Jelajah Wisata Religi di Indonesia bersama TRAC Transportasi

jelajah wisata religi bersama trac

Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama islam memiliki potensi wisata religi yang menjadi salah satu destinasi perjalanan ziarah religi. Walau saat ini masih berhadapan dengan Pandemi Covid-19, selama menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar berpergian ke luar kota boleh-boleh saja.

Menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker saat berpergian, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan dan rajin cuci tangan. Pun, saat berwisata tiga hal tersebut jangan sampai abai. Lebih amannya untuk perjalanan wisata maupaun mudik ke luar kota kita harus memilih layanan transportasi yang aman. Seperti layanan sewa mobil TRAC yang menerapkan SMART Protocol.

Di mana adanya penyemprotan secara rutin setiap unit kendaraan dengan disinfektan sebelum maupun sesudah digunakan. Setiap pengemudi yang bertugas sudah melewati pemeriksaan kesehatan, memakai masker dan sarung tangan. Selain itu menyediakan hand sanitizer dan membatasi jumlah penumpang.

Btw, teman-teman bahas mengenai salah satu wisata religi yang bisa menjadi tujuan ziarah muslim adalah mengunjungi bangunan-bangunan masjid yang memiliki sejarah dan struktur bangunan menakjubkan. Seperti mengunjungi Masid Istiqlal di Jakarta.

Selain itu, tahu tidak bahwa daerah-daerah di Indonesia memiliki bangunan masjid dengan bangunan yang megah dan menakjubkan, lho. Dalam buku “Jejak Sujud Pengelana” oleh The Tiny Travellers menunjukkan bahwa Indonesia sebagai Negara islam terbesar memiliki tempat ibadah umat muslim dengan nilai sejarah tinggi.

5 Wisata Religi Masjid di Indonesia

Wisata religi tidak hanya berperan dalam memenuhi kebutuhan umat untuk sekedar ziarah. Melainkan bisa sebagai bentuk rasa syukur dalam meneguhkan keyakinan bahwa kuasa Tuhan sangat luar biasa. Seperti mengunjungi masjid-masjid yang terdapat di kota-kota Indonesia.

Ada yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu hingga ratusan tahun lalu. Ada pun masjid-masjid bersejarah yang bisa menjadi pilihan teman-teman muslim dalam melakukan wisata religi, yaitu:

1. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

wisata religi masjid baiturrahman aceh
Sumber foto instagram ibnoesoan.

Masjid ini akan mengingatkan kita pada kuasa Allah saat Tsunami menerjang Aceh karena tetap tegak berdiri dan menjadi tempat pengungsian saudara-saudara kita saat itu. Pertama kali dibangun tahun 1022 H atau tahun 1612 M, Masjid Raya Baiturrahman memiliki desain arsitektur yang unik.

Di mana kubahnya menyerupai Istana Taj Mahal, ukiran dan konstruksinya mirip istana Alhambra dan masid-masjid di Cordoba. Lebih menakjubkan lagi karena masjid yang berada di tengah kota Banda Aceh ini sebagai pusat pendidikan islam terbaik di Asia Tenggara. Bahkan yahoo memberikan gelar sebagai 1 dari 10 masjid terindah di dunia.

2. Masjid Terapung Amirul Mukminin Makassar

masjid amirul mukminin makasar
Sumber foto by kumparan

Di bangun di atas permukaan air laut pada tahun 2009, Amirul Mukminin adalah masjid terapung pertama di Indonesia. Memiliki 2 kubah dengan tangga yang nampak seperti angka 99 sebagai lambang Asmaul Husna sehingga memiliki nama lain Masjid 99 Al-Makazzary.

Mengenai nama Amirul Mukmini karena dana pembangunan masjid terapung di Makassar ini tidak menggunakan anggaran dana daerah melainkan hasil sumbangan dari tokoh masyarakat setempat. Kala itu dibangun khusus untuk dalam melengkapi wisata religi atas prakarsa Walikota.

Selain untuk beribadah, jamaah dapat menikmati matahari terbenam yang begitu indah.

3. Masjid Agung Al-Ukhuwwah Bandung

Pertama kali dibangun tahun 1996-1998, awalanya bernama Masjid Raya Balai Kota Al-Ukuwwah. Akan tetapi, karena semakin banyaknya jamaah dari luar kota pada tahun 2007 menjadi Masjid Agung Al-Ukhuwwah,

Untuk arsitektur Masjid Agung Al-Ukhuwwah dari lura nampak seperti gedung sate yang sederhana. Namun di bagian dalam begitu mewah tanpa ada tiang penyangga yang membuat bagian dalam masjid menjadi luas.

4. Masjid Tiban Turen Malang

masjid tiban turen malang
Sumber gambar by @adi_mrizal

Masjid Tiban Turen Malang ini sebetulnya pondok pesantren, namun masyarakat lebih mengenal sebagai masjid. Di bangun pada tahun 1991 secara manual tanpa alat berat. Sempat ada desas-desus bahwa bangunan ini selesai karena caampur tangan makhluk Gaib. Faktanya ternyata tidak seperti itu.

Bangunan ini memiliki konsep ramah lingkungan atas kerja keras para santri dan jemaah dengan tidak menebang pohon dan mengubah posisi tanah. Bangunannya menjadi unik karena saat pembangunan menggunakan bahan-bahan yang ada saat itu.

5. Masjid Ceng Ho Surabaya

Tidak kalah unik dengan Masjid Tiban Turen di atas, masjid ini bangun untuk melestarikan semangat toleransi Laksaman Ceng Ho. Laksaman Ceng Ho memiliki pengaruh dalam menyebarkan agama islam di Indonesia. sehingga pada tahun 2002 dimulailah pembangunan dengan arsitektur khas Tiongkok.

Uniknya dari Masjid Laksamana Ceng Ho adalah memiliki paduan warna merah-kuning dan hijau yang sekilas terlihat seperti kelenteng, namun sejatinya sangat islami. Dibangun tanpa pintu, Masjid Laksamana Ceng Ho mengisyaratkan bahwa siapa pun boleh masuk.

Sebetulya masih banyak masjid-masid menakjubkan di Indonesia. walau begitu Ke lima masjid di atas adalah salah satu rekomendasi untuk teman-teman muslim yang hendak melakukan wisata religi.

Layanan Transportasi Perjalanan TRAC untuk Wisata Religi

trac aplikasi layanan wisata religi

Melakukan perjalanan wisata religi tentunya tidak akan lepas dari transportasi, terutama untuk tujuan yang di luar kota. Salah satu rekomendasi layanan transportasi perjalanan seperti yang sudah aku singgung di awal adalah menggunakan jasa rental mobil TRAC.

TRAC adalah layanan transportasi sewa kendaraan yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Sebagai anak perusahaan PT. Serasi Autoraya, TRAC menjadi leader dalam bidang solusi transportasi dari z mobil, sepeda motor hingga bus. Tidak hanya memberikan solusi untuk perusahaan, namun bagi individu pun tersedia rental kendaraan sesuai kebutuhan pelanggan.

Baik untuk kebutuhan liburan seperti wisata religi, arisan, reuni maupun perjalanan luar kota. TRAC menjamin layanan yang aman, nyaman dan akses reservasi yang sangat mudah. Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir dengan hal-hal yang mungkin merugikan.

Untuk layanan wisata religi TRAC menawarkan promo ziarah religi yang bisa teman-teman muslim pilih, lho. Serta ada fitur baru experience dalam aplikasi TRAC To Go.

Promo Ziarah Religi

Menjelajahi zona wisata religi bersama keluarga, teman, sahabat dan lainnya dapat memilih paket perjalanan TRAC Bus Servies. Dengan layanan selalu sigap menjaga keamanan dan kenyamanan. Kocek yang dapat dikeluakan sebanyak 3.5 juta saja. Sebelum memesan dapat melakukan konsultasi agenda wisata terlebih dahulu sesuai ketentuan dan peraturan undang-undang perjalanan di masa Pandemi.

promo zona religi trac

Dengan konsultasi ini umat muslim dapat wisata ziarah sesuai harapan. Terdapat beberapa zona ziarah untuk dikunjungi bersama TRAC Bus, diantaranya Ziarah Banten, Ziarah Wali 5, Ziarah 9 Wali, Ziarah 3 Wali, dan Ziarah Panjalu.

Informasi lengkap dapat silahkan instal aplikasi TRAC to Go untuk kemudahan dalam mencari informasi seputar promo wisata ziarah religi.

Fitur Experience TRAC To Go

Pemesanan sewa mobil untuk perjalanan wisata religi teman-teman dapat mengunduh aplikasi TRAC To Go. Di mana terdapat fitur baru yaitu TRAC To Go Experience. Dalam fitur ini pelanggan dapat memilih paket wisata yang tersedia di masing-masing cabang TRAC. Misalnya cabang Bali, Malang, Jogjakata dan lainnya.

Fitur Experienci ini pun memungkinkan pelanggan untuk memilih akomodasi mobil penumpang dengan kapasitas 4 orang hingga bus untuk kapasitas 45 orang. Untuk harganya sesuai kapasitas penumpang, ya. Yuk, segera instal aplikasi TRAC To Go yang sudah tersedia di Google Play Store maupun Aple Appstore untuk pengalaman wisata yang lebih seru.

Kesimpulan

Melakukan perjalanan tidak melulu mengunjungi objek wisata berbau alam seperti mendatangi air terjun dan mendaki gunung. Atau mengunjungi taman bermain, melainkan kita juga bisa berpergian menjelajahi dunia, khususnya Indonesia dengan melakukan wisata religi.

Previous Post Next Post

12 Comments

  1. Reply Okti Li Mei 20, 2021 at 11:51

    Penasaran sama masjid Agung Al Ukhuwah di Bandung. Lokasinya dimana ya?
    Coba cari informasi di mesin pencarian dulu, hehehe…
    Kalau ada kendaraan nyaman aman keliling daerah tidak lagi lelah ya…

  2. Reply Dian Restu Agustina Mei 20, 2021 at 22:12

    Sudah pernah ke Masjid Baiturrahman dan Masjid Turen…warbiyasa memang
    Dan wisata religi di Indonesia memang banyak opsi destinasi . Pas sekali jika menggunakan moda transportasi TRAC To Go yang mudah sekali pemesanannya via aplikasi dan punya layanan mumpuni

  3. Reply Alfimanzila Mei 21, 2021 at 20:51

    Percayalah semua wisata diatas belum pernah saya kunjungi sekali, sekalipun itu yang di surabaya dekat kali dengan sidoarjo.
    Wah enak kali ada TRAC ini, sangat membantu masyarakat untuk berwisata religi kembali

  4. Reply Elsa Lubis Mei 22, 2021 at 07:01

    wah berarti skrg sudah semakin mudah ya, mau jalan ke mana aja ada jasa trac to go ini, dan harganya pasti lbh masuk akal. kebayang dulu rental mobil sm temen, trs gak tau bayar nya berapa, takut ketinggian tp takut kemurahan hahaha masjid di Indonesia unik2 bgt ya mbak, bikin pengen ke sana

  5. Reply Muhammad nurfahrul Mei 22, 2021 at 08:11

    Masya allah indah2 banget yh mesjidnya tp say belum pernah ke sana, yg paling dekat sih mesjid terapung di maassar tp gak pernah sempet ke sana,,

    Saya blum pernah nyoba sih jasa track to go, tp kayaknya lebihmensing pake itu dari pada nyewa transport langsung,z skrang eranya online

  6. Reply Marita Ningtyas Mei 22, 2021 at 08:51

    Selain wisata sejarah, wisata religi adalah favoritku. Bisa menambah kadar keimanan gitu deh. Wah, kalau pakai TRAC jadi lebih mudah ya wisatanya. Bisa lah masuk ke list. Siapa tahu setelah pandemi agak baikan, jalan-jalan keliling Indonesia pakai TRAC.

  7. Reply Icha Marina bay Mei 22, 2021 at 11:35

    Semenjak covid 19 memang alangkah baiknya memang memilih armada yang memperhatikan kebersihan dan keamanan angkutannya.
    Btw masjid Baiturrahman Banda Aceh semakin cantik. Jadi gak sabar pengen liburan akhir tahun nanti.

  8. Reply Zen Mei 22, 2021 at 21:35

    Penasaran eh Mbak sama tampilannya masjid Ceng Ho yang di Surabaya. Kalau di sini, ada beberapa sih masjid Ceng Ho. Ada yang di Samarinda dan ada yang di Balikpapan. Apa yang buat satu orang ya?

  9. Reply Jihan Mei 22, 2021 at 22:41

    Impian bangett bisa ke masjid raya baiturrahman aceh. Mudah-mudahan bisa kesana. Aamiin

  10. Reply Vivi Mei 22, 2021 at 23:21

    Dari semua, cuma masjid Baiturrahman aja yang saya pernah kunjungi…
    yang lain blom pernah, pengen juga liat masjid yang di malang itu.
    cantik..

  11. Reply Mei Daema Mei 23, 2021 at 08:27

    masyaallah masjidnya cantik-cantik banget dan belum pernah kunjungin masjid tersebut, semoga kalau jalan-jalan ke kota itu bisa kunjungin masjid-masjid tersebut. wah saya baru tahu aplikasi TRAC, bisa dicoba niy

  12. Reply Nurhilmiyah Mei 24, 2021 at 07:26

    Wah bener juga ya Mbak, wisata itu gak mesti melulu ke destinasi alam saja ya, bisa juga berwisata religi, bersama Trac Transportasi ya, noted. Btw, jadi inget terakhir kali ke Masjid Baiturrahman di Aceh, tahun 2015 wah pingin lg ah ke sana, bagus banget soalnya.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.