8 Cara Memulai Usaha Salon Rumahan Pasti Cuan

Tomoyo Rin

Updated on:

cara memulai usaha salon rumahan

Usaha salon rumahan cocok banget untuk kamu yang memiliki keterampilan dalam bidang perawatan rambut. Mulai dari potong rambut, creambath, smoothing, hair spa, cat rambut, dan masih banyak lagi.

Apalagi jika kamu memiliki passion atau keahlian lain di bidang perawatan wajah dan tubuh, bisa sekaligus membuka salon kecantikan tata rias, make-up atau body spa. Hal ini karena, peluang usaha salon cukup menjanjikan mendatangkan cuan.

Contents

Peluang Usaha Salon Kecantikan

Tidak dipungkiri bahwa salon kecantikan merupakan salah satu peluang usaha dengan potensi tinggi dalam mendatangkan cuan. Tentunya didukung dengan adanya beragam layanan berupa perawatan rambut, wajah, dan tubuh.

Didukung juga dengan tingginya permintaan konsumen untuk melakukan perawatan dalam menunjang penampilan. Tidak sekedar untuk menunjukkan penampilan secara visual, tetapi dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

Kecantikan juga berkaitan dengan kesehatan dan jati diri seseorang, sehingga banyak yang berkunjung ke salon untuk melakukan perawatan. Menariknya tidak hanya perempuan, kaum adam juga banyak yang melakukan berbagai perawatan.

Begitu pentingnya penampilan, menjadikan peluang usaha salon kecantikan cukup menjanjikan. Sehingga, untuk kelancaran usaha ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

peluang usaha salon kecantikan yang menjanjikan

1. Ketersediaan Layanan

Semakin banyak layanan yang kamu tawarkan, maka semakin besar juga salon dapat berkembang pesat. Dengan beragam layanan pun dapat menyasar lebih banyak pelanggan.

2. Kualitas Layanan

Penting untuk memperhatikan kualitas layanan. Pastikan pelanggan puas dengan layanan yang kamu berikan untuk mendapatkan poin plus sehingga menjadi pelanggan tetap.

Kualitas layanan juga salah satu strategi marketing agar pelanggan merekomendasikan ke orang lain. Jangan salah the power of informasi mulut ke mulut masih jitu dalam menarik pelanggan baru dan kamu tidak perlu mengeluarkan budget untuk promosi.

3. Spesialisasi Layanan

Jika kamu memiliki keahlian khusus dalam perawatan tertentu tidak ada salahnya fokus dengan spesialisasi layanan. Kamu dapat menonjolkan keahlian untuk menarik pelanggan. Misalnya membuka usaha salon spesialis rambut.

4. Tingkatkan Keahlian

Meningkatkan keahlian sangat penting untuk mengembangkan usaha. Kamu bisa mengikuti pelatihan atau jika memiliki karyawan berikan pelatihan untuk mengasah keahliannya menjadi lebih baik.

Baca Juga: Manfaat Madu untuk Kecantikan

Cara Memulai Usaha Salon Rumahan

tips membuka usaha salon rumahan sederhana

Memulai usaha salon kecantikan bisa dengan modal kecil. Kamu bisa mulai dari rumah dengan penyediaan alat sederhana terlebih dahulu. Jika dirasa pelanggan semakin banyak maka kamu bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Modal jangan menjadi alasan membuka usaha salon kecantikan gagal. Mulai saja dulu dengan yang bisa kamu lakukan saat ini dan terus kembangakan keahlian untuk pelayanan yang lebih baik.

Adapun tips membuka usaha salon rumahan, yaitu:

1. Buat Rencana Bisnis

Ketika kamu hendak memulai suatu usaha maka perlu melakukan perencanaan yang baik dan matang. Hal yang perlu kamu masukkan dalam perencanaan bisnis salon rumahan yaitu jenis layanan, menentukan harga, pengadaan barang dan alat, mencari pemasok barang, strategi pemasaran, hingga sumber daya yang dibutuhkan. 

2. Menentukan Biaya Operasional

Ketika sudah menentukan rencana usaha dengan detail, selanjutnya menentukan biaya operasional. Hitung dengan rinci berapa budget yang harus kamu siapkan.

Jika modal usaha salon kecantikan melebihi budget, bisa menabung kembali atau melakukan pinjaman. Akan tetapi, kamu bisa menghemat biaya operasional dengan membuat ulang rincian yang penting saja.

3. Cari Informasi Produk Perawatan

Cari sebanyak mungkin informasi produk yang biasa ada di salon kecantikan. Akan lebih baik menyediakan produk yang populer di kalangan pelanggan.

Namun kamu juga harus paham mengenai kandungan produk. Apakah ada efek samping atau tidak. Misalnya produk shampo atau creambath buat kamu yang buka usaha salon rambut maka pastikan menggunakan produk yang aman.

4. Paham Tren Kecantikan

Tren kecantikan selalu berkembang dan ada juga yang viral pada masanya. Sehingga, sebagai pemilik salon kamu harus paham tren apa saja yang tengah diminati.

Misalnya untuk cutting rambut sedang tren Korean Wave maka pastikan memahami gaya rambut tersebut. Dengan begitu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik.

5. Promo Soft-Launching

Untuk mengenalkan usaha salon rumahan akan lebih baik mengadakan promo soft-launching. Bisa berupa diskon perawatan dan lainnya sehingga pelanggan tertarik untuk berkunjung.

6. Promosi di Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi usaha salon kamu. Tujuannya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Tetapi, pastikan kamu membuat konten yang menarik untuk menarik pelanggan.

7. Inovasi dengan Teknologi Terbaru

Saat ini peralatan salon sudah semakin canggih. Selain memudahkan penggunanya, hasilnya pun lebih baik dibandingkan cara manual atau peralatan lama.

Gunakan peralatan untuk membuka usaha salon dengan teknologi terbaru dan lebih modern untuk memudahkan pekerjaan. Timbal baliknya pun membuat operasional salon lebih cepat, sehingga kamu bisa menangani banyak pelanggan dalam satu hari.

8. Menyediakan Alat Pembayaran Modern

Tidak hanya peralatan salon yang perlu kamu perhatikan, alat pembayaran juga penting. Saat ini banyak alat pembayaran modern yang lebih praktis dan bisa langsung mengelola keuangan dengan mudah.

Salah satu yang bisa kamu gunakan untuk memulai usaha salon rumahan yaitu aplikasi kasir iReap. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam mengelola bisnis, seperti pencatatan pasokan barang, transaksi masuk dan keluar, hingga laporan bisnis.

Baca Juga: Strategi Komunikasi Efektif dengan HORENSO

Kelola Stok Barang dan Keuangan dengan iReap POS

Konsep Salon Rumahan dengan iReap POS

Integrated Retail Application atau yang disingkat dengan iReap adalah sebuah aplikasi khusus dalam mengatur atau memonitor operasional toko. Dalam aplikasi terdapat fitur sistem kasir/Point of Sale dan sistem pengelolaan barang.

iReap hadir sebagai solusi untuk kamu yang saat ini mau memulai usaha kecil maupun menengah. Yang mana aplikasi kasir dapat membantu operasional toko menjadi lebih mudah.

Khususnya dengan menggunakan aplikasi iReap POS karena bisa diakses dengan mudah lewat smartphone. iReap sendiri terdapat dua jenis yaitu iREAP Lite dan Pro.

Jenis-Jenis iReap POS

Terdapat dua jenis layanan aplikasi POS, yaitu:

iReap POS Lite

aplikasi kasir iReap POS Lite

Aplikasi POS ini merupakan aplikasi gratis seumur hidup. Fitur pada aplikasi iReap Lite terdiri atas fitur master data untuk pengelolaan barang, fitur receive untuk penerimaan barang, fitur transaksi, penjualan, report, dan tersedia fitur migrasi ke iReap POS PRO.

iReap POS PRO

Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka bisa menggunakan iReap POS PRO. Salah satu keunggulannya yaitu bisa digunakan secara online dan offline dengan sistem penyimpanan data cloud dan local.

Dengan begitu ketika mengalami kendala di satu device bisa membukanya di device lain dengan mengunjungi pro.ireappos.com. Untuk device sendiri bisa dibuka melalui smartphone dan PC.

Sesuai namanya, untuk iReap Pro akan dikenakan tarif setelah 14 hari free trial. Walau begitu tidak perlu khawatir karena bisa berlangganan dengan biaya terjangkau sesuai devi yang kamu gunakan.

Biaya langganan tersedia untuk 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan dengan biaya terjangkau. Jadi, kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. 

Keunggulan iReap

Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan aplikasi Point of Sale iReap:

  • Desain aplikasi yang human friendly, mudah digunakan dan praktis.
  • Fitur layanan aplikasi lengkap dan biaya berlangganan terjangkau.
  • Scaleable, iReap Pro mendukung multi store yang terintegrasi antara satu toko dengan toko lainnya. 
  • Expandable, terintegrasi dengan berbagai aplikasi akuntansi. Seperti Zahir, Sap Business, dan lain-lain.
  • Flexible karena disesuaikan dengan kebutuhan usaha mikro kecil. 

Cara Menggunakan iReap

Untuk mendukung pengelolaan usaha salon rumahan agar terkelola dengan baik silahkan download aplikasi kasir iReap POS di Play Store. Kamu bisa unduh iReap Lite terlebih dahulu untuk mempelajari fitur-fiturnya. 

Cek gambar di bawah untuk rincian fiturnya. 

cara menggunakan layanan aplikasi iReap POS

Penutup

Memiliki keahlian dalam passion kecantikan maka tidak ada salahnya membuka usaha salon rumahan. Kamu bisa mulai dari langkah sederhana, namun tetap harus mampu mengikuti tren agar usaha dapat berkembang menjadi lebih besar dan pastinya mendatangkan cuan. 

27 pemikiran pada “8 Cara Memulai Usaha Salon Rumahan Pasti Cuan”

  1. aku kadang masih penasaran sama produk yang dipake salon-salon itu kok bisa enak gitu ya. dari wangi dan efeknya di rambut itu bagus. beberapa juga punya produk yang khas banget sampe bikin pengen balik lagi hiihi

    Balas
  2. Salon rumahan juga mampu kok bersaing dengan salon besar. Asalkan punya skill yang mumpuni, layanan yang lebih banyak dan servis yang memuaskan. Kayak di tempat saya juga ada tuh salon rumahan, rame terus, karena memang kualitasnya bagus !!

    Bener banget sih. Alat pembayaran modern jugaperlu dipertimbangkan untuk bisnis salon ini. Salah satunya adalah aplikasi kasir iReap.

    Balas
  3. aku pernah liat usaha laundry di daerah ku yang pakai aplikasi iReap POS ini. aku dulu sih belum ngeuh, tapi ternyata begitu ya cara kerjanya, hihi.. sepertinya cukup membantu untuk usaha rumahan ya

    Balas
  4. Bener Mbak, usaha salon meski di rumah sangat menjanjikan. Keuntungannya malah banyak, misak nggak usah sewa tempat. Terus jangan lupa, mengatur keuangannya pakai iReap, biar lebih teratur dan bisa dikontrol dengan mudah.

    Balas
  5. Usaha salon memang termasuk cukup menjanjikan ya mbak karena namanya perempuan pasti pengen merawat dirinya dan bisa sekalian me time juga pas di salon. Buka usaha salon pakai aplikasi iReap juga pastinya akan sangat membantu dalam usaha nantinya

    Balas
  6. Usaha salon rumahan prospeknya juga sangat bagus. Apalagi kebutuhan salon akan terus ada sepanjang waktu. Jadi kalau mempunyai keterampilan potong rambut, make up, juga seputar perawatan tubuh, sudha jadi modal utama itu. Tinggal dipersiapkan peralatan. Tempat bisa pakai ruang tamu atau garasi dulu.

    Balas
  7. Usaha salon rumahan bisa menjadi usaha yang menjanjikan, apalagi di Indonesia banyak kegiatan, misal di bulan Agustus. Orang-orang akan banyak ke salon atau mengantar anaknya ke salon untuk mbisa merias wajah di misal acara 17 Agustus, dls.

    Balas
  8. Usaha salon kecantikan ini meskipun banyak yang melakukan tapi tetap menjadi peluang bagus. Pasalnya, tiap salon kecantikan memiliki ciri khas perawatan tersendiri yang menarik tiap pelanggan untuk datang.

    Balas
  9. Wah manteeep, iya bener ini sekarang tuh salon bisa jadi salah satu usaha sampingan yang menjanjikan lho! Apalagi kalo tinggal di kota yang banyak mahasiswanya, wah udahlah, panennnnn!

    Balas
  10. Salon rumahan ini asiknya tuh menjangkau para kustomer minimal di komplek rumah ya. Dan bisa berkembang elok pastinya, terlebih catatan keuangannya pakai iReap Pos sehingga makin apik kelolanya

    Balas
  11. Skillnya nih yg hrs trs diasah. Bisnis salon jg hrs ikut tren loh. Kecuali pelanggannya emg monoton dgn gaya2 itu aja sih.

    Di sisi internal, pengelolaan keuangannya hrs rapi. Jgn hasil uang bisnis dipake buat kebutuhan sehari2. Mknya penting bgt tuh pake iReap Pos ini.

    Balas
  12. Teman teman saya waktu jadi TKW, pulang kampung mereka banyak yg usaha buka salon kecantikan.
    Nah tinggal sampaikan ke mereka untuk lebih memudahkan management usaha bis pakai aplikasi kasir iReap ya

    Balas
  13. Saya merasa iReap menjadi solusi inovatif dan efisien untuk bisnis skala kecil hingga menengah. Dengan dua jenis aplikasi (Lite dan Pro) yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, tampaknya iReap memahami keberagaman bisnis dan memberikan pilihan yang fleksibel. Terlebih lagi, fakta bahwa aplikasi ini dapat digunakan secara online dan offline sangat memudahkan operasional toko dalam berbagai kondisi.

    Balas
  14. Kalo ada salon rumaha kok jadi inget atun di si doel ya, wkwk.

    Enw, usaha salon rumahan ternyata bisa hasilin lumayan cuan ya, apalagi kalo segala transaksinya pake aplikasi iReap POS, segala bentuk laporan keuangan sih bakal rapih ya.

    Balas
  15. Bisnis salon sangat menjanjikan apalagi di jaman sekarang wanita sangat peduli dengan penampilan, mulai dari rambut sampai kuku.

    Bisnis yang di jalankan taklupa harus didukung dengan managament yang bagus terutama keluar masuknya uang harus jelas, so IReap POS sangat membantu sekali.

    Balas
  16. Menjalankan sebuah usaha walau ukuran bisnisnya nggak terlalu besar alias skala rumahan semisal salon gitu ya tetap butuh pencatatan keuangan yang baik. Bisa dipahami kalau nggak semua orang ahli. Senang ya sekarang hadir iReap untuk memudahkan jadi bisnis tetap bisa berjalan walau tenaga kerjanya mungkin masih sedikit sekali, soalnya pemilik usaha bisa mengurusi urusan pencatatannya sendiri.

    Balas
  17. Usaha salon raumahan memang lagi naik daun ya mbak
    Mungkin karena emang menjanjikan Apalagi jika menggunakan aplikasi kasir iReap ini
    Transaksi Keuangan jadi mudah

    Balas
  18. adik iparku hampir aja mau buka salon sendiri, karena emang suka banget dengan semua yang berbau kecantikan. bahkan udah ambil kursus. tapi sayang, dia keburu kuliah lagi di LN dan stay disana, hehe. tapi kalo bicara soal IReap, aku pakai nih buat olshop ku dan IReap bantu banget sih usahaku terutama mengelola keuangan dan reportnya.

    Balas
  19. Klo punya keterampilan dalam hal perawatan rambut dan make-up (termasuk perawatan wajah), buka usaha salon di rumahan lumayan menjanjikan pemasukan ya. Tinggal bagaimana kita aja mengelola keuangannya. Untungnya sekarang ada aplikasi kasir salon seperti iReap POS ini yang memudahkan pencatatan keuangan. Harusnya sih bisa jadi lebih gampang juga mengembangkan bisnis

    Balas
  20. Dengan memahami yang sedang tren sekarang dan tekniknya juga bisa bikin pelanggan nyaman, pastinya bisnis salon rumahan malah semakin disukai. Karena sekarang kuncinya tuh di media sosial yaa.. Dan kemudahan alat pembayaran menggunakan aplikasi iReap POS, juga menjadi salah satu alasan kemudahan dalam bertransaksi ketika selesai perawatan.

    Balas
  21. Setuju kak, kalau mau bikin usaha salon emang perlu paham tren kecantikan supaya bisa memenuhi semua keinginan model rambut yang diinginkan konsumen. Waaah kalau ditunjang sama mesin kasir kayak iReap POS pasti usaha salonnya makin kece dalam memproses transaksinya

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.