Tips Menjaga Kesehatan Ketika Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Tomoyo Rin

Updated on:

menjaga kesehatan ketika berpuasa di bulan ramadhan

Menjaga kesehatan ketika berpuasa dengan menjalankan pola hidup sehat. Terlebih bagi ibu menyusui yang harus memberikan ASI selama puasa rentan mengalami dehidrasi. Namun, jangan khawatir karena tulisan kali ini akan berbagi tips agar puasa tetap lancar.

Contents

Menjaga Kesehatan Ketika Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan bagi umat muslim hukumnya wajib. Kecuali bagi golongan tertentu seperti orang sakit, dan ibu menyusui.

Ibu menyusui yang memiliki anak di bawah 6 bulan boleh tidak berpuasa. Walau begitu, banyak juga ibu yang tidak ingin melewatkannya, karena ramadhan datangnya setahun sekali.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus ibu perhatikan agar puasa tetap lancar, ASI melimpah dan kondisi tubuh tetap sehat.

tips puasa lancar bagi ibu menyusui

1. Konsumsi Makanan Sehat

Baik ketika sahur maupun buka puasa jaga asupan makanan. Pilih makanan yang kaya serat, mengandung vitamin, dan terpenuhi asupan gizi setiap harinya.

Hindari makanan berminyak seperti gorengan. Selain tidak baik bagi kesehatan, kadar minyak tinggi pada gorengan dapat menghambat produksi ASI.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Saat berbuka puasa hindari minuman manis berlebih, melainkan perbanyak minum air putih. Apalagi buat ibu menyusui konsumsi air putih baik dalam produksi ASI dan terhindar dari dehidrasi.

3. Minum Susu Kurma

Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Baik untuk menjaga kesehatan tulang, mengontrol kadar gula, dan dapat mengembalikan energi setelah berpuasa.

Hal tersebut karena kurma tinggi kalori, kaya akan serat, dan mengandung antioksidan. Bagi ibu menyusui pun dapat memperlancar ASI saat berpuasa.

Caranya dengan konsumsi kurma dicampur susu uht. Gunakan 7 kurma dan blender dengan susu uht low fat atau full cream. Karena, rasa kurma sendiri sudah manis hindari menggunakan susu uht yang memiliki rasa manis.

4. Istirahat Cukup

Jaga pola tidur dengan baik agar tubuh tetap sehat. Terlebih harus bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur, maka hindari begadang.

5. Cek Kesehatan Berkala

Tips kelima dengan cek kesehatan secara berkala. Tidak perlu datang langsung ke dokter/klinik/rumah sakit, di era digitalisasi dapat cek kesehatan menggunakan aplikasi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari web review gadget Pricebook terdapat empat aplikasi yang bisa digunakan. Ada MyFitnessPal, WaterMinder, Muslimah Fit, dan Halodoc.

Dengan memantau secara berkala menggunakan aplikasi tersebut, kita bisa tahu apa saja yang harus dilakukan agar badan tetap fit walau seharian tidak makan dan minum. Dari aplikasi tersebut juga bisa beli vitamin dan obat-obatan secara langsung.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Internet Cepat untuk Memantau Kesehatan Saat Puasa

Era digitalisasi tidak lepas dari peran internet. Dengan akses jaringan yang luas banyak informasi yang didapat, seperti dalam menjaga kesehatan ketika berpuasa. Agar tidak ada hambatan saat berselancar di dunia maya, maupun menggunakan aplikasi kesehatan sebaiknya menggunakan provider internet yang cepat dan stabil.

IndiHome dari Telkom Indonesia merupakan salah satu provider yang menawarkan paket internet cepat. Selain itu, telepon jernih dan tayangan TV interaktif menjadi keunggulan lain yang ditawarkan oleh IndiHome.

paket internet cepat IndiHome

Salah satu produk Telkom Indonesia ini juga memiliki jaringan yang luas hingga ke seluruh daerah di Indonesia. Sehingga, memudahkan masyarakat Indonesia untuk akses internet dimanapun berada.

Oleh sebab itu, berlangganan Provider Internet IndiHome tidak akan rugi sama sekali. Kita bisa pilih paket internet sesuai kebutuhan dan bisa upgrade speed. Tersedia juga Ultra WiFi untuk menjangkau sinyal di setiap sudut rumah.

Jadi, yuk gunakan IndiHome sebagai internet rumah untuk cek kesehatan saat puasa. Agar puasa ramadhan tahun ini berjalan lancar dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Khususnya bagi ibu menyusui, pastikan selalu menjaga kesehatan ketika berpuasa.

23 pemikiran pada “Tips Menjaga Kesehatan Ketika Berpuasa Bagi Ibu Menyusui”

  1. Berproses menjaga kesehatan saat ini menjadi hal yang penting agar saat puasa tetap fit kondisi badan. Saat ini berkat adanya internet bisa mudah mencari informasi seputar kesehatan, bahkan konsultasi juga bisa secara online

    Balas
  2. Air putih nih yang jarang diminum orang, apalagi ibu menyusui. Maunya yang manis2/ es karena dahaga banget saat puasa. Untung aja kita ada internet stabil IndiHome dari Telkom Indonesia. Jadi kita bisa cari tahu informasi tentang dunia kesehatan dengan hanya rebahan aja sambil menunggu berbuka.

    Balas
  3. Alhamdulillah dua tahun belakang, saya menjalani puasa dengan status busui kembali. Memang wajib istirahat yang cukup. Karena itu saat bayi tidur, saya ikutan juga.

    Balas
  4. Khasiat buah kurma memang cukup banyak ya, salah satunya bermanfaat untuk menambah energi. Bagus banget sih untuk Ibu menyusui yang tetap berpuasa. Apalagi berkhasiat juga untuk memperlancar ASI. Saya juga sering browsing soal menjaga kesehatan selama berpuasa, entah itu lewat artikel maupun youtube. Enaknya pakai IndiHome untuk berselancar di dunia maya, biar internetnya ngebut dan stabil

    Balas
  5. Insya Allah selalu ada keberkahan di bulan Ramadan ini ya, Mbak. Termasuk untuk ibu yang menyusui. Pastinya kondisi tubuh harus terus diperhatikan dengan asupan-asupan bahan makanan. Apalagi banyak informasi penting seputar Ramadan yang bisa didapat dari internet.

    Balas
  6. Semangat untuk para buibu. Semoga bisa menjalankan ibadah puasa lancar dan tetap sehat. Karna ibu kalo sakit pasti serumah keteteran. Dan harus selalu dipantau nih kesehatannya jgn sampe drop

    Balas
  7. betul nih, penting banget utk memantau kesehatan ibu menyusui khususnya di bulan puasa, Untunngnya ada beberapa aplikasi untuk memantau kesehatan busui, jadi makin mudah cek kesehatannya secara berkala,

    Balas
  8. tipsnya pastinya bakal ngebantu banget para ibu ya mba, termasuk menjaga kesehatan para ibu dan anak juga, dan keberadaan internet IndiHome pastinya juga bakal bantu ibu untuk mencari informasi banyak hal terkait kesehatan selama puasa

    Balas
  9. Menjaga kesehatan harus banget, apalagi di saat sedang puasa, agar puasa dapat berjalan dengan lancar dab stamina tetap terjaga dengan tetap menjalankan pola makan dan pola hidup yang sehat, ya

    Balas
  10. Busui bisa ya berpuasa dengan memahami kondisinya.
    Kalau temenku yang busui kemarin ketemu, ndak berpuasa, karena ada suatu hal

    Balas
  11. Aku tuh suka salut lho sama Busui yang tetap berpuasa 1 bulan penuh. Sementara aku zaman dulu banyakan ngeluhnya daripada menyusuinya, karena bawaannya lemes lah, lapar tak tertahankan lah… hahaha, makanya anakku cuma 1.

    Tips di atas bagus tuh buat rekomendasi buat ibu-ibu yang menyusui dan tetap berpuasa. Atau kalau ada akses internet bisa juga kali ya cari informasi kesehatan lainnya khusus Busui yang berpuasa

    Balas
  12. Iya banget, aku dulu kerasa pas lagi masa-masa menyusui, alhamdulillah di boost sama Susu Kurma. Meski memang dalam berpuasa ketika ada kemudahan (rukhsah), kemudahan tersebut boleh digunakan. Dan semua informasi terbaik, mengenai bagaimana hukumnya, bisa diperoleh melalui akses website terpercaya menggunakan internet provider terbaik.

    Balas
  13. Adaa nih kakakku hamil tp tetep puasaa alhamdulillaah banget sampe full, dan bayinya yang lahir pun sehatt. Cuman ya itu emang butuh nutrisi yang sangat cukup dulu yaa mba

    Balas
  14. Bumil harus tetep sehat di bulan puasa. Jaga makanannya agar bayi dalam kandungan juga sehat. Saran di artikel ini sangat bermanfaat loh buat bumil. Catet

    Balas
  15. Artikelnya pas banget nih dengan kondisi saya yang berpuasa saat masih menyusui. Emang nggak boleh maksa berpuasa ya kondisi gak fit gitu karena akan berpengaruh ke bayi juga. Nah, tipsnya boleh banget. Noted buat diterapkan

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.