Membangun Rumah Miniatur dari Kardus Super Keren

rumah miniatur dari kardus

Kali ini aku mau mengajak teman-teman untuk membuat kreasi super keren dari kardus yaitu membangun rumah miniatur. Di mana furniture bagian-bagian rumah akan memanfaatkan barang yang ada di rumah. Apalagi buat yang di rumahnya ada si kecil pasti banyak barang yang tidak terduga bisa kita manfaatkan dalam membuat rumah miniatur menjadi cantik dan megah.

Ya. Daur ulang dengan memanfaatkan barang-barang bekas adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan dalam mengurangi penumpukan sampah. Banyak kerajinan yang dapat kita buat dari daur ulang botol plastik, kantong plastik bekas dan membuat kerajinan dari kardus bekas.

Penasaran cara membuatnya?

Cara Membangun Rumah Miniatur dari Kardus

Sesuai judul postingan ini rumah miniatur yang akan aku bangun memanfaatkan kardus bekas yang tidak terpakai. Akan ada dua tipe rumah yang dibangun yaitu rumah miniatur satu lantai yang sederhana dan rumah tingkat super megah.

Makin penasaran dengan penampakannya?

Sabar dulu teman-teman, aku mau sedikit cerita alasan membuat rumah mainan ini. Jadi suatu hari si Bule minta dibelikan rumah-rumahan seperti temannya. Berhubung ada kardus bekas, aku putuskan membuat sendiri. Seperti biasa reaksi Si Bule ikutan senang dan antusias kalau aku ajak membuat craft.

Akhirnya jadilah dua rumah miniatur dari kardus. Kali ini aku membuat rumah terbuka tanpa atap. Next, semoga bisa membuat yang tertutup ada atapnya dan bisa bongkar pasang karena yang ini permanen. Tujuanku memang membuat si Bule senang dulu saja biar tidak ditagih.

rumah miniatur dari kardus satu lantai
Rumah Miniatur Satu Lantai
rumah miniatur dari kardus sua lantai
Rumah Miniatur Dua Lantai

Cantik dan keren, kan rumah miniaturnya?

Buat teman-teman yang mau mencoba membangun rumah miniatur dari kardus ini, silahkan cek bahan dan cara pembuatannya di bawah.

Alat dan Bahan

  • Kardus bekas
  • Kertas origami atau kertas A4 warna-warni
  • Gunting
  • Pisau Cutter
  • Lem
  • Double tip
  • Lem tembak
  • Kain flannel
  • Jarum dan benang
  • Barang-barang bekas lainnya untuk membuat furniture rumah.

Cara Membuat

  1. Siapkan desain rumah dengan membuat sendiri atau searching di google.
  2. Potong kardus untuk membangun lantai dan tembok rumah miniatur. Jika memiliki kardus yang berukuran sedang potong saja bagian sisi panjang dan lebarnya hingga menyisakan sebagian. Kardus tersebut cocok untuk rumah satu lantai. Sedangkan untuk rumah tingkat aku menggunakan kardus besar dan potong perbagiannya.
  3. Rakit potongan kardus untuk bagian dinding dan lantai rumah.
  4. Tempel dinding dan lantai rumah miniatur dengan kertas origami atau kertas A4. Sesuai selera saja, pakai warna kesukaan juga bisa.
  5. Jika dasar rumah selesai dibangun, saatnya membuat miniatur kasur, lemari, meja, kursi, tangga dan lainnya. membuat kasur dapat menggunakan kardus yang ditumpuk-tumpuk. Sedangkan membuat lemari lebih baik menggunakan kertas tebal seperti kertas karton. Membuat meja bisa dengan sisa kardus yang ada.
  6. Pasang semua miniatur yang ada dan rumah siap untuk ditempati.

Penutup

Mudah sekali ya membangun rumah miniatur dari kardus. Bahkan bagian-bagian rumah dapat memanfaatkan barang-barang yang ada. Seperti bak mandi yang ada di rumah tingkat, aku menggunakan sampah plastik Kinderjoy. Bagian bawahnya aku cat agar lebih menarik saja.

Untuk hiasan dindingnya aku memakai bunga yang aku buat sebelumnya dari quilling paper. Pun dengan bintang-bintang yang ada di rumah satu lantai aku buat dari kerdas origami. Intinya kita cukup kreasikan barang-barang yang ada di sekitar kita.

Selamat mencoba!

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.