10 Tips Persiapan Persalinan Kelahiran Buah Hati

persiapan persalinan kelahiran

Menjelang hari kelahiran buah hati yang dinanti Ibu dan Ayah perlu persiapan persalinan yang matang. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang terlewat dan kesulitan karena hal-hal yang seharusnya disediakan sejak awal.

Persiapan Persalinan Kelahiran si Kecil

Banyak hal yang harus Ibu dan Ayah persiapkan menjelang hari persalinan. Dari kondisi fisik ibu, kebutuhan primer hingga kebutuhan sekunder.

Ada pun persiapan persalinan yang perlu orang tua lakukan adalah:

1. Mempersiapkan Mental

Kondisi ibu hamil memiliki mood yang sering berubah-ubah. Tidak heran jika stres datang menghampiri, terutama ketakutan-ketakutan pada masa persalinan.

Oleh sebab itu, Ibu perlu untuk tetap menjaga mood agar tetap senang dan bahagia setiap harinya. Dengan begitu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan tetap aman.

2. Mempersiapkan Kondisi Fisik

Selain mental, kondisi fisik menjelang persalinan perlu ibu perhatikan. Pastikan aktivitas tetap berjalan walau kandungan semakin besar dan kaki mulai susah melangkah. Walau begitu bukan berarti ibu tidak boleh bergerak.

Sebaliknya, bergerak sangat penting dalam memperlancar proses persalinan. Pastikan saja aktivitas gerak tidak berjalan tergesa-gesa dan mengangkat beban berat.

3. Mengikuti Kelas Persiapan Persalinan

Mengikuti kelas khusus persiapan persalinan tidak ada salahnya, lho. Dengan kelas ini ibu akan mendapat banyak informasi seputar gerakan persalinan. Atau bisa mendengar pengalaman orang lain dalam kelas tersebut.

4. Konsultasi dengan Dokter

Selain mencari informasi seputar persiapan persalinan, ibu juga harus berkonsultasi dengan dokter. Seperti kondisi bayi dan jenis persalinan yang akan dilakukan.

Konsultasi dengan dokter kandungan bisa melalui aplikasi Halodoc. Halodoc adalah aplikasi layanan kesehatan yang terbilang lengkap. Di sini pengguna dapat cek kesehatan, membeli obat-obatan, buat janji dengan dokter, mencari rumah sakit dan lainnya.

5. Persiapan Memilih Jenis Persalinan

Terdapat beberapa jenis persalinan yang dapat Ibu dan Ayah pilih. Seperti proses persalinan dengan cara normal, Caesar, water birth dan lainnya. Silahkan putuskan sesuai kebetuhan saat membuat rencana persiapan persalinan.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Bayi dalam Kandungan

6. Memutuskan Tempat Persalinan

Jika sudah memutuskan jenis persalinan, penting juga memilih tempat persalinan. Puskesmas atau rumah sakit bisa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak/bidan.

7. Hindari Konsumsi Makanan Ini

Selama hamil sebaiknya Ibu menghindari konsumsi makan papaya, nanas dan rempah-rempah secara berlebihan.

8. Konsumsi Makanan Bergizi dan Seimbang

Konsumsi makanan bergizi dan seimbang perlu ibu tanamkan sejak pertama kali dinyatakan positif hamil. Pola makan yang bergizi harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin seimbang.

9. Selalu Catat Hari Terakhir Haid

Terkadang perempuan abai dalam mencatat hari terakhir datang bulan. Padahal catatan ini akan membantu dalam ke akuratan hari persalinan.

Seperti yang aku alami sendiri karena lupa mencatat hari lahir anak pertama melenceng 1 minggu dari perkiraan. Walau memang kondisi ini katanya sudah biasa. Akan tetapi, lebih tenang jika punya kalkulator kehamilan dari awal. 

10. Ibu Jangan Memendam Rasa Cemas Sendiri 

Menjelang hari persalinan rasa cemas tentunya datang menghampiri. Jika rasa cemas dan resah semakin menekan mood ibu, jangan sungkan untuk mengutarakan keluh kesah kepada suami atau keluarga lain.

Kesimpulan 

Menanti kehadiran buah hati adalah momen penting yang tidak dapat ibu dan ayah abaikan. Menuju proses persalinan perlu persiapan yang matang. Agar ibu dan bayi selamat dalam proses pertaruhan nyawa tersebut. 

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.