Manfaat Madu Untuk Kecantikan Dengan Produk Komoditas Lokal

manfaat madu untuk kecantikan

Madu selain dapat dikonsumsi memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Cantik alami dari luar dengan menggunakan produk komoditas lokal yang berasal dari alam.

Ya, madu adalah cairan yang dihasilkan oleh lebah secara alamiah dari nektar bunga. Madu memiliki rasa manis dan unik tergantung sari bunganya.

Secara umum manfaat madu banyak masyarakat gunakan sebagai pemanis tambahan pada makanan dan sebagai obat. Akan tetapi, tidak sedikit juga yang memanfaatkan madu sebagai bahan kecantikan.

Manfaat Madu untuk Kecantukan

1. Melembabkan Bibir Kering

Mengatasi masalah bibir kering dapat menggunakan madu. Madu memiliki manfaat sebagai pelembab alami karena mengandung antimikroba, sehingga kelembapan bibir akan terjaga dengan madu.

2. Manfaat Madu untuk Mengatasi Jerawat

Mengatasi jerawat dapat menggunakan bahan alami yang terkandung dalam madu. Madu menagndung antiseptik dan antibakterial. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu untuk menggunakan produk komoditas lokal satu ini karena manfaat madu bagus untuk masalah wajah akibat jerawat.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat madu untuk kecantikan wajah satu ini adalah mampu mengangkat sel kulit mati. Kandungan enzim dalam madu dapat mengangkat sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat. Saat sel kulit mati terangkat otomatis kulit wajah menjadi cerah.

4. Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Penggunaan madu bisa untuk menghilangkan bekas luka bakar. Manfaat madu juga dapat kita gunakan dalam menyembuhkan luka yang timbul karena penyakit gula dan setelah operasi.

5. Manfaat Madu sebagai Menunda Penuaan Dini

Antioksidan dalam madu mampu memperlambat penuaan dini seperti keriput, kerutan dan garis halus. Serta, mampu mencegah kerusakan kulit wajah dari paparan lingkungan yang berbahaya.

Baca Juga: 8 Cara Membedakan Madu Asli atau Campuran

Cantik Alami dengan Produk Komoditas Lokal

cantik alami manfaat madu

Selain madu, mempercantik dan merawat diri agar cantik dari luar secara alami dapat menggunakan produk komoditas lokal lainnya. Seperti, kopi, teh dan sawit.

Apa itu Produk Komoditas Lokal?

Produk komoditas lokal adalah produk hasil produksi masyarakat lokal yang biasanya memanfaatkan hasil hutan bukan kayu. Atau bisa juga hasil dari perkebunan dan pertanian.

Salah satunya adalah madu yang memiliki manfaat baik untuk kecantikan wajah. Tidak sedikit petani lebah membudidayakan serangga dari famili Apoidae ini. Lebah hasil budidaya mampu menghasilkan madu yang berkualitas dan terjaga kealamiannya.

Seperti budidaya petani lebah unggul Jerora Raya, Kabupaten Sintang. Lebah unggul atau Apis Melifera terkenal juga dengan sebutan Lebah Eropa yang tergolong jinak. Menurut pengakuan petani Jerora Raya, membudidayakan lebah ikut andil dalam melestarikan lingkunga karena harus menanam sayuran dan tanaman berbunga.

Manfaat Produk komoditas lokal

Bukan tanpa alasan dengan menggunakan produk komoditas lokal akan ada timbal balik secara positif bagi alam maupun masyarakat lokal itu sendiri.

Melestarikan alam

Secara alamiah hutan menghasilkan biji-bijian, kacang-kacangan, rempah dan minyak yang dapat makhluk hidup manfaatkan untuk bertahan hidup. Hasil hutan inilah yang nantinya dapat masyarakat kelola dan budidayakan untuk perekonomian tanpa harus merusak alam melalui produk komoditas lokal.

Mensejahterakan Masyarakat

Dengan menggunakan produk lokal sama dengan mensejahterakan dan memberdayakan masyarakat. Adanya penghasilan untuk menyambung hidup dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Terlebih produk komoditas lokal tidak kalah berkualitasnya dengan produk luar negeri.

Produk-Produk Komoditas Lokal

Kopi

Bukan rahasia umum lagi jika Indonesia adalah negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia. Jenis kopi hasil hutan Indonesia adalah arabika, robusta dan liberika. Dari budidaya kopi ini telah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mengolah secara kelompok hingga unit usaha kecil.

manfaat madu dan komoditas kopi

Berikut kopi hasil pengolahan komoditas lokal:

  • Kopi Pinogu oleh Komunitas Kopi Pinogu Indonesia

Kopi Pinogu adalah kopi robusta yang tumbuh di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Gorontalo. Terkenal juga dengan sebutan kopi perjuangan karena dari perkebunan peninggalan VOC. Menariknya tumbuh secara alami tanpa memakai pestisida.

  • Kopi Serampas oleh Komunitas Rantau Kermas

Kopi Serampas adalah jenis kopi robusta dari desa Rantau Kermas. Produktivitas tinggi dari lahan yang subur menjadi komoditi utama sumber penghidupan masyarakat setempat. Kopi Serampas dipetik saat pagi hari ketika buah cherry kopi berwarna merah.

Kopi selain untuk konsumsi langsung dapat kita gunakan sebagai masker wajah dalam mengatasi jerawat dan kulit mati.

Teh

Selain kopi, Indonesia menjadi salah satu produsen teh terbesar di dunia. Teh Indonesia terkenal mengandung antioksidan alami atau katekin yang tinggi. Jenis Teh yang banyak di produksi adalah teh hitam dan teh hijau.

Pemanfaatan teh untuk kecantikan dan kesehatan bukan hal baru. Banyak produk kecantikan dengan berbahan dasar teh.

Sawit

Sawit adalah primadona cantik produk komoditas lokal yang menggiurkan. Hal ini karena sawit dapat dikembangkan menjadi biodiesel sebagai solusi energi terbarukan. Sedangkan dalam bidang kecantikan manfaat kelapa sawit dapat digunakan sebagai facial wash, anti penuaan dan mencerahkan kulit wajah.

Baca Juga: Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

Kesimpulan

Menjdi cantik alami dapat dengan memanfaatkan produk komoditas lokal hasil budidaya masyarakat. Seperti manfaat madu yang dapat kita gunakan untuk kecantikan.

Dengan menggunakan produk komoditas lokal kita berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat sekaligus lingkungan terjaga kelestariannya.

Previous Post Next Post

2 Comments

  1. Reply nita juwithafina Maret 6, 2021 at 15:49

    Mba Eriiiinn..madu untuk orang diet boleh ga si? aku sebelum diet konsumsi setelah diet krn ga boleh manis2 aq setopin deh 🙂

    • Reply Erin F Maret 11, 2021 at 12:05

      Ini kan manisnya alami mba, kayanya si gak masalah.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.