis sound of text untuk kebutuhan konten. Karena,suara yang dihasilkan tetap alami seperti suara manusia.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.