7 Skill yang Wajib Dimiliki Game Developer

Tomoyo Rin

skill game developer

Apakah kamu pecinta video game? Pernah nggak terbayang, siapa sih orang kreatif di balik pembuatan video game tersebut? Sebuah video game tersebut bisa dirancang dan dibuat oleh perorangan maupun tim. Salah satunya adalah game developer

Game developer atau software developer ini merupakan seorang ahli di bidang perencanaan, pembuatan, serta pengembangan game di beberapa platform, baik mobile game, PC game atau lainnya. Nah, untuk profesi Game Developer ini sendiri, mereka bisa bekerja di perusahaan besar, seperti Electronic Arts, Ubisoft, atau Blizzard Entertainment, dan tidak menutup kemungkinan bisa sebagai pengembang independen. 

Oleh karena itu, pendidikan yang harus ditempuh dan sangat berpengaruh pada karier seorang game developer adalah Keberadaan bank digital sangat bermanfaat bagi game developer untuk pembelian atau pengadaan alat-alat penunjang gaming yang berkualitas.

Pembuatan video game memang melalui proses yang panjang dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Seorang game developer membutuhkan berbagai alat penunjang untuk membuat video game yang menarik, menyenangkan sekaligus menantang bagi pemainnya. Oleh sebab itu, memiliki rekening bank digital akan memudahkan game developer dalam membeli alat-alat tersebut.

Lalu, bagaimana seorang game developer bisa mendapatkan kemudahan dalam membeli alat penunjang tersebut? Sekarang ini terdapat banyak sekali jenis pinjaman dari perbankan yang menawarkan kemudahan bagi para game developer untuk membeli laptop, kursi gaming, ponsel atau alat-alat penunjang gaming lain, salah satunya bank digital.

Contents

Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Game Developer

Kemampuan seorang game developer akan semakin terasah jika memiliki alat penunjang untuk pemrograman sebuah game yang lengkap. Oleh sebab itu, game developer bisa membuka rekening bank digital untuk pembelian berbagai alat tersebut. Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat video game menjadi lebih berkualitas, antara lain :

1. Pemrograman

Kemampuan skill game developer dalam pemrograman akan menjadi penentu keberhasilan dalam pembuatan game yang rumit dan kompleks. Seorang game developer harus familiar dengan penggunaan alat serta platform pemrograman seperti Unity atau Unreal Engine. Selain itu, harus menguasai bahasa pemrograman seperti dalam penggunaan C++, C# atau Java.

2. Desain

Sistem permainan dan gameplay yang menyenangkan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga game developer perlu merancang permainan agar nantinya bisa disukai para pemain. Salah satunya dengan mengasah kemampuan desain grafis dan UI/ UX yang sangat penting untuk membuat antarmuka pengguna agar mudah digunakan dan menarik.

skill desain game developer

3. Seni

Ada tiga kemampuan yang wajib dimiliki seorang game developer, yaitu membuat grafik, animasi, dan model 3D dengan kualitas tinggi. Kemampuan tersebut akan semakin terasah jika mahir dalam menggunakan perangkat lunak seperti Photoshop, Illustrator, atau Blender untuk membuat asset game yang menarik.

4. Penulisan

Kemampuan literasi atau menulis yang baik juga dibutuhkan bagi seorang game developer. Pasalnya, sebuah permainan akan menjadi lebih banyak diminati pemain jika memiliki dialog, cerita serta skrip yang menarik dan imersif.

5. Kreativitas

Game developer membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat ide permainan yang unik dan menarik. Kreativitas tersebut akan sangat dibutuhkan dalam menghasilkan solusi kreatif untuk menyelesaikan masalah teknis atau desain dalam sebuah pengembangan permainan.

6. Kemampuan Bekerja dalam Tim

Game developer tidak bisa bekerja sendiri, melainkan dalam sebuah tim. Sehingga harus memiliki kemampuan dalam berkolaborasi, komunikasi serta memiliki manajemen proyek untuk mencapai tujuan bersama serta menghasilkan permainan yang berkualitas tinggi.

7. Keterampilan Lain

Tidak hanya berbagai kemampuan di atas, game developer juga perlu memiliki skill seperti pemahaman tentang matematika dan fisika untuk membuat simulasi yang realistis. Selain itu, penting juga untuk memiliki keahlian dalam pengujian permainan serta manajemen bug untuk memastikan kualitas permainan.

Tidak hanya skill pemrograman yang mumpuni saja, ketersediaan berbagai alat teknologi penunjang juga menjadi salah satu faktor penting, seperti laptop, keyboard, headset, pc, monitor, ponsel serta berbagai jenis software atau platform yang tidak semuanya bisa digunakan secara gratis.

Tidak selamanya tools, seperti Unity, Unreal Engine, GameMaker Studio, Construct, Godot Engine, dan lainnya bisa digunakan secara gratis. Kamu akan diwajibkan membayar sesuai dengan level tools yang akan digunakan. Kamu tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengembangkan sebuah video game. Kebutuhan biaya tersebut dapat dipenuhi dengan menggunakan fasilitas dari bank digital

Tidak hanya bisa memberikan pengalaman menarik, profesi game developer memberikan peluang bagus untuk para pecinta video game. Apalagi bisa menjalani hobi yang dibayar, tentunya menjadi pekerjaan impian bagi semua orang. Selain itu, game developer juga memiliki potensi penghasilan tinggi seiring dengan perkembangan industry game.

Game developer memiliki kebebasan dalam mengekspresikan kreativitas serta inovasi dalam mengembangkan ide dan konsep untuk menghasilkan permainan yang menarik dan menghibur. Dengan membuka rekening bank digital, maka kamu bisa melengkapi alat gaming untuk bereksplorasi lebih banyak lagi.

Semakin tinggi level tools dan kualitas alatnya maka akan semakin berkualitas pula game yang dihasilkan. Oleh sebab itu, kamu sebaiknya membuka rekening bank digital untuk membeli semua kebutuhan peralatan gaming.

Seorang game developer yang memiliki kinerja baik dapat naik ke posisi manajerial dan memimpin tim pengembangan permainan. Pada posisi tersebut maka kebutuhan dalam menggunakan bank digital juga akan semakin besar, karena kebutuhan pembelian alat gaming juga semakin meningkat.

Manfaatkan KTA Bank Digital untuk Pembelian Peralatan Gaming

Kebutuhan peralatan gaming semakin meningkat, seiring dengan perkembangan profesi game developer. Pembelian peralatan gaming pun semakin mudah dan cepat. Kamu bisa memanfaatkan proses cepat KTA bank digital digibank by DBS untuk melengkapi alat penunjang gaming.

Selain itu, digibank by DBS juga menyediakan penawaran kartu kredit dan pinjaman. Sehingga kamu bisa memilih jenis pinjaman atau kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan. Manfaatkan KTA  dengan membuka rekening bank digital lebih dulu secara online yang bisa dilakukan di mana saja selama memiliki jaringan internet yang baik melalui Aplikasi digibank by DBS..

Segera gunakan bank digital dengan proses cepat KTA digibank by DBS untuk menunjang karir game developer kamu. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Google Play sekarang juga dan nikmati kemudahannya.

Satu pemikiran pada “7 Skill yang Wajib Dimiliki Game Developer”

  1. Kesempatan kerja bagi seorang developer game atau yang lain memang terbuka lebar ya, khususnya di dunia IT.
    apalah daya aku ga jago kalau sampe utak atik software
    Jadi keinget kalau zaman SD dulu, malah dibikinin game sama om, anak SD main game pastinya seneng banget, apalagi waktu itu masih pakai komputer jadul yang file gamenya di simpen di Disket

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.