manfaat gula aren bagi kesehatan
Indonesia Food

12 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

Jika kamu suka mengkonsumsi gula aren tidak akan merugi loh, karena manfaat Gula Aren sangatlah bagus bagi kesehatan. Ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan dan minuman saja.

Gula merah satu ini diproses dengan sistem penyadapan untuk menghasilkan air nira dari pohon aren. Kalau di kampungku pohon aren disebut kawung. Pohon Aren memang bisa dimanfaatkan hingga ke daunnya. Karena batang dari daun bisa digunakan untuk pembuatan sapu lidi.

Siapa sangka dalam gula aren terdapat kandungan baik seperti zat besi, antioksidan, Vitamin C, Vitamin B, dan lainnya. Wajar saja dengan kandungan tersebut memiliki segudang manfaat yang menyehatkan. Semakin tidak khawatir kan, konsumsi gula aren?

Baca Juga : Manfaat Yogurt Heavenly Blush untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Agar tambah yakin berikut 12 manfaat gula aren bagi tubuh.

1. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam gula aren akan mencegah timbulnya anemia. Sehingga banyak yang menyarankan jika hiking atau naik gunung bawa air gula atau konsumi langsung.

2. Mencegah Penyakit Kanker
Penyakit mematikan satu ini memang telah merenggut ribuan nyawa. Entah karena pola makan yang tidak sehat atau karena lingkungan yang kotor. Oleh karena itu konsumsi gula aren yang mengandung vitamin C tinggi akan membuat kita terhindar dari penyakit kanker.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Gula aren dapat meningkatkan jumlah hb dalam darah sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi kuat.

4. Menjaga Sistem Pencernaan
Jika kamu memiliki masalah sistem pencernaan bisa konsumsi gula aren ini. Terutama saat susah buang ari kecil karena gula aren mengandung serat makanan yang akan menjaga sistem pencernaan tetap berfungsi normal.

5. Cocok untuk Program Diet
Jika kamu sedang menurunkan berat badan bisa konsumsi gula aren secara teratur. Kandungan potasium di gula aren mampu meningkatkan metabolisme, mengeluarkan racun dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

6. Mengobati Sariawan
Lagi sariawan? Silahkan konsumsi gula aren yang ternyata salah satu obat sariawan yang ampuh.

7. Menjaga Kolestrol Normal
Kelebihan kolestrol akan berakibat fatal bagi jantung. Kandungan Vitamin B atau niasin dalam gula merah ini mampu menjaga keseimbangan kolestrol agar terbebas dari penyakit jantung.

8. Obat Nyeri Haid
Haid adalah masa yang penuh menguras emosi. Terutama saat nyeri datang menyiksa. Saat itu tiba bisa konsumsi gula aren yang mampu mengobati nyeri dan kram.

9. Sebagai Antioksidan
Kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

10. Melancarkan fungsi sistem saraf
Gula aren sangat bagus untuk melancarkan fungsi sistem saraf.

11. Meringankan Nyeri Sendi
Saat nyeri sendi bisa mengkonsumsi gula aren dengan jahe untuk meringankan.

12. Terhindar dari Asma dan Bronkitis
Penyakit asma dan bronkitis harus diwaspadai karena akan berakibat buruk bagi kesehatan oleh karena itu agar terhindar dari penyakit tersebut lebih mencegah daripada mengobati dengan makan/minum gula aren.

___________________

Sumber:

doktersehat.com

jogja.tribunnews.com

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.