Rekomendasi! 3 Jenis Olahraga Saat Pandemi Covid-19

rekomendasi tiga jenis olahraga saat pandemi

Saat pandemi Covid-19 ini kita dituntut untuk menjalankan pola hidup sehat dan melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Hal ini sebagai salah satu cara dalam melindungi diri dari tertularnya novel corona virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina.

Ya, sudah setahun berlalu. Akan tetapi virus yang penyebarannya masif ini masih betah berkeliaran di bumi. Bahkan akhir-akhir ini ditemukan varian baru dari virus Corona yaitu Variant Under Investigation (VUI) yang penularannya lebih cepat dengan resiko kematian lebih tinggi.

VUI ini pertama kali muncul di Inggris pada bulan Desember 2020 dan ditemukan juga di Irlandia, Perancis, Belanda, Denmark, dan Australia. Virus corona dengan varian baru tentunya meresahkan karena terdapat kasus juga di negara tetangga seperti Singapura. Sehingga mau tidak mau kita tidak boleh abai dengan virus corona. Ingat jaga pola makan yang sehat dan rutin olahraga.

Manfaat Olahraga

Ada sebuah semboyan yang menyebutkan “Mens sana in corpore sano”. Teman-teman juga pasti sering mendengar atau mengatakannya. Semboyan atau pepatah tersebut merupakan karya sastra dari pujangga Romawi bernama Decimus Lunius Juvenalis pada abad kedua mahesi. Di mana memiliki arti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Seiring berjalannya waktu, dari sebuah karya sastra menjadi semboyan dunia olahraga. Di sekolah SMA-ku, terpampang jelas semboyan tersebut pada dinding tembok ruang TU yang dekat bersebelahan dengan lapangan basket. Seolah mengingatkan bahwa olahraga itu penting agar tubuh kita sehat dan jiwa kita menjadi kuat.

Bisa dikatakan olahraga dengan kesehatan lahir dan batin itu saling berkaitan. Misalnya saat suasana hati tidak karuan karena stres, maka kesehatan organ tubuh akan terganggu. Terutama untuk penderita penyakit-penyakit tertentu seperti jantung, stres akan berakibat fatal bagi tubuh. Dengan begitu olahraga sangatlah penting dengan berbagai macam manfaatnya.

manfaat olahraga saat pandemi

Ada pun manfaat olahraga saat pandemi, yaitu:

Kesehatan Mental

Ada yang sedang stres atau merasa depresi? Yuk, olahraga. Dengan adanya aktivitas fisik dapat merangsang hormon serotonin dalam otak. Hormon serotonin sendiri berfungsi sebagai pengantar sinyal antar jaringan atau neurotransmiter. Sehingga jika memiliki kecemasan atau stres bisa jadi karena kurangnya hormon serotonin ini. Salah satu solusi yang dapat kita lakukan adalah dengan berolahraga. Hal ini juga diungkapkan pada sebuah penelitian pada tahun 2008 dalam Anxiety, Stress and Coping: An International Journal yang membuktikan bahwa olahraga dapat membuat seseorang pulih dari gangguan mental.

Kebugaran Tubuh

Kekuatan dan kebuguran fisik tubuh sangat penting karena dapat memperkuat otot. Tidak heran jika olahraga rutin dapat juga menghilangkan lesu dan mampu menjaga berat badan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Olahraga rutin akan menciptakan imun tubuh yang kuat karena aliran darah akan berjalan dengan lancar sehingga akan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Seperti penyakit tidak menular yaitu jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Serta mampu menurunkan kolestrol jahat (LDL) dan meningkatkan kolestrol baik (HDL).

Meningkatkan Kinerja Otak

Olahraga tidak hanya berperan dalam menjaga kesehatan dan kebuguran tubuh. Tetapi bermanfaat juga dalam meningkatkan kinerja otak. Hal ini karena ketika olahraga jantung memompa lebih banyak darah yang mengandung oksigen ke otak. Juga memperlancar suatu zat aktif dalam merangsang pertumbuhan sel otak.

Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik dapat dengan berolahraga secara rutin baik pagi maupun sore hari. Penyebabnya adalah suhu tubuh yang naik saat berolahraga akan memicu rasa ngantuk jika kembali ke keadaan suhu normal. Coba deh ingat-ingat lagi, pernah mengalaminya?

Aktivitas Olahraga Saat Pandemi

Setelah mengetahui manfaat olahraga di atas, penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Khususnya di tengah pandemi Covid-19. Walau kegiatan di luar rumah terbatas. Kita dapat memilih olahraga di dalam rumah atau di sekitaran komplek.

WHO pun menyarankan agar melakukan olahraga dari gerakan ringan terlebih dahulu, sebelum meningkatkan frekuensi. Olahraga dapat di lakukan selama satu jam setiap harinya.

Apa pun jenis olahraganya jika dilakukan dengan rutin dan benar pasti akan memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Berikut ini tiga jenis olahraga saat pandemi ini bisa menjadi pilihan teman-teman.

Rekomendasi Olahraga Saat Pandemi Covid-19

gowes olahraga saat pandemi

Jogging

Jogging atau lari santai adalah olahraga yang dapat kita lakukan. Terlebih olahraga satu ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak harus lapangan stadion yang besar, tetapi bisa untuk sekedar berkeliling lingkungan perumahan. Pagi atau sore hari bisa menjadi pilihan untuk berlari santai.

Bersepeda

Hadirnya Covid-19 memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan sepeda karena banyak orang berbondong-bondong membeli sepeda untuk kegiatan bersepeda. Baik bersama keluarga, teman maupun komunitas. Bersepeda memang bisa menjadi pilihan olahraga dan kegiatan positif di masa pandemi Covid-19. Seperti dalam ulasan Mas Arif tentang Gowes di Masa Pandemi.

Senam

Jika sebelumnya aku rekomendasikan olahraga outdoor, poin ketiga ini olahraga yang bisa dilakukan secara indoor. Senam. Ya, olahraga yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian ini bisa dilakukan di dalam rumah. Teman-teman bisa memilih yoga atau senam lainnya. Tergantung kebutuhan untuk relaksasi atau rekreasi.

Tips Olahraga Saat Pandemi

Kegiatan aktivitas fisik dengan berolahraga memang penting dan tidak dilarang. Walau begitu karena situasi saat ini yang mengharuskan kita untuk tetap waspada terhadap penularan virus corona. Maka penting sekali untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan memerhatikan hal lainnya, seperti berikut ini.

Melakukan 3 M

Aku masih percaya bahwa hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan mengenakkan masker saat berpergian, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan.

Hindari Olahraga yang Melibatkan Banyak Orang

Semenjak adaptasi kebiasan baru, banyak orang yang mulai melakukan kegiatan olahraga di luar rumah. Aku sendiri saat weekend selalu dimanfaatkan jalan santai atau jogging di komplek rumah. Walau kegiatan di luar rumah dapat dilakukan, namun sebisa mungkin hindari olahraga yang melibatkan banyak orang. Contohnya : Senam Zumba. Suatu hari aku pernah mendatangi tempat makan dan kaget karena di sana ada acara senam zumba. Di mana ibu-ibu sudah ramai berkumpul, akhirnya aku memutuskan hengkang dan memilih tempat makan yang tidak ramai.

Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Jika hendak melakukan olahraga di luar rumah seperti jogging atau bersepeda pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Hal ini sebagai antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Sering sekali mendengar orang meninggal saat bersepeda karena kelelahan. Olahragalah sewajarnya saja. Selain itu, virus corona juga muda menyerang orang dengan kondisi kesehatan yang tidak fit. Walau sudah melakukan protokol kesehatan, jangan menyepelekan virus corona.

Demikian informasi akan pentingnya olahraga saat pandemi beserta manfaat dan tips yang harus kita perhatikan. Jangan bosan untuk selalu menjalankan pola hidup sehat ada atau tidak adanya pandemi Covid-19.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.