Sponsor Post Tips

Tips Sukses Jualan Online Buat Kamu yang Hobi Traveling

tips sukses jualan online buat kamu yang hobi traveling

Jika beberapa hari yang lalu aku share tentang makanan, kali ini aku ingin berbagi tips sukses jualan online buat para traveler. Buat teman-teman yang menjadikan traveling sebagai hobi kenapa tidak sekalian jualan online agar dapat penghasilan tambahan. Kalau kata pepatah si sambil tenggelam minum air.

Pasti ada yang sering mengalami kalau melancong ke luar negeri banyak yang suka nitip ini-itu alias jadi jastip (jasa titip). Nah, momen tersebut bisa dimanfaatkan dengan membeli double untuk dijual lagi. Barangkali masih ada orang yang pengin juga. Kita tidak pernah tahu loh, ya. Di luar sana banyak orang yang mungkin saja membutuhkan produk dari luar, namun tidak bisa datang langsung ke negara yang memproduksinya. Atau kalau harus beli online bisa saja mengalami kendala. Seperti sistem pembayaran yang harus menggunakan paypal atau kartu kredit. Dimana semua orang belum tentu memilikinya (nunjuk diri sendiri). Belum jika barang tersebut kena pajak.

Btw, sudah tahu belum peratutan terbaru menteri keuangan No. 112/PMK.04/2018 tentang impor barang kiriman yang termasuk Consignment Note. Di mana barang kiriman dilakukan melalui udara karena jika lewat jalur laut pabeannya adalan PIB. PIB ini memiliki peraturan tersendiri. Bisa saja melalui udara juga menggunakan PIB namun prosesnya ribet. Berdasarkan peraturan tersebut jika nilai FOB melebihi USD75 maka kena pajak. Sekali pun itu barang sample yang seharusnya tidak dikenakan pajak jika nilainya melebihi itu mau tidak mau harus bayar BM (bea masuk).

Selain proses yang tidak akan mudah. Apalagi jika barang ternyata sudah sampai di bandara, namun belum ada kabar dari pos/logistik kita harus inisiatif sendiri untuk mengkonfirmasi. Sesuai pengalaman, barang kiriman baru deh cepat di proses.

Beda jika sudah ada yang menyediakan. Lebih praktis dalam segi waktu. Dan tidak perlu pusing dengan urusan bea masuk dan pajak. Hal inilah yang bisa dijadikan kesempatan untuk para traveler.

Bahkan jualan online tidak hanya melulu tentang menjual produk melainkan bisa juga menyediakan jasa. Contohnya jasa travel. Banyak para traveler yang sukses dengan membangun jasa travelnya sendiri. Pandai-pandai kita saja memanfaatkan peluang yang terbuka lebar.

Tertarik? Sambil mempertimbangkannya bisa loh baca tips sukses jualan online berikut ini.

Baca Juga : 7 Tema Blog yang Mendatangkan PV Tinggi. No. 5 Paling Disukai

Tips Sukses Jualan Online untuk Para Traveler

sukses berjualan online

1. Tentukan Jenis Usaha 

Pertama-tama harus memutuskan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual. Berupa barang atau jasa. Di sini kita harus mempertimbangkan dengan matang. Bisa dengan berkonsultasi dengan orang yang paham tentang peluang bisnis.

2. Menentukan Target Pasar

Masih berhubungan dengan nomor satu. Saat mempertimbangkan produk yang akan ditawarkan. Tentukan juga sasaran pasarnya. Untuk semua kalangan atau kalangan tertentu saja. Hal ini akan lebih mempermudah akan dibawa ke mana usaha kita. Bisa saja hingga menembus angkasa (red. Menjadi orang sukses di negeri ini).

3. Tentukan Sistem Penjualan

Sistem penjualan dengan offline atau online wajib dipahami juga. Bisa memilih salah satu saja. Atau boleh dua-duanya. Namun, saat ini teknologi yang terus berkembang membuat perubahan dalam pola belanja yang dilakukan khalayak banyak. Sistem online lebih dipilih karena super praktis. Baik produk berupa barang maupun jasa orang lebih senang bertransaksi melalui online. Namun, lebih baik juga jiga ada offline-nya.

4. Membuat Website

Berjualan online bisa memanfaatkan media sosial yang kita punya atau bergabung dengan e-commerce yang terpercaya. Jika ingin lebih professional bisa membuat website sendiri. Zaman sekarang super mudah untuk membuat website jualan bahkan dengan budget yang tidak besar karena bisa beli hosting murah dalam pembuatannya. Mulailah dengan yang ringan dulu, terpenting usaha bisa berjalan dengan baik.

5. Menggunakan Plugin Tertentu untuk Website Online

Dalam membuat website online sebaiknya memperhatikan plugin apa saja yang harus ada. Seperti yang akan berbisnis produk barang jadi. Jangan sampai lupa menggunakan plugin ongkos kirim karena akan lebih mudah saat memilih jasa pengiriman. Salah satunya plugin ongkos kirim woongkir yang sudah bekerjasama dengan 15 jasa logistik di Indonesia. Diantaranya adalah JNE, Pos Indonesia, TIKI, PCP, RPX, JET, SICEPAT, J&T, PANDU, WAHANA, PAHALA, SAP, SLIS dan EZPEDITO. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli. Dengan banyaknya pilihan akan membuat pembeli merasa tenang dan bisa memutuskan sendiri jasa mana yang akan dipilih.

6. Niat

Saat memulai bisnis kita harus memiliki niat yang kuat. Jangan hanya memikirkan keuntungannya saja. Ditakutkan kamu malah down karena tidak secepat kilat meraup hasil yang banyak. Perlu diingat segala sesuatu itu perlu proses. Pasti di mulai dari bawah dulu. Setiap badai yang menerpa harus dilalui.

Do It!

Demikianlah sedikit tips sukses jualan online buat kamu para traveler yang mau mencoba berbisnis juga. Jangan takut mencoba. Yakinlah kamu bisa! Barangkali dengan apa yang kamu mulai bisa membuka lowongan pekerjaan untuk kerabat atau teman dekat, bahkan orang lain di luar sana yang sedang membutuhkan.

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(30) Komentar

  1. wah ini artikel saya bgt nih mb. hehe~ kbtulan sy jg open jastip buat item dr Jepang :#. artikelny sgt mmbntu, terutama ttg pmbuatan website dan aplikasi plugin ny. terima kasih informasiny mb^^

    1. Sama-sama mba. Smeoga bermanfaat.

  2. Nah, boleh juga nih tipsnya Mbak. Sambil travelling bisnis juga bisa jalan. Apalagi kalau jalan2nya ke luar negeri ya mbak. Pasti banyak juga yang tertarik belanja produk dari LN tapi karena prosesnya ribet so bagus banget jika traveler mengambil kesempatan untuk buka usaha seperti ini.

    1. Betul mba, bisa dicoba loh traveling sambil usaha.

  3. Bagus banget artikelnya. Cocok juga buat saya yang suka traveling. Trims sharing ya, Mbak

    1. Sama-sama mba. Boleh lah buka usaha juga dari hobinya mba. hehe

  4. Dewiana menulis:

    Wih mantap tipsnya, iya juga ya daripada beli sendiri tapi nunggu kapan bisa ke luar negeri, mending pakai jastip

    1. Iyah mba. Kalau sekiranya tidak bisa beli langsung, jastip saja.

  5. Wah nice banget informasinya mba… Bisa menambah wawasan saya kalau mau nyari barang-barang traveling harus bagaimana ☺. Terima kasih mba

    1. Sama-sama mba.

  6. Artikel yang bagus, yang paling penting niat dan pantang menyerah hehehe

    1. Betul karena akhirnya kembali ke niat. Hehe

  7. jenis usaha yang susah susah gampang hehe, bisa cocok bisa enggak. kadang bisa laris juga bisa enggak, hmm galau sih di jenis usaha ini. tapi saya selama ini lebih mudah dibagian jasa dibanding produk yang bisa dipegang, hoho. makasih mba sharingnya.

    1. Sama-sama, mba. Setiap usaha menurutku selalu ada resikonya. πŸ˜€

  8. Ihhh ini jadi ingat aku dlu pernah beberapa kali buka jastip mutiara & suvenir khas Lombok pas ke pulau itu. Larisnya luar byasak.
    Sebenarnya bukan aku yg buka jasa, tp temanΒ² di Jakart & Jogja sendiri yg nitip πŸ™‚

    1. Tanpa kita open jastip pun pada datang sendiri ya mba.

  9. Sepupu saya nih, kecil2 udah otak bisnis. Dia kan suka hiking, dia udah paham target pasarnya jadi jualannya laris manis. Terus kalau lagi traveling ke luar kota, dia buka jasa titip kuliner setempat. Keren kan

    1. Wah, bagus inih mba.

  10. Wah senangnya yang bisa travelling terus bisa jadi penghasilan. Keren banget…

    1. Iyah mba, betul sekali.

  11. menulis:

    Hmm aku baru tahu soal peratutan menteri keuangan No. 112/PMK.04/2018. Makasi Mbak!

    Pengen juga nih punya usaha dari travelling! Niat udah ada, hihihi

    1. Iyah mba ini z aku sempat stres gara-gara peraturan ini. Hehe

  12. Wah, keren sekali idenya, Mbak. Cocok banget buat yang suka traveling. Saya pribadi jarang banget traveling..huhu…

    1. Sama mba belum ada waktu untuk traveling, blognya saja yang suka jalan-jalan. Tsah.

  13. Artikel yang bermanfaat mbak bisa digunain nanti kalau udah jadi traveler kalau sekarang soalnya lagi jadi Ibu rumah tangga hehehe

    1. Hehe… sekalian ngerangkap mba.

  14. Kalau sekarang bawa2 barang dari luar negeri dalam jumlah banyak, aman dari kuota pajak nggak ya mbak? Secara kan sdh ada aturannya di atas.

    1. yang penting tidak melebih quota mba.

  15. menulis:

    jalan-jalannya dapat, bisnisnya juga dapat nih ya Mbak. Klo barangnya laku jadi ada alasan dong ya buat bisa cepat jalan keluar lagi, uhuuiii.
    Thanks tipsnya ya Mbak πŸ˜‰

    1. Iyah mba, kalau laku jadi tambah seru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.