Pelatihan Online Ruangkerja dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan

pelatihan online ruangkerja by ruangguru

Ketika perusahaan memiliki daya saing tinggi maka pelatihan online Ruangkerja bisa menjadi solusi tepat dalam mengatasinya. Hal ini karena sebuah perusahaan agar mampu bersaing harus memiliki tiga kriteria. Seperti Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, memiliki keinginan untuk terus bertumbuh dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang begitu cepat.

Perubahan yang cepat inilah harus diimbangi dengan SDM yang berkualitas. Seperti mengikuti pelatihan-pelatihan yang menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era sekarang yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menghadapi Kemajuan dan Perubahan Teknologi yang Cepat

Saat ini kemajuan teknologi yang paling kita rasakan perkembangannya. Sehingga menimbulkan persaingan bisnis dalam berbagai bidang menjadi semakin ketat. Dari persaingan ketat ini perusahaan harus mampu bertahan dalam keberlangsungan bisnisnya.

Di mana perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang sudah memiliki kualitas yang baik. Alasannya tidak lain agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Oleh sebab itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.

Sayangnya pandemi Covid-19 menjadi hambatan dalam melaksanakan pelatihan-pelatihan dengan interaksi secara langsung atau tatap muka. Hal ini sesuai anjuran pemerintah agar tidak mengadakan acara yang mengundang kerumunan dalam menangani penularan Corona Virus.

Lalu bagaimana solusi dan langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM? Mengingat anggaran sudah tersedia, namun pandemi Covid-19 menjadi hambatan.

Baca Juga: Ruangbelajar Menemani Anak Belajar di Rumah

Pelatihan Online Ruangkerja dalam Meningkatkan SDM Perusahaan

Pandemi Covid-19 tidak menjadi hambatan dalam meningkatkan kualitas SDM perusahaan karena pelatihan online Ruangkerja adalah jawabannya. Pelatihan online didukung dengan teknologi yang akan memudahkan setiap individu atau kelompok mengikuti kegiatan tanpa harus tatap muka secara langsung.

Ada yang pernah dengar atau sudah tahu tentang Learning Management System (LMS)?

Saat ini LMS menjadi alternatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran secara digital. Termasuk pelatihan online.

Bahas mengenai Learning Management System, di Indonesia sendiri menyajikan jasa pelatihan online untuk SDM di berbagai perusahaan. Bahkan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital yaitu Ruangkerja by Ruangguru.

Fitur Ruangkerja by Ruangguru

fitur pelatihan online ruang kerja

Ruangkerja persembahan Ruangguru menjawab dan memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era digital. Terdapat berbagai fitur yang akan mendukung proses pelatihan. Fitur tersebut akan membuat proses pelatihan membuat nyaman para karyawan dalam meningkatkan kualitasnya.

Adapun Fitur Ruangkerja, yaitu:

1. Mobile Learning

Memanfaatkan dan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pelatihan yang lebih fleksibel. Prosesnya dapat perusahaan lakukan di mana saja dan kapan saja ketika mengganggu kesibukan waktu kerja karyawan.

2. Learning Journey

Apakah Ruangkerja memang efektif untuk karyawan? Mengingat setiap pelatihan biasanya ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran saat pelatihan tidak terlewat.

Tenang saja. Kita kesampingkan kekhawatiran tersebut karena Ruangkerja sebagai salah satu platform pelatihan online sudah mengantisispasinya, lho. Dengan menggunakan sistem learning journey inilah karyawan akan mendapatkan pelatihan dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis.

Hasilnya karyawan tidak akan merasa kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Bahkan sangat cocok untuk karyawan yang super sibuk.

3. Learning Plan

Selain leraning journey, terdapat fiur learning plan untuk karyawan. Fitur ini didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Dengan begitu perusahaan tidak perlu khawatir jika pelatihan yang karyawan ikuti tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Btw, bahas mengenai pelatihan online biasanya ada rasa jenuh,bosan dan bingung. Berbeda dengan Ruangkerja karena desain dibuat dengan baik, enak dipandang, mudah saat peserta pelatihan gunakan dan tidak berbelit-belit saat mengakses pelatihan membuat karyawan akan nyaman saat belajar.

4. Fitur Kolaborasi

forum diskusi fitur kolaborasi

Tidak kalam menarik terdapat fitur persembahan Ruangkerja yaitu fitur kolaborasi. Dalam fitur kolaborasi Ruangkerja membuat forum diskusi yang dapat para peserta pelatihan online manfaatkan untuk berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Di sini juga setiap peserta dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Setuju dong, kalau pelatihan Ruangkerja sangat efektif dan efisien.

5. Fitur Leaderboard

Tidak sampai fitur di atas, terdapat juga nih, leaderboard yang dapat memacu peserta pelatihan untuk mendapatkan nilai setinggi-tingginya. Di mana peringkat tersebut dapat pimpinan perusahaan lihat. Karenanya, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan yang mengikuti pelatihan akan lebih semangat untuk belajar. Setelah pelatihan selesai para peserta akan mendapat sertifikat.

Baca Juga: Cara Daftar Skill Academy by Ruangguru

Learning Management System Ruangkerja

LMS Ruangkerja menawarkan kepada perusahaan solusi untuk pelatihan karyawan yang efisien dan fleksibel. Para peserta pelatihan akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses setiap materi belajar. Pelatihan dapat karyawan askes melalui maupun PC/laptop.

learning management system ruangkerja

Pensaran tidak kenapa harus memilih Ruangkerja?

Bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja mendapat kepercayaan banyak perusahaan sebagai mitra pelatihan online adalah fitur yang ruangkerja miliki dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas sesuai kebutuhan dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya dapat perusahaan tentukan secara langsung setelah peserta menyelesaikan modul pelatihan pada kelas yang perusahaan tugaskan. Dengan begitu, setiap hal yang berkaitan dengan pelatihan dapat terkontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan berjalan tidak maksimal

Secara teknis ruangkerja memang sangat efektif dengan penggunaan waktu yang lebih efisien efisien. Pertanyaan lainnya adalah bagaimana dengan harga pelatihan? Apakah pelatihan online ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan?

Jawabannya sudah pasti IYA. Ruangkerja by Ruangguru memiliki sistem Cloud-Based yang merupakan sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.

Subscription model melalui cloud ruangkerja dapat menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan dengan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat yaitu cukup membutuhkan 2 minggu hingga go live. Terpenting sudah dilengkapi SSL Security, di mana konten dan data perusahaan akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Baca Juga: Tips Menjadi Marketing Profesional

Penutup

So, tunggu apalagi? Inilah saatnya perusahaan membantu para karyawan untuk terus tumbuh. Dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan kedepannya untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan online karyawan melalui ruangkerja, perusahaan tidak hanya menghemat waktu. Akan tetapi dapat memangkas pengeluaran perusahaan dengan monitoring pelatihan yang sangat mudah.

Previous Post Next Post

4 Comments

  1. Reply Farida Pane September 6, 2021 at 09:51

    Keren banget ini ruangkerja bikin produktivitas dan kualitas karyawan meningkat, ya

  2. Reply Sandra Hamidah September 7, 2021 at 15:25

    Awalnya aku nggak tau ruangkerja itu apa ternyata produk ruangguru juga ya, makin berinovasi yah heheu

  3. Reply Happy Dyah September 10, 2021 at 14:08

    Karyawan memang harus diberdayakan oleh perusahaan melalui training atau pelatihan. Jaman now pelatihan bisa online dengan menggunakan aplikasi ruangkkerja yang bisa membantu perusahaan dan karyawan untuk sama=sama bisa maju.

  4. Reply Maria tanjung September 12, 2021 at 11:02

    Kalau ga berkembang di masa pandemi ini gimana perusahaan bisa berkembang ya mba. Untung ruang kerja punya solusi jadi perusahaan bisa menggunakan jasanya

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.