Cara Membuat Bunga Kusudama dari Kertas Origami

cara membuat bunga origami kusudama

Membuat bunga dari kertas origami tentunya tidak asing lagi, ya. So, untuk craft kali ini aku mau mengajak teman-teman crafter membuat bunga yang lebih menarik dan pastinya cocok banget untuk menambah dekorasi rumah agar lebih cantik.

Dalam mempercantik rumah, bunga menjadi pilihan yang tepat. Baik itu bunga asli atau dari kerjainan tangan seperti bunga dari plastik bekas atau dari kertas. Nah, untuk kerajinan tangan kali ini aku mau berbagi cara membuat bunga 3 dimensi dari kertas bernama Kususdama.

Penasaran apa itu kusudama?

Kusudama adalah bagian-bagian bunga yang disatukan atau direkatkan menjadi bentuk 3 dimensi. Origami kusudama ini termasuk pelopor dalam seni melipat kertas origami modular. Di mana kerajinan origami modular menggunakan dua atau lebih kertas sehingga membentuk struktur yang lebih besar dan kompleks.

Salah satu contoh origami modular, teman-teman crafter bisa cek tulisan Boneka Hello Kitty 3D, ya.

Membuat Bunga Origami Kusudama

Dalam membuat bunga kusudama, teman-teman bisa menggunakan kertas origami atau kertas A4. Dari pengalamanku, aku lebih suka membuat Kusudama dari kertas origami. Hal ini karena ukuran yang dibutuhkan cukup kecil, sedangkan untuk kertas A4 harus potong manual dan lumayan cukup makan waktu.

Walau begitu, tetap tergantung selera, ya. Bahkan teman-teman bisa memanfaatkan kertas bekas sebagai upaya dalam menjaga pelestarian lingkungan. So, sesuaikan saja dengan mood teman-teman. Terpenting hasilnya tetap bagus dan pastinya tidak bakal mengecewakan.

Aku sendiri suka banget nih dengan Kusudama. Bahkan bisa dijadikan ide bisnis.

Agar tidak tambah penasaran berikut ini bahan yang harus teman-teman siapkan dan cara membuat bunga dari kertas origami yang mudah dan simple.

Bahan

Gunting
Kertas Origami/A4 (ukuran 7.5 x 7.5 cm)
Perekat (Lem/Double Tape)

Cara Membuat

1. Bentuk Segitiga

Siapkan kertas origami ukuran 7.5 x 7.5 cm sebanyak 5 lembar menggunakan satu warna atau lebih. Lalu buatlah bentuk segitiga terlebih dahulu dengan melipat kertas secara diagonal.

bentuk kertas segitiga

2. Buat Persegi

Setelah kertas origami membentuk segitiga, lipat bagian sisi ke tengah membentuk persegi. Pastikan lipatan sejajar.

bentuk lipatan persegi

3. Lipat Sudut ke Bawah

Jika tahap kedua selesai, saatnya melipat sisi kiri dan kanan ke bawah hingga bertemu dengan tepi kertas.

lipat kertaske ke samping

4. Ratakan Flaps

Ratakan flaps ini adalah membuka lipatan di tahapan ketiga tersebut. Lalu, lipat segitiga bagian atas ke bawah.

lipat segitiga origami ke bawah

5. Buat Kelopak Bunga

Sudah hampir selesai, nih. Saatnya membentuk kelopak bunga dengan lipat sudut kiri dan kanan ke dalam hingga memenuhi lipatan setiap sisinya. Jika sudah membentuk kelopak saatnya kita rekatkan dengan lem.

membuat putik kertas origami

6. Gabungkan Hingga Membentuk Bunga

Kelopak satu sudah selesai, saatnya membuat kelopak lain dari empat kertas yang tersisa. Setelah selesai satukan setiap kelopak hingga membentu satu bunga yang utuh cantik.

bunga kertas origami cantik

Gimana, mudah sekali, kan membuat bunga origami dengan menggabungkan beberapa kertas. Silahkan praktikan langsung di rumah. Dan agar bunga kusudama lebih kece lagi, khususnya untuk dijadikan dekoras, teman-teman bisa membuat Bola Kusudama dengan menggabungkan beberapa bunga hingga membentuk bulat seperti bola.

Bola Kusudama

Berikut ini contoh bola Kusudama yang sudah aku buat. Untuk jenis bunganya bisa dikreasikan. Teman-teman bisa telusuri youtube untuk desian-desain Kusudama.

Next, aku kasih cara membuat bunga kusudama dari kertas origami lainnya. Silahkan mencoba yang ini dulu.

Previous Post Next Post

25 Comments

  1. Reply Suciarti Wahyuningtyas Agustus 30, 2021 at 15:58

    Jadiu ingat tugas sekolah anakku beberapa minggu lalu, anak-anak diminta membuat bunga dari origami persis seperti ini gurunya ngajarin. Yang anak perempuan excited karena cantik bentuknya sementara yang laki-laki pengen bentuk robot dan binatang.

    • Reply Erin F Agustus 31, 2021 at 20:00

      Anak cowok lebih suka bikin robot ya, Mba. Hehe

  2. Reply nurulrahma Agustus 31, 2021 at 09:29

    Anakku sukaaaa yg serba Jejepangan ini Mba.
    Kayaknya kapan2 aku ajak dia untuk bikin bunga origami.
    Makasii mba ide dan tutorialnya

    • Reply Erin F Agustus 31, 2021 at 20:00

      Sama-sama, Mba. Memang asyik bikin craft bareng anak.

  3. Reply Andiyani Achmad Agustus 31, 2021 at 16:07

    naini salah satu kelemahan aku dalam berkarya melipar kertas, seringnya gak jadi sesuai yang diinginkan, bingung sendiri, padahal cakep banget ini origami bunga

    • Reply Erin F Agustus 31, 2021 at 20:01

      Wah, kok bisa, Mba. Aku malah suka bikin ginian, si.

  4. Reply Keke Naima Agustus 31, 2021 at 22:26

    Origami di Jepang keren-keren, ya. Tadinya saya pikir kertas origami cuma buat bikin kapal-kapalan hahaha. Pas lihat berbagai konten tentang origami dari Jepang, terkagum-kagum deh saya

  5. Reply Nchie Hanie September 1, 2021 at 08:31

    Aahh, jadi inget jaman sekolah kalo pas pelajaranran keterampilan, seni melipat kertas selalu favorit banget. Btw kertas2 origami tuh lucu2 banget motifnyaa. DAn hasil bunganya pun jadi cantiiikk.

  6. Reply Ika Puspita September 1, 2021 at 13:09

    Waah, anakku yg sulung suka banget bikin craft, aku kasih tahu ini ah biar dibikin sama anakku

  7. Reply Jiah Al Jafara September 1, 2021 at 14:31

    Woh cakep-cakep ya. Aku dulu pernah juga bikin origami bunga, tapi yang dasar aja. Kapan hari, Keponakanku nyari di YouTube. Nanti aku kasih lihat ini deh

  8. Reply Lidya September 1, 2021 at 16:37

    Setelah direkatkan bentuknya jadi tambah cantik ya, Aku baru tau istilahnya kusudama. Mau aku cobain ah, aku save caranya, makasih ya mbak biar ga bisan di rumah

  9. Reply Mutia Karamoy September 1, 2021 at 17:20

    Wah cocok nih buat referensi prakarya anakku, soalnya suka bingung mau bikin apalagi untuk kerajinan Origami. Kalau via video aku suka delay susah banget nirunya. Btw, bunga kertas origaminya bagus banget ya setelah disatukan, apalagi kalau pakai kertas origami yang banyak warna, pasti cantik banget.

  10. Reply Milda Ini September 1, 2021 at 17:30

    wah, terlihat mudah ya Mak, bolehlah saya cobain, ada stok origami nih di rumah. bisa juga buat seru-seruan sama anak-anak. Terima kasih atas bagi ilmunya ya mak, semoga barokah

  11. Reply Dian Restu Agustina September 1, 2021 at 17:39

    Cakep. Kreatif sekali Kak …anakku bebikinan begini di sekolah tapi bukan Kusudama , bagian-bagian bunga yang disatukan atau direkatkan menjadi bentuk 3 dimensi…Agak sulit ini ya. Tapi bisa dicoba sama anak nih, mumpung punya kertas origami

  12. Reply Dian September 1, 2021 at 18:12

    wah telatennya mbak Erin
    anakku suka mainan origami mbak
    ntar aq share artikel ini ke dia ah, ajak dia melipat bunga seperti ini

  13. Reply Eri Udiyawati September 1, 2021 at 18:30

    Ciamiiik, Mbak Erin kreatif banget. Cakep-cakep hasil karyanya. Bagus banget bola kusudama-nya. Aku jadi pengen coba buat nih. Biar ada kegiatan kalau weekend. Bikin bola kusudama yang cantik

  14. Reply HM Zwan September 1, 2021 at 19:01

    Kalau lihat hasil karya seperti origami Jepang ini hasilnya keren keren banget.. telaten banget mbak bikin bunganya, hasilnya cantik banget. KAlau selow mau coba bikin buat pajangan cantik juga ya

  15. Reply Ria Rochma September 1, 2021 at 19:10

    Mbakkk.. Aku pernah bikin gini dari kertas melipat anakku. Baru ngerti kalau namanya bunga Kusudama. Mudah tapi harus telaten biar hasilnya rapi dan ngga ‘naik turun’ gitu ya..
    Aku meluncur penasaran nih ke karya Hello Kittynya.. Huhuhu.. Mudah sekali. Pan kapan kuajak anakku bikin ah..

  16. Reply Ainhy E September 1, 2021 at 19:23

    Kk kreatif banget nih, kebetulan lagi nyari kegiatan positif selama ppkm dan tertarik banget pengen cobain bikin bunga dari kertas Origami

  17. Reply Hidayah Sulistyowati September 1, 2021 at 20:52

    Huwaaa.. ini memorable banget, mengingatkan aku saat gabut bikin bola kusudama. Gara-gara terkumpul banyak bunganya, dirangkai jadinya. Jadi kangen mau bikin tapi nggak punya kertas origami. Mesti keluar dulu kapan-kapan ke toko

  18. Reply Nanik Nara September 1, 2021 at 21:45

    Kalau baca langkah-langkahnya kayaknya mudah ya, apalagi sudah dilengkapi gambar juga. Semoga aja eksekusinya juga mudah, ntar mau praktekin ah sama anak-anak. Dibikin lomba biar seru

  19. Reply echaimutenan September 1, 2021 at 23:04

    Terlihat mudahhhhh
    tai aku paling ga suka lipet2 kertas sampai bikin pesawat saja aku malessss
    wkwkwk
    cuma ya sekarang jadi belajar soale buat sekolah anak. ini simpel ya mak cakep jadi bungaaa

  20. Reply Dian Farida Ismyama September 1, 2021 at 23:26

    Masyaallah cakep sekali mba. Kayaknya aq pas zaman sekolah pernah diajari buat kayak gini. Pas banget di rumah ada kertas origami. Bsk mau praktik ah sama anak2 ku

  21. Reply Dawiah September 2, 2021 at 11:38

    Wah ini kreatif sekali mbak. Hasilnya juga bagus banget. Mau dong turotial videonya, soalnya kalau hanya gambar dan kalimat, saya susah pahamnya. Hahaha.

  22. Reply Nova Violita September 3, 2021 at 17:40

    Nah…suka iri.sama yang bisq bikin ginian atau pernak pernik…lainnya telaten banget..kalo aku selalu gak jadi n hak sabaran juga..hehhehe

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.