pengaruh nama domain terhadap trafik pengunjung
Tips

Pengaruh Tingkat Panjang-Pendeknya Nama Domain Terhadap Trafik Website

Halo teman-teman, postingan kali ini aku mau sharing tentang pengaruh nama domain terhadap trafik website. So, buat kalian yang berniat membuat sebuah website tidak boleh sembarangan menggunakan nama domain karena perlu mengatur panjang domain tersebut. Loh, kenapa?

Ya, kita harus pahami dahulu fakta penting menggunakan domain panjang dan pendek yang nantinya akan turut menentukan trafik pengunjung. Pastinya jumlah trafik untuk semua jenis website itu sangat penting. Penting banget malahan!

Baik itu personal website maupun untuk berjualan. Toko online tetap memerlukan jumlah trafik tinggi, sehingga ada banyak kemungkinan pengunjung website berubah menjadi konsumen dengan membeli produk mereka. Sedangkan pemilik website perorangan atau pribadi bisa saja memasang iklan perusahaan lain pada websitenya, jika memiliki trafik tinggi. Intinya pemilihan panjang dan pendek nama domain penting untuk diperhatikan, ya.

Baca Juga: Tips Sukses Jualan Online yang Hobi Traveling

Apa Pengaruh Menggunakan Nama Domain Singkat?

Membuat nama domain yang dapat dieja bisa membantu seseorang khususnya pengunjung untuk mudah menghafalkan. Namun, aku tidak menyarankan membuat nama domain yang panjang, meskipun pengejaannya mudah. Apabila pengunjung salah ketik suatu nama domain akibat kepanjangan, bisa-bisa masuk ke webmaster kompetitor.

Teman-teman tidak ingin hal itu terjadi bukan? Jadi, perlu banget menggunakan nama domain yang singkat dan mudah pengucapannya. Semakin singkat akan semakin baik, karena ini benar-benar menjadi satu kunci penting dalam membuat website baru yang akan mendatangkan banyak pengunjung. Tentunya, pengunjung lebih mudah mengingat nama domain yang singkat dan otomatis akan berpengaruh pada trafik.

Dalam pembuatan nama domain yang singkat, perlu juga menghindari dua huruf double, karena bisa membingungkan pengunjung pada saat mengetiknya. Besar kemungkinan pengunjung akan salah ketik atau ada salah satu huruf double yang hilang bila tidak familiar menggunakan nama domain tersebut.

Nama domain masuk dalam kategori pendek ketika jumlah karakternya di bawah 6 karakter. Pastikan teman-teman menggunakan nama domain yang singkat setiap kali membuat website untuk kemudahan pengunjung dalam mengingatnya.

Bolehkah Pakai Nama Domain Panjang, Berapa Rata-Ratanya?

apa pengaruh nama domain terhadap trafik pengunjung

Apabila teman-teman tidak dapat menemukan nama domain dengan panjang karakter 6 saja, tidak perlu bingung dan khawatir. Masih bisa menggunakan nama domain dengan panjang sampai dengan 10 – 12 karakter. Kategori panjang nama domain tersebut masuk dalam panjang rata-rata website yang ada sampai dengan saat ini.

Pada tahun 2013 silam, hampir sebagian besar pemilik website mendaftarkan websitenya dengan nama domain pendek. Seiring dengan berkembang kesadaran masyarakat akan dunia internet, maka menemukan nama yang tepat untuk website dengan karakter di bawah 6 menjadi semakin sulit. Sekarang kamu bisa saja menggunakan nama domain dengan panjang sedang.

Selain itu coba huga untuk memasukkan unsur SEO dalam nama domain, sehingga besar potensi pengunjung akan mengetik nama domain tersebut. Tingkat kesulitan paling tinggi saat ini dalam menentukan suatu domain adalah dalam bentuk ekstensi .com. Hampir semua perusahaan maupun pemilik website perorangan lebih memilih .com daripada lainnya.

Berapakah Panjang Domain yang Harus Kita Hindari?

Pengunjung tidak menyukai nama domain yang panjang karena selain lebih susah mengingatnya juga lebih memerlukan waktu lama untuk mengetik. Tahukah teman-tema bahwa nama website terpanjang mampu memuat sampai dengan 63 karakter. Wow, banget! Gak kebayang deh, bila ada yang membuatnya sampai sepanjang itu.

Pengunjung akan menghindari juga datang ke situs dengan nama yang panjang. Itu terlihat lebih mengerikan sebagai sebuah alamat website. Selain itu, nama domain sudah bisa masuk kategori panjang ketika jumlah karakter saat mengetikkan sudah lebih dari 12 karakter. Sebaiknya menghindari nama domain dengan kategori panjang.

Domain dengan nama terlalu panjang memiliki kecenderungan untuk dianggap sebagai spam saat kamu embed ke suatu media lain dalam rangka beriklan. Orang-orang yang mendapatkan share link-nya akan menganggap itu adalah spam atau mengira website berisikan malware. Mungkin kamu akan berpikir bahwa terdapat link shortener website.

Namun, menggunakan bantuan website perpendekan tautan akan bisa lebih tidak praktis dibandingkan saat kita bisa share link website secara langsung. Itu akan lebih menghabiskan banyak waktu hanya untuk sebuah perpendekan link. Ketika kamu sudah kebingungan menentukan nama domain yang eye catching, sebaiknya menggunakan tool cek domain.

Baca Juga: 7 Tema Blog yang Mendatangkan PV Tinggi

Bagaimana Cara Menemukan Nama Domain?

Menentukan suatu nama domain memang menantang. Perlu penelitian yang mendalam mengenai banyak hal. Teman-teman tidak harus membeli nama domain dari agen penjual nama domain. Jadi yang perlu kita beli itu cukup ekstensinya saja.

Membeli nama domain bersama dengan ekstensinya bisa membuat kantong pemula jebol. Hanya perusahaan besar saja yang menggunakan jasa tersebut. Walau begitu aku rekomendasikan untuk menggunakan ekstensi domain berupa .com, karena memang lebih mudah mengingatnya.

Bagi teman-teman yang belum menemukan nama domain yang tepat dan ingin berlangganan website, maka bisa membeli di DomaiNesia. Ada banyak ekstensi yang tersedia di sana dan bisa kalian pilih sepuasnya.

Jika masih bingung dalam menentukan nama domain, dan Hosting Indonesia terbaik maka dapat berkonsultasi langsung kepada tim support DomaiNesia. Teman-teman akan mendapat jawaban dengan sangat responsif, karena layanan ini memang berjalan sampai dengan 24 jam. Hal ini juga berlaku untuk dukungan masalah teknis.

Nah, bagaimana? Sudah paham dong pengaruh dalam membuat nama domain untuk website. Ingat ya tidak usah panjang-panjang. Cukup kenangan mantan saja yang panjang kaya rel kereta api. Plakk.

23 thoughts on “Pengaruh Tingkat Panjang-Pendeknya Nama Domain Terhadap Trafik Website

  1. well noted mbakku, memang ya seperti kita halnya manusia, kadang mengingat nama panjang tuh agak sulit, namun jika nama pendek bisa lebih mudah mengingatnya.. kira kira begitu ya mbak perumpamaannya hehe.. bermanfaat banget ini infonya

  2. Wah iya ya, emang ada yang kasih nama domainnya panjang2 banget? hihihihi… AKu sih pakai nama lengkap aja soalnya nama Nurul kan buanyak 😀 Thanks ulasannya aku jadi tau deh pengaruhnya thd trafik web 😀

  3. Paling enak pake nama sendiri sih, cuma kalau ga terkenal banget orang malah lupa gimana mau berkunjung suatu saat (itulah pentingnya branding ya). Kalau aku sekarang malah pengen punya domain unik yang mudah diingat tapi bukan nama, yang lebih familiar diingat. Tapi ganti domain itu rasanya mustahil, makanya penting banget mikirin nama domain di awal ya Mba, tidak bole asal

    1. Aku juga sempat mau ganti domain yang ini pakai nama sendiri. Tapi setelah dipertimbangkan kok banyak banget ya plus-minusnya. Memang bagusnya dari awal sudah matang biar pas ketok palu tidak kecewa.

  4. (((((kenangan mantan))))) wkwkwkwk.

    6 karakter ya … nama domainku dong agak maksa, kiseki sudah ada yg punya, kutambahin aja satu huruf i lagi wkwkwk. Saking sukanya dengan arti kiseki, keajaiban 🙂

  5. Benar semua uraiannya. Dulu gak kepikiran hal ini. Untungnya nama saya tidak panjang, hanya 7 kata disambung nama bapak tapi tentu nama bapak gak saya ikutkan ke dalam.nama domain.

  6. Jadi pengen buat domain lagi hehe, tapi bayarnya pertahunnya juga mesti diperhitungkan ya. Kalau nama sendiri lebih mudah diingat kita tapi lebih susah dikenang orang apalagi gak ada yang bisa dikenalkan haha, self reminder

  7. Iya ya, kalau nama domain panjang kadang kita sulit menulisnya. Kurang satu huruf saja langsung deh hilang tuh web.
    Kalau saya pakai nama awal saja ditambah nama bapak sih.
    Eh cukup panjang juga sepertinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.