manfaat air putih dan rutin berolahraga
Kesehatan,  Random

Manfaat Air Putih dan Rutin Berolahraga. Tidak Hanya Kamu yang Untung, Orang Tercinta Pun Merasakan Manfaatnya!

Bulan Maret tahun ini terbilang banyak kejutan yang membuatku tersadar akan manfaat air putih dan berolahraga yang sangat penting untuk kesehatan. Kedua hal yang sebetulnya sudah paham banget akan khasiat yang begitu luar biasa untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekeliling kita.

Menjalankan pola hidup sehat bahkan bukan hal yang baru ditekadkan. Mungkin karena kurangnya niat dan kesadaran penuh, akhirnya kembali pada hidup yang bisa dikatakan sangat kurang sehat.

Hingga, di penghujung Maret keponakan harus berpulang kepada sang pencipta. Penyakit yang dideritanya karena kurang minum air putih dan pola makan yang tidak sehat merenggut masa putih abu-abunya. Kami sekeluarga harus merelakan dengan ikhlas kepergiannya.

Kabar buruk lainnya adalah Uwa yang terkena struk. Lalu, minggu dini hari, leher dan punggung terasa sakit. Susah sekali bangun, langsung saja terlintas apakah aku kena struk? Setelah diperiksa ternyata hanya salah tidur dan ada urat yang bermasalah. Setelah dipijat agak mendingan bisa nengok kanan-kiri.

Kejadian tersebut membuatku semakin yakin untuk kembali menata pola hidup sehat. Salah satunya dari hal kecil terlebih dahulu yaitu konsumsi air putih 8 gelas per hari dan rutin berolahraga.

Baca Juga: Meningkatkan Stamina Saat Puasa, Ikuti Tips Berikut ini!

Manfaat Air Putih yang Harus Diingat

Air putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh. Berdasarkan penelitian manusia dapat hidup tanpa makan, tapi tidak akan kuat jika tidak minum. Karena 60% isi tubuh manusia adalah air, sehingga kekurangan 2% saja tubuh akan mengalami perubahan seperti sakit kepala dan lemas. Parahnya jika sampai mengalami dehidrasi yang mengharuskan penanganan khusus oleh dokter.

Ada pun manfaat air putih yang perlu diingat adalah :

Meningkatkan Kecerdasan

Ciri-ciri seseorang kekurangan cairan adalah kurangnya konsentrasi. Jika otak sudah tidak fokus, segala hal akan sulit dicerna dan susah untuk berpikir jernih. Jika dibiarkan seperti itu kecerdasan akan berkurang. Karenanya tetaplah menjaga keseimbangan cairan yang ada dalam tubuh agar hidup tetap fokus.

Badan Tetap Sehat

Pernah mengalami, bibir dan kulit kering? Nah, bisa jadi tuh karena kurangnya minum air putih. Tidak hanya untuk melepas dahaga, ait putih sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Terhindar dari Tekanan Darah Tinggi

Darah yang kita tahu berwarna merah memiliki kandungan air lebih dari 90%. Darah inilah yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika cairan berkurang darah akan menebal dan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Sebagai Pelumas Otot

Di pekerjaanku, cetakan injection plastic maupun die casting memerlukan oli agar bagian slider, guide pin dan ejector pin tidak mengalami stuck atau berhenti karena kesat. Begitu juga otot sendi dalam tubuh kita memerlukan cairan untuk melumasi agar tetap dapat bergerak semanamestinya.

Pencernaan Lancar, Car

Yang bermasalah dengan pencernaannya, jangan lupa konsumsi air putih yang banyak. Kurangnya cairan akan membuatmu sembelit.

Dengan banyaknya kebaikan yang dimiliki air putih bukan berarti semua urusan kesehatan selesai dengan hanya minum saja. Tapi, tetap membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Dan tentunya meregangkan otot dengan berolahraga agar tidak kaku seperti robot.

Manfaat Rutin Berolahraga

olahraga rutin di pagi hari

Berolahraga tidak kalah pentingnya dengan konsumsi air putih. Sama-sama memiliki peranan penting untuk tubuh kita. Menyehatkan secara rohaniah maupun lahiriah. Seperti terbebas dari berbagai jenis penyakit dan hidup tetap fokus.

Pengalamanku dengan jarang berolahraga, tubuh menjadi berat dan cepat letih kalau naik gunung, padahal gunung ciremai dan gunung gede-pangrango sudah ditaklukan. Sekarang,naik tangga ke lantai satu lumayan membuat nafas naik-turun. So, mulai detik ini olahraga itu harus dilakukan.

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah berlari di pagi hari, senam, dan lainnya. Tidak usah yang berat-berat, terpenting tubuh mengalami peregangan dan pelemasan.

Yuk, hidup sehat dengan minum air putih 1 liter dalam sehari dan rutin olahraga. Karena jika kita sehat dan bugar, orang-orang tercinta akan merasakan manfaatnya. Seperti bebas menghabiskan waktu bersama tanpa harus khawatir terserang sakit ini-itu.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.