Kuliner Tips

Kuliner Enak dengan Budget Rp. 15.000, Why Not?

kuliner enak dengan budget rp.15.000

Kuliner enak – Makan adalah kebutuhan pokok manusia. Bukan hal yang aneh jika banyak orang berkata kerja untuk sebakul nasi. Yes, memang begitu adanya. Si kaya bisa bertahan hidup tanpa barang-barang mewah di tubuhnya. Namun tanpa makanan perut akan keroncongan di demo para cacing.

Begitu juga dengan kaum hawa yang kebanyakan lebih suka menguruskan badannya. Satu atau dua suap pasti ada yang masuk ke lambung. Karena makanan menghasilkan energi untuk tetap sehat dan bugar. Aktifitas tetap berjalan baik. Tidak loyo bak balon udara yang kehabisan oksigen.

Makanan menjadi salah satu hal penting yang tidak akan hilang dari kehidupan manusia. Setuju, dong!

Kuliner Enak di Indonesia

Ngomongin soal makanan tidak akan jauh dari kata kuliner. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sejuta jenis kuliner food and drink. Dari makanan tradisional hingga olahan western. Dari makanan yang bentuknya imut hingga aneh. Dari bahan yang biasa hingga yang tidak biasa. Inovasi di dunia kuliner terus mengalami perkembangan.

Untuk Indonesia, setiap daerahnya memiliki makanan khas tersendiri yang menjadi ajang buruan oleh para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara. Karena tidak dipungkiri makanan Indonesia tidak kalah nikmatnya dengan Pizza dari Italia. Sushi dari Jepang. Kimchi dari Korea.

Nasi padang, Sate, Nasi goreng adalah makanan yang populer di kalangan turis. Ketiga makanan tersebut memang dapat memanjakan lidah. Belum makanan lainnya seperti Bakso, Soto betawi, Lotek/Gado-gado, Gudeg, dan lain-lain yang membuat ngiler. Yuami-yuami.

sate makanan indonesia

Untuk urusan kuliner aku paling suka dan semangat banget. Icip-icip menu yang berbeda memiliki sensasi tersendiri. Jadi tahu yang disukai banyak orang, sesuai dengan seleraku atau tidak. Yang lagi populer di kalangan netizen apakah memang benar enaknya. Keingintahuan yang membuat hati tergerak untuk mencoba langsung. Di rumah jarang masak juga. Ujung-ujungnya pasti beli di luar.

Maslah terbesar yang timbul bukan di rasa enak atau tidak. Melainkan saat budget tinggal ongkos bensin, harus menahan dari godaan. Apalagi untuk para ‘pengabdi gajian’- mencontek kata-katanya Mas Dani Rahmat seorang blogger keuangan. Saat kalap di awal bulan sedangkan tanggal tua masih dua minggu lagi, santai saja deh sambil harap-harap cemas. Tsah.

Dua minggu adalah waktu yang panjang untuk para pengabdi gajian. Oleh karena itu perlu siasat agar dengan uang lima belas ribu rupiah bisa makan murah tetep gaya.

How to Kuliner Enak dengan Rp. 15.000

  1. Cari promo gratisan

Saat ini manusia tidak bisa lepas dari gadget. Banyaknya aplikasi sosmed menjadi ajang yang dimanfaatkan sebagai pasar promosi. Sehingga sering sekali ada promo menarik. Entah itu promo diskon sekian persen hingga 100% gratis. Seperti yang aku alami dapat makan gratis di Mujigae akhir oktober kemarin.

Pun, promo-promo di toko of line tidak kalah menggiurkan. Kalau ada promo harus dimanfaatkan. Siapa tahu ada menu seharga lima belas ribu rupiah.

  1. Makan diangkringan

Makan diangkringan atau pinggir jalan lebih murah. Dengan lima belas ribu bisa makan + minumnya. Soal rasa, pada tahu dong! Banyak penjual makanan di pinggir jalan yang tidak kalah enak dengan restoran mahal.

Contoh, bakso. Lebih enak dimakan yang dijual di gerobak dibandingkan di mall, bukan? Rasanya lebih nikmat dan suasananya lebih terasa kalau kita memang sedang makan bakso.

  1. Cari Makanan dengan harga sesuai budget

Coba deh tengok di sekeliling kita banyak makanan dengan harga murah dan terjangkau, loh. Cukuplah untuk dana lima belas ribu rupiah. Karenanya lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan.

  1. Patungan

Anak kos nih pasti sering mengalami patungan dengan teman kos lainnya. Karena menghemat adalah hal yang harus dilakukan. Dengan saling patungan lima belas ribu bisa menikmati pizza.

  1. Minta di traktir

Jangan malu untuk minta traktiran. Apalagi nolak kalau ada yang mau traktir. Soal makan jangan malu-malu tapi mau. Lebih baik sekalian saja malu-maluin. Plak.

Akan ada masa kita pun diminta traktir. Anggaplah untuk investasi masa depan. Entah itu kita yang bayar atau dibayar.

So, kuliner itu tidak melulu harus mengeluarkan budget banyak. Indonesia kaya dengan makanan khas yang murah-meriah. Di mana uang lima belas ribu rupiah bisa menikmati kulineran tanpa khawatir kurang bayar. Nikmati saja makanannya. Karena selezat apa pun kalau ujung-ujungnya hati gak rela mengeluarkan banyak biaya, sama saja bohong.

Sekarang, nikmati dulu saja yang ada. Sambil menunggu hari bisa makan di restoran mewah. Pokonya, Jangan khawatir saat sisa uang lima belas ribu rupiah.  Masih bisa kok kuliner enak. Cobain saja tips di atas. Oke!

Itadakimasu….

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(77) Komentar

  1. Masruraini menulis:

    Di daerahku ayam geprek +nasi 10 ribuan masih ada indonesia memang surga kuliner yg luar biasa ya mbak.

    1. Iyes, mba. Murahan ayam dibanding ikan bandeng. 😀

  2. Indonesia memang kaya dengan beragam kuliner yang enak dan murah, terutama soal bakso. Kebanyakan bakso gerobak pinggir jalan rasanya memang lebih maknyus daripada bakso mall. Murah meriah tapi nyummi…

    1. Betul, betul, aku lebih suka yang dipinggir jalan mba. Memang lebih maknyus..

  3. Meilawati Nurhani menulis:

    Sekarang Harga ayam goreng sudah 12rb itu pun ukuran kecil Hhe..

    1. Di cikarang masih 8rb mba. 12 rb sama nasi.

  4. Dewi Mae menulis:

    Ngakak baca yang no. 5. Wkwkwk

    1. Hehe…. silahkan mba dicoba.

  5. Wuah mujiagae lagi free ya mba? Gimana caranya nih hehe

    1. Silahkan kepoin IG nya mba.

  6. Nomor 5 gak ah. Paling promonya lewat Gopay, hahaha… Bisa kenyang enak dengan harga irit

    1. Manfaatkan promo sebaik-baiknya ya, Mas.

  7. Wiwid Nurwidayati menulis:

    Saya juga suka cari makanan yang harganya 15.000 an kalau lagi makan di luar
    thanks tipsnya nih, Mbak..

    1. sama2 mba.

  8. Saya suka makan di angkringan. Murmer dan enak. Suasananya juga pas, kalau dibayarin siapa juga yang nolak. Hehe …

    1. sama mba aku juga suka makan diangkirngan karena murah dan tetap kenyang.

  9. Di sini 15k masih bisa beli mie ayam bakso yang sedap sedap sedap

    1. sama mba. Di daerahku juga.

  10. Di Medan, banyak banget kuliner murah tapi enak apalagi dikawasan mahasiswa/kampus. Ga ngeruk kantong terlalu dalam asalkan jangan terus-terusan

    1. di sekitaran kampus memang lebih murah-meriah. Banyak pilihannya lagi.

  11. Dewi hepy menulis:

    Daerah sekitar kampus masih banyak yang 15rb and hehehe

    1. betul mba. harga terjangkau untuk mahasiswa.

  12. Aku gak bisa pake 15rb buat makan di luar. Rombongannya ada 4 orang. Hehe

    1. 15rb kali empat mba. Hehe

  13. Ngakak yg bagian terakhir, minta ditraktir wkk
    Boljuh nih mb ide2ny

    1. Kali-kali mba minta traktir.

  14. No. 5 mintanya paling ke suami. Hahahaha…

  15. Kak Erin, kebetulan aku tinggal di dekat universitas negeri di Bengkulu. Kebayang lah ya, jajanan untuk dek adek mahasiswa bertebaran di sepanjang jalan. Nasi ayam bakar enak aja masih dapet 10 ribuan loh. Mantuuul! *brb cek timbangan sik xD

    1. Iyah kan Intan masih ada yang murah. Gpp tinggal diet lagi.

  16. Betul mba, makan di angkringan bisa kenyang dengan 15 rebu. Nasi kucing 2 rb biar kenyang ambil 2 bungkus, sisanya bisa buat sayur ma lauk.

    1. Aku suka nasi kucing. Waktu di Cirebon sering makan ini, harga nasinya memang 2000 rupiah

  17. kania menulis:

    di pasar modern mba bisa makan enak dg budget tempatnya pun nyaman kalo pasar modern

    1. Belum pernah makan di pasar modern. Boleh dicoba nih.

  18. Haha angkringan jadi andalan di kala dompet memelas

    1. Hehe betul mba.

  19. Kalau saya lagi kangen makan pecel. Di dekat rumah saya yang dulu ada pecel yang enak. Rp15 ribu udah kenyang banget 🙂

    1. Sama mba di sebelah tempat tinggalku juga ada pecel yang 15rb. enak pecelnya.

  20. Yang terakhir oke banget tuh mbak makan di traktir, aku juga lagi nunggu di traktir teman yang lagi ultah ini.

  21. Hahaaah minta ditraktir, bener juga siih..
    kalau di Jogja, makan 15 ribu masih bisa dapet ayam penyet plus tempe tahu, atau nasi padang pakai ayam dan gorengan, atau bakso rusuk, atau lontong sayur pakai ayam dan telor. Banyak yg enak2 hehee.

    1. Kuiner Indonesia masih murah-murah ya, mba.

  22. Tipsnya mantuuull… Apalagi kalau trakiran mah dijamin gak nolak, namanya rezeki.. heheh

    1. Hehe… betul mba. rezeky jangan ditolak ya.

  23. Aku di kawasan Palmerah Jakarta tuh banyak banget kuliner murah seharga kurang dari Rp 15 ribu, mba. Udah puas banget malah makannya. Nasi begono satu porsi ama lauk tahu tempe hanya Rp 5000. Tapi memang makan di angkringan tuh murah

    1. Wah, Nasi Begono itu seperti nasi kucing kah mba?

  24. Kalau di tempatku sekarang, masih banyak makanan di bawah 15.000. pokoknya kalau ke pasar cuma ada uang segitu, ga akan kelaparan deh

    1. ALhamdulillah ya mba, masih dapat makan enak dengan harga murah.

  25. OMG ini dapat promo makan di Mujigae? Aku ingiiiinnnnnnnnn… Aku pun suka cari promo-promo makanan juga, apalagi kalau perginya rombongan keluargaku sudah pasti aku mencari yang ramah kantong dong. Hehhehheee

    1. Iyah mba dapat promonya di IG.

  26. Aku selalu ngajarin anakku, gak boleh minta-minta traktir atau belikan ini itu sama orang. Tapi kalo ada yang mau traktir, ya rejeki jangan di tolak apalagi kalo pas lapar, wkwkwkwk.. Yang penting makanan halal, sikat aja terus

    1. Hoho… memang tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah ya, mba.

  27. Seriuus iih….15 ribu bisa buat makan di resto yang enak…
    Dan gembolan aku 2.
    Kayanya nyaris ga mungkin kecuali ada yang nraktir tea.
    Hahaha~

    Bahagia yaa…pulang-pulang uda kenyangs.

    1. Iyes, mba. Bisa kok cari promoan. Hehe

  28. MAkan di angkringan pun kalau kita ga tau aka turis lokal bisa di getok juga mba harganya hehehe.. yang enak minta di traktir

    1. Emang sadis ya mba kalau harga digetok. AKu pernah pengalaman waktu di Bali.

  29. Ahahaha paling seneng tu “minta ditraktir” 😀
    Eh tapi liat2 dulu dimana belinya. Kalau di kampung halamanku 15 b udah lumayan sih makanannya enak2, soalnya msih banyak resto atau warung makan murah 😀

    1. DI kampung masih serba murah, mba. Aku saja 15rb bisa dapat ini-itu.

  30. Muthmainnah nasaru menulis:

    Di Gorontalo harga 15 ribu ngk dpat makanan kyk gitu mbak…
    Di sini mahaaal…
    Huhu jd ngiler ee…

    1. Wah, kalau ke Gorontalo harus survey harga makanan dong mba.

  31. Aswinda Utari menulis:

    Hmm hmm.. Kalo ak msh type kuliner pinggir jalan mba. Jd nemu harga 10-15rb itu udah sering. Hihi. Kalo diajakin teman ke tempat yg agak mahalan ak suka pura2 nolak. Tp pas denger ditraktir langsung deh.. Cusss.. Haha

    1. SAma mba aku juga tipe kuliner yang suka pinggir jalan. Tapi gpp lah sekali-kali mah ke resto. Hehe

  32. Hahaha ya ampun.. Kalau minta traktir sih malah bisa gratis ya. Paling kita bayarin bensinnya dia aja.

    1. Iyes mba. Tapi siap-siap di minta traktir balik suatu hari nanti. wkwkkk

  33. Uniek Kaswarganti menulis:

    Asyik juga ya berburu makanan dengan budget lima belas ribuan. Kalau di Semarang sini masih banyak sih mba. Meskipun yaaa prosentase makanan murah dan mahalnya udah sebanding :))

    1. Kalau prosentase di Cikarang tidak dapat menjamin mba. Di resto pun kadang biasa saja rasanya. Malah leih enak yang pinggir jalan.

  34. Tips terakhir paling oke nih buat dicoba wkwkwkw

    1. Silahkan mba dicoba ya.

  35. Yes, kalau memang mencari ada koq harga 15.000an. Asal gak gengsi, in syaa Allah enak dan nyaman saja, ya Mbak 🙂

    1. Betul mba. Masih banyak makanan dengan harga terjangkau.

  36. 15 ribu udah bisa makan enak yah… Kalo ditempatku, 15 ribu malah bisa dpat steak hlo mbak

    1. Di Cirebon juga ada tuh mba 15 rb dapat steak. Kalau Cikarang aku belum nemu. Hehe

  37. Di desaku sekarang lagi banyaak banget acara maulid nabi. Bayangin aja tiap mushola atau masjid giliran ngadain. Udah deh, kalau kayak gini dijamin makan enak dan gratis! Hihi

    1. Enak ya mba acara Maulidnya dirayakan rame-rame. Di kampungku selalu sepi.

  38. Makan enak (dan kenyang) 15 ribu ? Hmmm makan soto ayam enak itu bisa 20an ribu. Paling ya makan pecel lele + nasi + air putih hangat. Atau makan somay plus teh hangat aja. Pernah makan di mujigae tapi bukan promo eheu

  39. Dengan budget 15 ribuan aku bisa makan di nasi padang dengan menu lumayan, Minumnya air teh hangat aja hahaha… Atau beli bakso dari abang yang lewat, lebih murah. Deket rumahku ada yang jual ayam crispy harga 10 ribuan dengan rasa yang lumayan enak. Duh besok aku bakal nyari kulineran murmer gara-gara terdampar di blog ini 😀

  40. 15ribu di Jogja masih dapat makan dan minum enak, asal makannya nggak di tempat yang fancy. Apalagi kalau mau mblusuk ke pasar, dapat banyak tuh.

  41. Hahaha minta ditraktir mah sudah free dari 15K jadinya. Cuma yaa gitu beban tersendiri pasti.

  42. Ih itu yaaaaa aku gak tau dong nunigae ada gratisan. Cuma penasaran aja kenapa tumben2an di depan resto mujigae ada antrian puanjaaangggg. Ternyata ada gratisan. Tapi itu pun taunya setelah periodenya habis. Hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.