Tutorial Membuat Bunga Plastik Dari Daur Ulang Sampah Plastik

Tomoyo Rin

Updated on:

membuat bunga plastik dari kantong plastik

Halo teman-teman, dalam postingan ini aku mau berbagi tutorial membuat bunga plastik dari kantong plastik. Kantong plastik yang aku gunakan adalah plastik bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Hal ini sebagai salah satu kontribusi dalam mengurangi sampah plastik.

Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik merupakan salah satu penyumbang terbesar terhadap kerusakan alam dan ancaman Perubahan Iklim. Dari ancaman kebakaran hutan di musim kemarau yang menimbulkan efek negatif bagi kesehatan manusi dan hilangnya tempat tinggal yang aman bagi hewan-hewan di hutan.

Selain itu, naiknya paras muka laut akan mengancam pemukiman penduduk pesisir pantai. Serta, ancaman lain yang tengah mengintai kehidupan bumi.

Baca juga:

Membuat Bunga Plastik Dari Daur Ulang Sampah Plastik

Mendaur ulang sampah plastik adalah salah satu pilihan yang dapat kita ambil dalam memanfaatkan barang-barang bekas. Salah satunya membuat bunga dari kantong plastik bekas pakai. Dengan mendaur ulang bahan-bahan plastik ini semoga bisa mengurangi sampah plastik. Yakinlah, setiap perubahan kecil yang kita lakukan akan menjadi besar.

membuat bunga plastik dengan daur ulang sampah plastik

Alat dan Bahan :

  • Kantong Plastik untuk bunga.
  • Kantong plastik untuk tangkai. Gunakan plastik berwarna hijau atau cokelat jika ingin lebih mirip dengan bunga aslinya.
  • Sedotan untuk putik. Warna menyesuaikan dengan warna bunga.
  • Kertas atau plastik warna hijau untuk membuat daun.
  • Gunting.
  • Kawat kecil untuk mengikat bunga dan putik.
  • Tangkai bunga dari kawat atau ranting.

Cara buat:

  1. Lipat kantong plastik menjadi 4 bagian, lalu potong. Dari satu kantong plastik dapat menghasilkan dua bunga.
  2. Lipat sedotan menjadi dua bagian dan gunting kecil-kecil menyerupai putik bunga.
  3. Lipat kantong plastik secara berlawanan arah, depan-belakang. Lalu, lipat kembali menjadi dua.
  4. Gaungkan bunga dengan putik. Lalu ikat dengan kawat.
  5. Bentuk bunga dengan menarik plastik ke atas.
  6. Gabungkan bunga ke tangkai bunga.
  7. Sekarang buat daun dengan menggunting kertas atau plastik.
  8. Tutup tangkai dengan plastik berwarna hijau atau warna apa saja sesuai persediaan yang ada di rumah.
  9. Selesai.

Mudah sekali bukan mendaur ulang sampah plastik?

Btw, kunjungi video di bawah untuk tutorial lebih jelasnya. Jangan lupa untuk like, share & subscribe.

42 pemikiran pada “Tutorial Membuat Bunga Plastik Dari Daur Ulang Sampah Plastik”

  1. Bunga plastiknya lucu banget ih Rin. Kayak aslinya. Plastik keresek bekas di rumahku cuma kulipatin aja buat dipake nampung sampah atau keperluan lain. Ga kepikiran dibuat jadi bunga secantik ini

    Balas
  2. Ternyata ga cuma sedotan ya, plastik pun bisa dijadikan bunga yang cantik. Untung dikasih tutorial videonya di Youtube, jadi ada tambahan motivasi mau coba bikin bunga plastik juga nih di rumah. Soalnya saya suka ngumpulin plastik. Hehe

    Balas
  3. Di tangan orang kreatif lah plastik bekas bisa bernilai dan berguna lebih banyak lagi. Duh apalah aku yang bisanya cuma misahin dan ngumpulin kantong kresek cuma buat tempat sampah xixixi

    Balas
  4. keren bangeet mbaa ber-kreatif ria nge-upcycle sampah plastik jadi cantiik. salut ih. jadi kangen bebikinan gini. kalau di rumah, sampah pastik yang terkumpul kukirim langsung ke @rebricks.id mbaa, tak syanggup bebikinan ginih

    Balas
  5. Kreatif Mbak patut di coba, itung-itung tuk mengurangi sampah atau barang-barang yang nggak kepakai.

    Kalau Sekolah-sekolah ekskul nya mengolah sampah jadi kerajinan tangan pasti bagus mengurangi sampah + tuk pemasukan biar mantap.

    Balas
  6. Mbak Erin kreatif banget. Saya mau nyoba yang quilling aja belum bisa rapi krn kurang telaten juga. Eh, Mbak Erin sudah punya keahlian baru. Sughoi.

    Balas
  7. huaaa bunganya cakep benar Kak, jadi pengen buat juga. makasih tutorialnya yaa.
    sekarang kalau ketemu kantong plastik kujadikan tempat tuk sampah *upsss
    udah lama gak buat prakarya kayak gini, jadi ingat waktu SMA (klo ndak salah) pernah buat bunga dari pita plastik gitu, sama dari pipet juga pernah buatnya, tapi sekarang kalau disuruh buat ntahlah masih ingat apa gak, hihihh

    Balas
  8. Ya ampun Mba Erin, aku kalau baca postingan crafting-nya langsung auto ngiri dong, haha. Karena, emang kreatif banget. Aslii. Beneran deh. Dan, sekarang bikin kembang dari bahan plastik. Duh, cakeeeepp.

    Balas
  9. Sampah plastik memang bikin resah ya, mbak, hehe.. Tapi dengan sedikit kreatifitas kita bisa mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang bernilai estetika tinggi. Hanya butuh kemauan saja dari kita untuk menjadikan sampah plastik menjadi barang baru yang bahkan bisa bernilai ekonomis 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.