Ruangbelajar: Bantu Orang Tua Menemani Anak Belajar Online di Rumah

belajar online di rumah bersama ruangbelajar

Selama pandemi Covid-19 anak-anak melakukan aktivitas belajar secara online di rumah. Pembelajaran jarak jauh adalah salah satu kebijakan pemerintah dalam mencegah penularan virus korona. Sehingga mau tidak mau sekolah tutup sementara sampai keadaan kembali pulih.

Walau begitu ada wacana untuk wilayah yang sudah zona hijau dapat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kondisi tidak semua murid masuk sekolah. Di mana prosesnya akan ada yang PTM juga PJJ secara bergulir. Serta syarat lainnya protokol kesehatan yang tetap harus dijalankan.

Berbicara mengenai pembelajaran jarak jauh tentunya memberi tantangan sendiri bagi orang tua karena harus menemani anak belajar di rumah. Terutama jika anak masih TK atau yang perlu bimbingan orang tua karena belum bisa mandiri selama proses PJJ. Bahkan tidak sedikit anak yang bertanya perihal mata pelajaran kepada orang tua, di mana ayah dan ibu bingung mau menjawab apa.

Ada yang mengalaminya juga? Jangankan mengingat materi pelajaran waktu sekolah, kebutuhan logistik rumah saja kadang masih ada yang terlewat. Akan tetapi, orang tua tidak perlu khawatir karena saat menemani anak belajar online di rumah ada Ruangbelajar by Ruang Guru yang siap membantu.

Baca Juga: Cara Daftar Skill Academy by Ruang Guru

Belajar Online di Rumah Bersama Ruangbelajar by Ruang Guru

layanan belajar online ruang guru

Tentunya tidak asing dong dengan aplikasi belajar online Ruang Guru yang merupakan platform belajar pilihan anak-anak Indonesia. Tentunya selain biaya yang lebih ramah di kantong, penyampaian materi mudah dipahami anak-anak. Tidak heran jika banyak yang memilih Ruang Guru sebagai platform beajar online selama belajar di rumah.

Keunggulan layanan belajar online terbaik ini memang tidak perlu diragukan karena akses materi pembelajaran yang lebih lengkap, dikemas dalam video beranimasi dengan master teacher terbaik di bidangnya. Serta rangkuman materi dalam bentuk infografis yang akan memudahkan anak dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu Ruang Guru meluncurkan fitur baru Ruangbelajar yang lebih menarik lagi, loh. Penasaran?

Fitur Baru Ruangbelajar

fitur ruangbelajar untuk belajar online di rumah

Adapto

Fitur ini memiliki tujuan agar anak lebih interaktif selama belajar berdasarkan kemampuan belajar anak. Di mana nantinya mengambil manfaat dari hasil nilai dalam video. Sehingga dapat mendorong anak untuk lebih banyak belajar pada setiap sesi yang membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan dan imersif.

Rencana Belajar/Playlist Belajar

Pada fitur ini anak akan bisa melanjutkan pembelajaran di Ruang Guru saat di tengah-tengah menonton video harus berhenti. Sehingga anak tidak perlu mengulang dari awal.

Terdapat Subtitle pada Video

Menonton video memang menyenangkan, ya. Tetapi akan lebih seru jika ada subtitlenya. Terutama untuk video pendidikan seperti fitur baru di Ruangbelajar ini, terdapat subtitle yang akan memudahkan anak-anak memahami setiap materi tanpa terlewat. Bahkan cocok untuk penyandang disabilitas.

Fitur Pencarian

Dengan fitur pencarian ini tentunya lebih memudahkan anak mencari materi yang memang tengah dicari. Misal anak mencari video tentang Fisika Gelombang Elektromagnetis, maka tinggal mengetikan kata kunci video akan muncul. Lebih menghemat waktu juga.

Pet Mission

Wah, apa nih? Sesuai namanya, pada fitur ini akan ada misi pada halaman evolusi hewan peliharaan. Jika dalam seminggu mampu menyelesaikan 4 misi maka akan mendapat 1 batu evolusi hewan peliharaan. Menarik, kan.

Tes Minat Bakat

Untuk mengetahui minat dan bakat anak maka bisa melakukan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC di fitur Tes Minat Bakat ini. Di mana hasilnya untuk mengukur kemampuan dedukatif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning. Sehingga dapat memperkirakan jurusan yang sesuai dengan minat anak sesuai bakat yang dimiliki.

Nah, demikianlah fitur baru dari Ruangbelajar yang launching di bulan Juli. Tentunya dengan fitur tersebut membuat belajar online di rumah karena virus corona jadi lebih efektif.

Lalu, bagaimana cara aksesnya?

Akses Ruangbelajar

Saat belajar daring di rumah tentunya akses juga penting banget karena belajar online mengandalkan internet. Akan tetapi, di Ruang Guru ini dapat diakses secara offline dengan mengunduh materi terlebih dahulu. Selain itu, akses Ruangbelajar tidak harus menggunakan ponsel karena bisa anak dan orang tua akses melalui desktop yang sudah tersedia untuk Windows dan Mac.

Tidak hanya akses yang mudah, orang tua dapat menerima rapor anak untuk memantau perkembangan belajar buah hati melalui whatshap Ruang Guru. Caranya cukup ketik Rapor Anak. Tidak hanya asyik untuk anak ya, tetapi orang tua juga dapat mengetahui hasil anak belajar online di rumah.

Baca Juga: Melawan Keterbatasan dengan Belajar

Penutup

Dampak belajar online di rumah selama Pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan anak, tetapi orang tua yang mau tidak mau harus tetap mengawasi dan membimbing selama proses pembelajaran. Walau begitu layanan belajar Ruang Guru memudahkan orang tua dalam menemani anak belajar daring. Sehingga tidak khawatir lagi jika anak tiba-tiba bertanya tentang materi belajar.

Previous Post Next Post

13 Comments

  1. Reply Farida Pane Juli 5, 2021 at 20:06

    Ruangbelajar emang keren, nih. Ditambah fitur2 baru bikin makin semangat belajar, deh

  2. Reply Sandra Hamidah Juli 6, 2021 at 10:22

    Kadang kita tuh suka lupa pelajaran dasar jadi Ruangguru tuh membangkitkan banget apalagi di tengah pandemi sekarang ya kak.

  3. Reply Istiqomah Sweet Juli 6, 2021 at 14:17

    Ruang guru ini semacam guru les privat berbasis online gitu ya kak? atau hanya untuk anak-anak saja ya kak?

  4. Reply Sitatur rohmah Juli 6, 2021 at 14:32

    Sudah seharusnya ketika anak belajar,orang tua mendampingi anak belajar ya kak. Meskipun para teacher (Ruangguru) nya juga membantu dalam menyampaikan dan menyelesaikan tugas anak.
    Supaya kita pun sebagai orang tua dapat memantau langsung perkembangan sang anak dalam belajar.

  5. Reply Ella Fitria Juli 7, 2021 at 16:12

    Memang bagus banget layanan ruang guru ini ya kak. Apalagi di masa pandemi ini yg semua serba online, kadang anak2 lebih sibuk main gadget. Drpd main gadget nggak jelas mending ortu mengarahkan untuk ikut kelas belajar gini

  6. Reply Denik Juli 7, 2021 at 18:21

    Ruang guru memang sangat membantu sekali ya Mba. Apalagi kalau anaknya memang mandiri. Semakin tenang melepasnya belajar sendiri tanpa pendamping

  7. Reply Alia Arifin Juli 8, 2021 at 10:03

    Ruang guru emank sangat membantu banget,, anak2 lebih mudah mengerti terlebih masa pandemi gini,,,
    Pilihan tepat Dipilih ibu rumah tangga sekarang ini

  8. Reply Maria Tanjung Sari Juli 8, 2021 at 20:24

    Sepertinya saya harus merekomendasikan ke semua teman yang mengeluh harus mendampingi anak selama PJJ. Karena mereka para orang tua tidak terbiasa menemani anak belajar kali ya

  9. Reply Rini Rahmawati Juli 9, 2021 at 07:45

    Ruang guru emang keren ya

    Ditambah lagi dengan adanya ruang belajar pasti anak- anak akan semakin semangat dalam belajar

  10. Reply Arif R Juli 11, 2021 at 06:46

    Memang Ruang Guru yg terdepan, memang di musim pandemi ini di perlukan inovasi pembelajaran jarak jauh, agar benar² maksimal dan si anak yg belajar juga nggak gampang bosan, sepertinya Ruang Guru cocok di terapkan ini.

  11. Reply Nurhilmiyah Juli 11, 2021 at 18:48

    Ruang Belajar by Ruangguru ini ada tes minat bakatnya juga ya Mbak… buat siswa2 SMA ini penting banget bs mengarahkan kemampuan dan kemauan dia tuh cocoknya kuliah di mana. Nice info Mbak, thanks

  12. Reply antung apriana Juli 12, 2021 at 13:56

    wah seru banget ya, kayaknya belajar di ruangbelajar ini soalnya ada anime-animenya gitu. jadinya anak nggak bosan deh pas belajar

  13. Reply Finaira Kara Juli 15, 2021 at 07:52

    Aku sendiri walau udah kuliah adalah pengguna ruang belajar, sekalian sama adikku, tapi aku juga pake. Mengingat pelajaran sekaligus nengok gimana cara ngajarnya para tutor

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.