menulis blog
#BPN30DayChallenge2018

Menulis Blog Untuk Berbagi dan 3 Manfaat yang Didapat

Jika ada yang bertanya kenapa menulis blog?

Simple saja jawabanku yaitu ingin berbagi. Yes.Dari awal niat menulis blog adalah ingin berbagi pengalaman perjalanan melancong. Dengan harapan dapat memberikan manfaat untuk pembaca yang nyasar ke blog tomojikan.com ini. Hal ini dikarenakan waktu SMA aku bergabung dengan ekstra kulikuler KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Di mana setahun sekali kami akan pergi ke suatu tempat yang terpencil untuk belajar tentang hal-hal unik di daerah tersebut.

Seperti mengunjungi 11 gua yang memiliki kisah yang masih bersangkutan dengan cerita pewayangan. Atau mengunjungi sebuah batu yang konon berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat dulunya adalah sebuah kerajaan. Dan lainnya. Tempat-tempat yang dikunjungi memang lebih ke tempat sejarah yang memiliki cerita di luar nalar manusia. Hampir di sleuruh wilayah Indonesia tentunya selalu memiliki cerita mistis yang fakta atau tidaknya, cerita terus terjaga secara turun temurun. Percaya atau tidak, aku mempercayainya.

Lalu, pada tahun 2012 aku mendapatkan ilmu tentang dunia website dari dosen komputerku. Sejak saat itulah mengenal blog dan tergugah untuk menuliskan kisah-kisah perjalananku di blog ini. Sekedar ingin berbagi informasi yang aku terima. Agar orang lain pun dapat mengetahui informasi tersebut.

Seiring berjalannya waktu, banyak hal yang ternyata menulis blog itu tidak hanya memberikan manfaat untuk orang lain saja. Tetapi aku sendiri pun selaku pemilik dan penulis blog merasakan manfaat ngeblog yang tidak akan pernah aku sesali.

Manfaat Menulis Blog

  1. Menyalurkan Hobi

Aku senang menulis fiksi. Namun, tidak pernah dikirimkan karena kurangnya kepercayaan takut tidak lolos. Dan belum siapnya mendengarkan kritikan. Alhasil aku mencoba publish di blog. Sambil belajar tentang dunia fiksi bersama Monday Flash Fiction, sedikit demi sedikit keberanianku muncul untuk menciptakan sebuah kisah yang bisa dinikmati semua orang. Perlahan aku juga siap mendengarkan kritikan dari semua tulisanku tidak hanya fiksi saja. Asal berikan saran juga, ya. Harapanku saat ini semoga saja, ada tulisan fiksiku yang bisa menembus penerbit Mayor. Semangat!

  1. Mengisi Waktu Luang

Seperti kepala tanpa otak. Blog tidak akan hidup jika tidak diisi tulisan. Yang ada hanya akan dikerumuni jaring laba-laba jika dibiarkan kosong. Dari pada menghabiskan waktu luang dengan hal yang mudarat, menulis adalah salah satu cara untuk menjadikan waktu luang lebih berharga. Dengan adanya blog keinginan menulis akan selalu hadir. Tinggal menguatkan tekad karena terkadang ide sudah ada namun rasa malas mengetik lebih dominan. Menulis bisa menjadi salah satu melawan rasa malas, loh. Coba saja sekarang ketika salah satu kata dan kata lainnya akan keluar begitu saja tanpa terduga.

  1. Penghilang Stres

Padatnya aktivitas sehari-hari membuat otak terkadang berada di titik paling ruwet. Kepala rasanya akan pecah. Namun, dengan menulis blog stres yang melanda akan terobati. Loh, bukannya menulis butuh tenaga untuk berpikir? Sadar tidak sadar saat jiwa raga lelah, emosi akan membuat jari kita mudah menulis dan merangkai sebuah kata menjadi satu kalimat. Lalu, menjadi sebuah paragraf yang utuh. Masih belum yakin? Coba saja! Menulis lebih lancar dan menggebu-gebu karena emosi dalam diri ikut bercerita juga.

Menulis blog memiliki manfaat tersenidiri baik untuk si penulis maupun pembaca. Pun, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Entah itu dari iklan, sponsor post, dan lainnya. Karena blog menjadi salah satu wadah untuk promosi yang sangat baik. Terutama di zaman milenial saat ini. Masyarakat lebih senang mencari informasi dari gadget.

So, sayang dong kalau tidak dimanfaatkan. Apalagi blognya sudah ada. Kalau dibiarkan saja hingga tak berpenghuni sayang banget. Karena blog bisa membuat kita bahagia lahir-batin. Setuju?

 

50 thoughts on “Menulis Blog Untuk Berbagi dan 3 Manfaat yang Didapat

  1. Eh, kok kita sama siiih…?
    ((HIhii~ nyama-nyamain)) – Samas-sama ikut ekskul KIR.
    Bedanya,
    kegiatan KIR aku dulu penelitian eceng gondok.

    Jadilah kami ke sungai-sungai dan mengumpulkan tanaman eceng gondok yang super duper banyaaak…untuk dijadikan sebuah Karya Ilmiah.

    Alhamdulillah~
    Bisa maju sampai KIR Nasional di Universitas Brawijaya, waktu itu.

    Senang yaa…kalau tulisan kita bisa bermanfaat untuk masyarakat.

  2. Sungguh ya,menulis di blog itu bisa untuk terapi. Untuk berbagi, sharing pengalaman, dan hal2 yang biasa sampai luar biasa jika ditulis bisa jadi kesenangan tersendiri.

  3. Wah, aku setuju banget sm alasan diatas. Mmg menulis ini sejenis terapi jiwa ya. Dulu suka nulis curhat abstrak. Skrg rada mikir lh ya nulis gitu. Haha

  4. Wkatu SMA aku juga mau masuk KIR mba sayang banget nih kakak kelasku rese masak aku dan geng dibilang geng kuntilanak wkwkwkwk ngeselin kan gegara kami tuh noize banget emang jadinya digituin dan fix aku dan geng ga jadilah masuk KIR 😀 *curhatt

  5. Aku juga mengalami nih, ketika blog lama dianggurin, rasanya kayak ada yang teriak2 memanggilku untuk segera menghampirinya. Suka merasa bersalah sama blog yang lama enggak diupdate.

  6. Bunda punya blog tuh lbh dari 3 tp yg aktif ya yang berdotcom trus bingung miskin ide buat blog yg lain jadilah buat foto2 80%an. Sampe skrng gak bernichie deh. Tp selama di Grup BW jd tahu kl blog gado2 itu bisa juga disebut blok LIFESTYLE. Wuiicch keren kan, jd nanti cari pakar yg bisa.
    nyulap blog bunda dari Misc jd Lifestyle. Dirunggu…

  7. Saya suka banget mbk kalau ada orang yang mengawali kegiatannya menulis itu untuk berbagi, rasanya hal tersebut cara yang paling ikhlas untuk menjadi orang yang bermanfaat dari hal yang sederhana. Semoga selalu berbagi koten positif ya mbk… tetap semangat…

  8. Setuju nih kalau nulis blog untuk berbagi dan mengisi waktu luang, karena aku pun bikin blog ini karena pengen cerita tentang program hamil yang aku jalankan. Akhirnya tulisan itu sampai sekarang masih banyak dibaca dan yang bikin senang itu masih ada yang japri nanya-nanya juga.

  9. Sama sepertiku. Ngeblog untuk mengisi waktu luang agar tetap waras menjadi diri sendiri. Melalui ide yang disalurkan lewat tulisan.
    Beruntung bisa menemukan passion ngeblog sekarang, jadi tetep bisa sambil ngerawat anak di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.