cara membedakan madu asli dan campuran
Tips

8 Cara Membedakan Madu Asli atau Campuran. Terbukti!

Pernahkah kamu merasa kesal saat membeli madu yang dikira asli ternyata campuran? Jangan khawatir karena 8 cara membedakan madu asli atau campuran bisa kamu temukan setelah membaca ini. Sangat mudah karena bisa dipraktekan kapan saja.

Sebelum itu, kenalan dulu yuk dengan madu. Madu adalah sebuah cairan berwarna kuning yang dihasilkan oleh lebah/tawon dan jenis serangga lainnya. Cairan tersebut berawal dari nektar bunga yang dihisap lebah hingga akhirnya terjadi fermentasi setelah nektar dihaluskan dan ditempatkan pada sel. Sedangkan rasa manis madu disebabkan karena adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.

Kandungan madu didominasi oleh gula sehingga untuk vitamin dan mineralnya dalam jumlah sedikit. Walau sedikit madu menagndung antioksidan, vitamin c, katalase, dan senyawa lainnya yang menyesuaikan juga terhadap nektar dari jenis bunga yang diserapnya. Dengan kandungan tersebut madu memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan seperti digunakan untuk pengobatan penyakit diabetes, obat sakit tenggorokan, batuk, menghilangkan bau badan dan lainnya.

Menilik dari atas mengkonsumsi madu sangat menguntungkan. Mendapatkan madu juga mudah karena di jual bebas dipasaran. Namun madu yang asli masih jarang ditemui, padahal yang nikmat tentunya yang asli. Oleh sebab itu sebelum membeli madu sebaiknya cek keasliannya.

Baca Juga : 12 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

8 Cara Mudah Membedakan Madu Asli atau Campuran

Berikut adalah cara mudah untuk membedakan madu asli yang super mudah.

  1. Cek Label Kemasan
    Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengkonfirmasi labelnya apakah tercantum asli atau tidak. Walau tidak menjamin 100%, setidaknya ada sedikit gambaran keasliannya.
  2. Teteskan ke Kain
    jika madu terserap dan nodanya hilang setelah dicuci sudah dipastikan madunya halus.
  3. Panaskan dengan Sendok
    Ambil sendok dan tuangkan madu. Panaskan sendok di atas lilin atau api. Jika yang dipanaskan mengeluarka banyak busa tandanya madu tersebut asli.
  4. Oleskan ke Roti
    Yang suka sarapan roti dengan madu pernah memerhatikan rotinya? Btw, jika rotinya menjadi keras itu tandanya asli karena jika lembek berarti ada bahan lain yang dicampur ke madu tersebut.
  5. Tes dengan Korek Api
    Teteskan madu pada pentungan korek api dan nyalakan. Jika api menyala pertanda jika madunya asli. jika tidak ya, otomatis ada kandungan lain yang sengaja dicampur.
  6. Masukan Ke Dalam Air
    Madu asli jika di air tidak akan tenggelam.
  7. Masukan ke Freezer
    Madu asli tidak akan membeku saat disimpan di lemari pendingin.
  8. Teteskan ke Kertas
    Media kertas dapat menjadi salah satu cara untuk membuktikan keaslian madu. Cukup dengan meneteskannya. Apabila madu menembus kertas tandanya madu tersebut palsu.

Mudah bukan mengecek keaslian madu. Coba saja buktikan di rumah!

Sumber :
id.wikipedia.org | doktersehat.com | resepkoki.id | hypermart.co.id

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.