Tips Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot Tetap Kuat

cara menjaga kesehatan tulang

Tahu tidak salah satu ciri menopause pada wanita umumnya mengalami nyeri otot dan sendi sehingga penting untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap bebas aktif bergerak. Dengan menjaga kebugaran tubuh nyeri otot atau persendiaan tidak begitu mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tentunya akan merasa tidak nyaman jika mengalami kesulitan bergerak. Padahal dengan bergerak akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, lho. Organ tubuh akan bekerja dengan semestinya dengan adanya peredaran darah yang baik.

Seperti yang sering aku alami saat terlalu banyak duduk karena pekerjaan yang menumpuk maka pinggang menjadi sakit dan kaki terkadang menjadi kebas. Berbeda sekali jika banyak bekerja di lapangan dengan adanya aktivitas gerak sehingga nyeri pinggang, otot, dan sendi tidak mudah menyerang.

Untuk menghindari rasa sakit yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas gerak, penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Oleh sebab itu berikut ini upaya yang bisa kita lakukan agar badan tetap sehat dan bugar.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

upaya menjaga kesehatan tulang dan otot

Upaya mejaga kesehatan tulang bertujuan agar kepadatan tulang tetap terjaga dan terhindar dari osteoporosis. Hal ini karena tulang merupakan bagian dari sistem rangka manusia. Di mana seiring bertambahnya usia kepadatan tulang akan berkurang dengan sendirinya.

Selain itu terdapat juga hal yang memengaruhi kesehatan tulang yaitu jumlah kalsium yang dikonsumsi rendah, jarang berolahraga, konsumsi tembakau dan alkohol, berat badan dan lainnya. Dari penyebab tersebut kita memiliki gambaran hal apa saja yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan tulang.

Berikut tips agar tulang tetap sehat. Jangan sampai terlewat, ya.

Konsumsi Kalsium Sesuai Takaran Kebutuhan

Menjaga kesehatan tulang maka kita sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium sesuai takaran yang cukup. Walau sedang menjalankan diet tidak boleh mengurangi konsumsi kalsium.

Berdasrakan Recommended Dietary Allowance (RDA) bahwa konsumsi kalsium usia 19-50 tahun dan untuk pria hingga usia 70 tahun adalah 1000 mg. Sedangkan usia 50 tahun dan bagi pria 70 tahun ke atas adalah 1200 mg.

Banyak Konsumsi Sayuran Beraneka Jenis

Konsumsi aneka jenis sayuran membuat tulang tetap sehat. Khususnya sayuran yang mengandung vitamin C. Hal tersebut karena vitamin C baik untuk membantu produksi sel yang membentuk tulang dan sebagai antioksidan dalam mencegah radikal bebas merusak tulang.

Penuhi Asupan Vitamin D

Vitamin D bagus dalam membantu pembentukan tulang dan melindunginya. Sehingga penting sekali untuk memenuhi asupan vitamin D dalam menjaga kesehatan tulang dengan konsumsi salmon, ikan sarden, tiram, udang dan kuning telur.

Selain itu mendapatkan vitamin D bagi tubuh dengan berjemur di bawah sinar matahari. Walau begitu jangan terlalu lama terkena paparan matahari, terlebih saat sedang terik-teriknya.

Olahraga Rutin

Olahraga dengan rutin dapat membentuk kekuatan otot dan menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga tulang menjadi lebih sehat dan tentunya terhindar dari osteoporosis. Jika tulang dan otot terjaga kekuatannya maka badan akan menjadi sehat dan bugar.

Menjaga Berat Badan

Di atas sudah disebutkan bahwa berat badan memengaruhi kesehatan tulang. Dengan begitu penting dalam menjaga berat badan tetap normal. Kekurangan berat badan dapat menimbulkan penyakit osteoporosis. Sedangkan kelebihan berat badan atau obesitas dapat menimbulkan beragam penyakit.

Selalu jaga berat badan agar tidak kurang dan tidak mengalami obesitas.

Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Merokok selain dapat menyebabkan penyakit jantung, paru-paru dan organ vital lainnya ternyata tidak bagus untuk kesehatan tulang. Seorang perokok jika tidak berhenti sekarang juga akan membuat tulang menjadi rapuh. Sedangkan meminum minuman yang mengandung alkohol meningkatkan resiko terkena osteoporosis.

Kurangi Konsumsi Kafein

Penikmat kopi dan teh sebaiknya untuk membatasi kedua minuman yang mengandung kafein tersebut. Hal ini karena kafein dapat menghalangi dan mengurangi kemampun tubuh saat menyerap kalsium. Sedangkan kalsium sendiri penting dalam menjaga kesehatan tulang. Sehingga konsumsi secukupnya saja, ya.

Kesimpulan

Siapa si yang tidak ingin hidp sehat terhindar dari segala jenis penyakit seperti bebas dari nyeri otot, sendi dan tulang. Tentunya hidup sehat membuat aktivitas menjadi lebih produktif dan bebas bergerak sesuak hati. Sehingga penting untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah menderita osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

Yuk, jaga tulang dan otot tetap sehat dan kuat.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.