tips liburan seru ke kebun binatang ragunan
Uncategorized

Tips Liburan Seru Ke Kebun Binatang Ragunan, No. 7 Jangan Pernah Dilakukan!

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah wisata edukasi yang berada di Ragunan, Jakarta Selatan. Kebun Binatang ini awalnya berada di Cikini-Menteng, Jakarta Pusat dengan nama Planet En Derentuin didirikan pada tahun 1864. Peralihan nama menjadi Kebun Binatang Cikini pada tahun 1949. Lalu diahlikan lokasinya ke Ragunan pada tahun 1969 dengan nama yang sampai saat ini sudah tidak asing lagi, Kebun Binatang Ragunan.

Karena lokasinya memang luas banget, waktu kunjungan akhir pekan minggu lalu aku hanya dapat mengunjungi lokasi Gajah Sumatera, Rusa, Jerapah, Burung Cendrawasih, Kaka Tua, Harimau, Singa dan Monyet. Tadinya pengin explore semua, tetapi wisata ke kebun binatang ini memang tidak cukup sekali saja. Walau begitu tidak membuat bosan jika datang berkali-kali. Tempatnya cocok banget buat liburan keluarga yang sekaligus sebagai ajang edukasi tentang dunia hewan.

Oleh karena itu kalau mau liburan Ke Kebun Binatang Ragunan, sebaiknya perhatikan tips berikut ini:

1. Jangan sendiri

Kalau mau berlibur ke kebun binatang ragunan jangan pernah sendiri deh. Yang ada kamu bakalan seperti gajah di tengah lautan. Sebesar apa pun badan kamu, akan kalah dengan mereka yang datang bergerombol. Ke kebun binatang asyiknya memang rame-rame. Family gathering misalnya. Atau sama para mantan juga tidak ada yang larang – *Plak*. Sendiri juga tidak ada yang larang, tapi kok sedih amat yah. Jangan terlalu menonjolkan kamu jomblo, ya.

2. Harga tiket

Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan ini murah meriah. Makanya mendingan rame-rame saja. Oke. Teraktir orang sekampung juga gak bakalan bikin kamu miskin. Amin.

3. Bawa bekal

Ada beberapa tempat yang melarang kamu buat bawa makanan dari luar. Tapi di sini bebas. Kalau liburan kamupengin lebih irit mendingan bawa rantang makanan saja. Karena, yah tahu sendiri. Harga makan di tempat wisata lumayan sedikit mahal. Walau ada beberapa stan yang menawarkan beli banyak dengan harga murah, tapi tidak meriah banget.

Yang murah meriah itu ya, yang gratisan.

4. Bawa Tikar

kebun binatang ragunan makan bareng

Taman-taman di Ragunan bisa dijadikan tempat untuk bersantai menyantap makanan, oleh karena itu sebaiknya bawa tikar dari rumah. Memang ada yang jualan harganya lima ribu rupiah saja. Tapi, ukurannya gak bakalan muat kalau kamu ajak orang sekampung. Karena tikarnya hanya untuk kapasitas satu orang.

5. Pilih hari

Pengalamanku kemarin, pas weekend dan ramai banget. Lumayan macet menuju pintu masuk Kebun Binatang Ragunan. Kalau mau ke sini bisa pilih hari, weekdays.weekend. Terserah, pokonya. Tapi, kalau menurutku si mendingan weekend, namanya juga liburan.

6. Menjaga lingkungan

Yang namanya Kebun Binatang, penghuni utamanya para binatang dari yang langka sampai hampir punah. Oleh karena itu jangan pernah mengotori tempat yang bukan tempat tinggal kita. Karena bagaimanapun di sana itu kita hanya sekedar tamu. Selalu buang sampah pada tempatnya. Karena di sana sudah tersedia tong sampah. Boleh juga tuh buang kenangan mantan. Ea.

Menjaga lingkungan tidak hanya berlaku di Kebun Binatang saja, tapi di semua tempat yang dikunjungi.

7. Jangan memberi makan hewan sembarangan

Nah ini nih yang wajib diingat, dipahami, dimenegrti, jangan pernah memberi makan hewan sembarangan. Apalagi makannya yang biasa dikonsumsi manusia. Jangan! Karena akan membahayakan si hewan itu sendiri. Kamu saja kalau salah makan bisa sakit perut dan bahkan berpotensi menyebabkan kematian. itu juga berlaku untuk para hewan di sana.

Habitat mereka saat ini bukan habitat aslinya. Tempat terbatas. Kalau di hutan bebas, mereka akan bebas bergerak ke sana ke mari. Berkilo-kilo mili jauhnya. Nah, sekarang semuanya terbatas, loh. Masih tega membuat mereka tambah menderita?

Sesama makhluk ciptaan Tuhan, mari saling menjaga dan melindungi.
Di atas adalah tips kalau kamu mau liburan ke Kebun Binatang Ragunan. Kalau ada tips lainnya boleh share di kolom komentar. Yuk, berbagi pengalamannya!

____________________

Postingan ini diikutsertakan dalam One Day One Post Bersama Estrilook Community

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.