Apa Itu Bundling, Jenisnya, Manfaat serta Kendala Menjalankannya

Tomoyo Rin

pengertian apa itu bundling

Bundling adalah salah satu hal yang umum ditemukan dalam pemasaran suatu produk. Teknik satu ini selalu berhasil minat konsumen untuk melakukan pembelian karena merasa membeli produk dengan lebih hemat.

Dari sisi perusahaan, penggunaan strategi ini dapat membantu mereka untuk melihat reaksi pasar terhadap produk yang baru mereka luncurkan atau juga sebagai cara untuk mengakali produk yang kurang laku di pasaran.

Agar Anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi pemasaran yang satu ini, mari simak artikel berikut!

Contents

Pengertian Bundling

Apa itu bundling? Mengutip dari RedERP, secara etimologi, bundling berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti menggabungkan. Jadi paket bundling adalah paket menggabungkan beberapa produk menjadi satu untuk dijual dalam satu harga.

Biasanya, harga yang dicantumkan dalam paket ini akan lebih mudah dari harga normal saat barang-barang tersebut dijual secara terpisah. Tujuannya tentu saja untuk mendorong konsumen melakukan pembelian.

Strategi ini banyak dilakukan oleh bisnis F&B, e-commerce, dan FMCG.

Jenis-jenis Paket Bundling

Di dalam praktiknya sendiri, terdapat beberapa jenis bundling. Apa sajakah itu?

1. Pure Bundling

Jenis paket ini di mana barang yang dijual tidak terpisah. Artinya konsumen memiliki keterbatasan dalam membeli paket gabungan karena produk tidak bisa dipisahkan.

Praktik ini umum ditemukan dalam bisnis travel, di mana mereka menyediakan paket liburan akomodasi, dan penginapan yang mana paket ini tidak bisa dipisah dan tidak bisa ditiadakan.

2. Mix and Match Paket

Berbeda dari jenis pertama, di sini konsumen punya kuasa untuk memilah dan memilih produk yang mereka inginkan dengan harga tertentu.

Jenis mix and match bundling sering sekali dilakukan saat cuci gudang, di mana konsumen bebas memilih beberapa barang hanya dengan membayar sejumlah uang.

3. Cross-sell Bundling

Ini adalah jenis di mana produk utama akan dipasangkan dengan produk pelengkap. Biasanya, paket ini menawarkan pula produk pelengkap yang tidak bisa digunakan secara terpisah dengan produk utama.

Umumnya, jenis paket gabungan ini sering ditemukan dalam produk kecantikan dan perawatan tubuh.

4. New Product Bundling

Jenis ini umumnya digunakan dalam rangka mempromosikan produk baru dan menjualnya dengan produk yang paling laris. Ini adalah salah satu strategi promosi yang jenius untuk membangun awareness dari produk baru.

Tapi, saat Anda ingin menerapkan teknik satu ini, produk baru haruslah digabungkan dengan produk yang paling laris sehingga konsumen akan tertarik untuk mencoba produk baru Anda.

5. BOGO

Jenis Paket BOGO mungkin menjadi jenis yang populer di kalangan konsumen. Praktik ini adalah memberikan barang “cuma-cuma” kepada konsumen dengan ketentuan mereka membeli produk tertentu, atau yang sering kita kenal dengan “beli 1 gratis 1”.

Praktik ini dapat mendorong konsumen membeli barang dengan harga penuh demi mendapatkan barang gratis sebagai keuntungannya.

Baca Juga: 3 Hal Tentang Manajemen Pemasaran Perusahaan Jepang

Manfaat Melakukan Strategi Bundling

apa itu manfaat bundling

Strategi bundling yang dilakukan oleh para pelaku bisnis tentu saja mendatangkan manfaat, seperti berikut ini.

  1. Nilai pesanan rata-rata produk bisa meningkat
  2. Volume penjualan dapat meningkat
  3. Memangkas inventaris produk lama dalam gudang
  4. Biaya promosi dan distribusi bisa menjadi lebih hemat.

Kendala dalam Praktik

Saat Anda ingin menjalankan strategi di atas, Anda harus siap dengan beberapa kendala yang mungkin saja Anda hadapi, seperti berikut ini:

  1. Produk yang dibundling tidak tepat
  2. Salah satu produk bundling lebih dulu habis
  3. setelah periode bundling selesai, konsumen tidak tertarik membeli produk satuan

Praktik bundling produk memang menjadi strategi yang tak lekang oleh waktu dan masih efektif sampai saat ini. Anda pun dapat menerapkan metode ini sesuai dengan tujuan yang hendak Anda capai terkait produk Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.