3 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

ide daur ulang botol plastik

Punya tumpukan botol plastik di rumah jangan dibuang dulu teman-teman, daur ulang, yuk! Sampah plastik baik itu berupa kantong plastik dan khususnya botol plastik dapat dikreasikan menjadi barang-barang bermanfaat, lho.

Jika mau, botol plastik dapat kita manfaatkan kembali. Seperti membuat bunga plastik, tempat pensil, pot bunga dan ide crafting lainnya yang bisa langsung dipraktikan di rumah. Bisa juga digunakan kembali untuk tempat penyimpanan benda-benda kecil.

Tidak perlu bahan-bahan yang rumit, membuat daur ulang botol plastik cukup menyediakan alat dan bahan yang ada di rumah. Sediakan saja botol bekas, gunting, penggaris, pisau cutter, cat akrilik, paint spray atau kain planel sesuai kerajinan yang akan kita buat.

Bingung ide kreatif apa saja dengan daur ulang botol plastik? Tenang. Di bawah ini rekomendasi DIY yang bisa teman-teman coba untuk membuatnya di rumah.

Ide Keren Daur Ulang Botol Plastik dan Cara Pembuatannya

Jika ada botol bekas yang sudah tidak terpakai di rumah maka ambilah bersama alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan daur ulang sampah plastik. Lalu buatlah crafting dengan ide kreatif mudah berikut ini.

Ya, kita buat kerajinan yang mudah dengan bahan-bahan seadanya dulu.

Tempat Pensil

Botol plastik dapat kita kreasikan menjadi tempat pensil. Pembuatannya sangat sederhana dan mudah untuk langsung praktikan. Kegiatan ini bahkan bisa teman-teman lakukan bersama si kecil.

Bahan Membuat Tempat Pensil

  1. Botol Plastik
  2. Cuter
  3. Gunting
  4. Kain Planel
  5. Lem Tembak

Cara Buat

  • Siapkan botol plastik ukuran kecil atau sedang.
  • Cuci botol dengan bersih dan keringkan.
  • Potong botol sesuai ukuran yang sudah teman-teman tentukan.
  • Tutup botol dengan kain planel menggunakan lem tembak.
  • Selanjutnya bisa kreasikan sendiri tempat pensil dari botol plastik seperti menempelkan mata agar membentuk karakter hewan misalnya.

Pas Bunga/Pot Tanaman

daur ulang botol plastik pot bunga

Sudah pernah buat pot bunga atau tanaman dari botol plastik? Kalau belum yuk manfaatkan botol bekas yamg ada di rumah untuk bunga hiasan atau tanaman hidup. Dengan memanfaatkan botol bekas kita bisa mengurangi budget membeli pot tanaman atau pas bunga.

Bahan dan cara buatnya tidak beda jauh dengan membuat tempat pensil di atas. Silhkan kreasikan ide kreatif teman-teman. Untuk pot tanaman hidup jika tidak ingin repot membuat desain khusus bisa langsung daur ulang botol plastik yang mudah dengan potong botol, masukkan media tanam dan bibit tanaman.

Membuat Mainan Edukasi

kupu-kupu dari plastik

Botol plastik dapat kita olah menjadi mainan edukasi entah itu untuk bahan ajar maupun untuk mainan edukasi si kecil. Banyak yang bisa kita kreasikan menjadi mainan edukasi seperti membuat karakter hewan kupu-kupu, kura-kura dan lainnya.

Kesimpulan

Cara terbaik menjaga bumi agar tetap lestari adalah dengan mengurangi atau tidak sama sekali memakai bahan-bahan yang menghasilkan limbah plastik. Selain itu jika ada sampah plastik di rumah tidak ada salahnya dengan mendaur ulang.

Daur ulang sampah botol plastik misalnya dengan membuat ide kreatif di atas. Selain dapat mengurangi timbunan sampah di TPA yang sudah menumpuk, membuat kita menjadi kreatif memanfaatkan barang-barang bekas.

Silahkan eksekusi langsung ide kreatif daur ulang sampah plastik di atas. Jangan lupa untuk tidak buang sampah sembarangan agar kelestarian alam tetap terjaga. Menjaga dan melestarikan hijaunya bumi adalah tugas kita. Kapan lagi jika bukan sekarang.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.