Perawatan Ruam Popok: Tips Cerdas Memilih dan Menggunakan Salep Ruam Popok

Tomoyo Rin

tips perawatan ruam popok

Ruam popok menjadi sebuah ancaman buat bayi yang setiap harinya rutin memakai popok. Walaupun memang dapat sembuh dengan sendirinya dan relatif tidak berbahaya, namun ruam akan menyebabkan ketidaknyamanan pada buah hati.

Sensasi panas, gatal dan juga perih sering muncul terutama saat berganti popok, jadi jangan dibiarkan ya, Ma. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala dan keluhan ruam popok pada bayi adalah dengan mengoleskan salep ruam popok terbaik.

Mengingat salep ruam adalah obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep di pasaran, orang tua musti lebih jeli agar mendapatkan produk yang aman digunakan pada bayi setiap hari. Jangan sampai salep ruam yang seharusnya untuk mengobati iritasi justru membuatnya makin menjadi.

Nah, berikut ini adalah tips cerdas memilih salep ruam dan cara penggunaannya yang benar.

Contents

Memilih Salep Ruam Popok

Salep ruam popok umumnya bukan obat keras sehingga tidak perlu resep dokter untuk membelinya. Itu artinya, salep ini dijual bebas dengan berbagai merek dan juga kandungan yang diklaim mampu membantu meredakan iritasi kulit pada bayi akibat penggunaan popok.

Sayangnya, banyaknya pilihan yang tersedia justru membuat orang tua bingung harus memilih yang mana karena semua produk pasti menekankan kelebihannya. Agar tidak salah pilih, berikut adalah beberapa hal yang bisa dipertimbangkan ketika membeli salep ruam.

tips memilih salep ruam popok

1. Pilih Salep Dengan Bahan Alami

Poin pertama yang wajib diperhatikan ketika memilih salep ruam untuk buah hati adalah yang menggunakan bahan alami. Alasannya, bahan alami biasanya minim atau bahkan tidak memberikan efek samping sama sekali walaupun digunakan secara rutin.

Mengingat pengobatan dan pencegahan ruam popok dilakukan setiap hari maka memilih produk dengan bahan alami seperti lanolin dan pro vitamin B5 dianjurkan. Sebagai informasi, lanolin memiliki fungsi untuk menjaga kelembutan alami kulit buah hati.

Saat iritasi kulit terjadi, biasanya area yang mengalami peradangan akan kehilangan kelembabannya sehingga lebih kering dan kasar dibandingkan dengan bagian lain. Di sinilah lanolin dibutuhkan supaya kekeringan pada kulit tidak semakin parah

Sedangkan pro vitamin B5 memiliki manfaat yang lebih beragam dan dibutuhkan oleh si Kecil yang sedang mengalami ruam popok. Dekspanthenol atau pro vitamin B5 dikenal memiliki efek humektan atau mampu menyerap air ke dalam sel kulit dan menguncinya sehingga kelembaban kulit senantiasa terjaga.

2. Pastikan Memilih Salep Yang Aman Digunakan

Poin kedua adalah orang tua sebaiknya memilih salep yang aman digunakan untuk buah hati yang masih bayi dimana kulitnya masih sangat peka dan rentan. Keamanan produk ini bisa dilihat dari formulasinya yang seharusnya lembut dengan tekstur yang juga gampang diserap oleh kulit sehingga manfaatnya dalam menjaga kesehatan kulit bayi segera terlihat.

Selain formulasi dan tekstur, salep ruam yang aman juga seharusnya tidak terlalu banyak menggunakan bahan kimia termasuk alkohol dan turunannya. Pasalnya, bahan ini dapat membuat kulit bayi kehilangan kelembabannya. Kulit yang kering akan semakin memperparah ruam popok yang terjadi.

3. Pilih Salep Dari Merek Terpercaya

Ternama belum tentu terpercaya. Tapi, salep ruam terpercaya biasanya sudah ada dan bertahan hingga puluhan tahun karena banyak konsumen cocok menggunakannya. Kepercayaan konsumen inilah yang membangun reputasi merek salep ruam popok bayi.

Meskipun setiap tahunnya selalu ada produk salep ruam terbaru dengan kandungan ini dan itu yang digembar-gemborkan, jangan langsung percaya karena belum tentu si Kecil cocok menggunakannya.

Apalagi ini adalah produk untuk merawat kesehatan kulit bayi yang sedang iritasi, jadi jangan sampai memilih hanya berdasarkan coba-coba. Pilihlah salep ruam popok dari merek terpercaya yang sudah teruji mutu dan keamanannya supaya lebih tenang ketika mengaplikasikannya pada kulit buah hati.

Baca Juga: Virus Flu Singapura

Tips Mengaplikasikan Salep Ruam Pada Bayi

cara aplikasi salep ruam yang tepat

Sekarang Mama sudah tahu kan, apa saja pertimbangan yang bisa diambil saat memilih salep ruam untuk buah hati? Setelah mendapatkan produk yang tepat jangan lupa untuk mengaplikasikannya dengan benar.

Pasalnya, terlepas dari sebagus apapun salep yang digunakan, jika penggunaannya salah maka ruam bukannya sembuh malah semakin menjadi. Berikut ini adalah tips menggunakan salep ruam pada kulit bayi:

Gunakan Tiap Habis Mandi Atau Ganti Popok

Cara tepat menggunakan salep ruam popok yaitu setelah mandi atau ganti popok. Yang mana bertujuan untuk meredakam ruam yang muncul. Selain itu, penggunaan rutin juga bisa dilakukan walau gejala ruam belum muncul agar terhindar dari iritasi.

Oleskan salep tipis saja pada bagian pantat, pangkal paha dan sekitar kelamin, lalu diamkan hingga salep meresap. Selanjutnya, baru pakaikan popok. Jangan langsung kenakan popok sebelum salep benar-benar menyerap. Hal ini agar kulit bayi mendapatkan sirkulasi udara dengan maksimal dan kelembapan tetap terjaga.

Pastikan Kulit Bayi Kering Sempurna Sebelum Mengoleskan Salep

Perlu dicatat bahwa mengoleskan salep ruam popok saat kondisi kulit bayi telah dibersihkan dan dalam kondisi kering. Fungsi dari salep ruam sendiri tidak sekedar untuk meredakan iritasi, tetapi sebagai pelindung kulit agar tidak bergesekan dengan permukaan popok.

Apabila diaplikasikan pada kulit yang masih basah sehabis mandi misalnya, lapisan salep akan menahan kelembaban di permukaan kulit sehingga tidak bisa menguap sempurna. Akibatnya, kulit bayi rentan mengalami iritasi karena kondisi lembab terperangkap dalam popok.

Kelembaban yang terjebak tersebut akan menciptakan kondisi hangat dalam popok yang sangat disukai jamur candida untuk hidup dan berkembang biak. Itulah mengapa penting untuk menyiapkan kondisi si Kecil dengan benar sebelum mengoleskan salep ruam popok.

Pastikan untuk menggunakan salep dengan bahan alami yang aman seperti Bepanthen yang mengandung lanolin dan pro vitamin B5. Dengan penggunaan teratur, ruam popok akan berangsur mereda dan si Kecil jadi lebih ceria!

Sumber:
https://www.webmd.com/parenting/diaper-rash-treatment
https://www.healthline.com/health/childrens-health/best-diaper-rash-creams

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.