Mengatasi Berita Hoax di Internet. Lakukan dengan 10 Langkah Ini!

cara mengatasi berita hoax

Berita hoax yang beredar di internet tidak mudah untuk kita hindari begitu saja, tetapi ada cara untuk mengatasi ribuan informasi yang masuk dengan menyaring dan memastikan bahwa berita tersebut apakah fakta atau hoax.

Ya. Setiap harinya setiap orang dapat membuat dan menyebarkan informasi di dunia maya tanpa adanya proses eliminasi terlebih dahulu. Sehingga sebagai pengguna internet kita harus lebih waspada terhadap informasi apa pun yang beredar di media sosial misalnya atau di platform media masa. Jika tidak ada proses pemilahan berita tentunya kita akan mudah termakan berita palsu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi berita hoax?

Sebelum aku berbagi informasi menegnai langkah-langkah dalam mengatasi berita hoax hasil mengikuti workshop Cek Fakta Kesehatan bersama Tempo sesi 1 dengan pemateri Mba Ika Ningtyas, akan lebih baik jika terlebih dahulu memahami penyebab, jenis dan dampak dari hoax.

Penyebaran Berita Hoax di Internet

cara mengatasi dampak berita hoax

Berita hoaks atau berita bohong adalah sebuah konten informasi yang sengaja dibuat untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Mengingat rendahnya literasi digital di Indonesia yang menduduki peringkat ke-70 di dunia membuat perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan literasi yang baik.

Jangankan literasi digital, minat baca orang Indonesia saja menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara. Selain itu, indonesia juga menduduki peringkat sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Tidak heran jika Indonesia merupakan pasar empuk dalam penyebaran konten palsu sehinga mudah untuk terprovokasi. Khususnya saat ada momentum tertentu seperti pemilihan presiden (PilPres).

workshop-berita-hoax-tempo

Dalam sesi workshop Mba Ika mengajak kami untuk cek video yang sempat viral saat Pemilu 2019, namun faktanya tidak seperti itu. Mungkin teman-teman juga ingat dengan kondisi pemilihan presiden tahun 2014/2019. Di mana sirkulasi hoaks beredar dengan cepat karena adanya fanatisme berlebihan terhadap kelompok calon. Bahkan ideologi menyebabkan seseorang mudah termakan hoaks. Mengerikan, ya?

Tujuan Penyebaran Berita Hoax

Hoax dibuat karena ada tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh pembuat berita plasu, diantaranya:

  • Sekedar lucu-lucuan
  • Menciptakan Profokasi yang disengaja
  • Partisanship
  • Mencari keuntungan finansial/uang dari click bait
  • Adanya gerakan politik atau propoganda

Dari tujuan tersebut muncullah misinformasi dan disinformasi dalam balutan berita hoax.

Jenis-Jenis Berita Hoax

Berdasarkan standar First Draft yang merupakan sebuah organisasi riset dengan fokus pada media-media di Amerika menyebutkan bahwa ada 7 macam hoax karena misinformasi dan disinformasi, yaitu:

  1. Satire
  2. Konten Menyesatkan
  3. Konten Aspal
  4. Berita Pabrikasi
  5. Konten yang tidak nyambung
  6. Berita dengan konteks salah
  7. Konten manipulatif

Dampak Konten atau Berita Palsu

Banyaknya konten hoax yang beredar memberikan dampak yang sangat besar terhadap perilaku dan pola pikir masyarakat. Kasus saat PilPres di atas misalnya menciptakan kebencian antar satu pihak dengan pihak lainnya bahkan sampai menyinggung SARA.

Contoh kasus lainnya yaitu dampak terhadap penanganan penularan virus corona yang tengah kita hadapi saat ini. Berita hoax yang beredar membuat penanganan menjadi terlambat dan mengalami gangguan dari berbagai sisi. Ketidakpercayaan, mengabaikan protokol kesehatan hingga menimbulkan kegaduhan dengan provokasi.

Tidak heran jika saat ini, per Juni 2021 angka suspek terpapar Corona Virus meningkat tajam. Bahkan semakin menyebar dekat ke lingkungan di mana kita tinggal. Di Lingkungan tempat tinggalku misalnya, setiap hari ada saja laporan kasus yang masuk. Bagaimana di tempat tinggal teman-teman?

Oleh sebab itu, terlepas dari literasi yang rendah kita harus mengontrol berita yang masuk dari internet dengan tidak sembarangan mencernanya. Langkah yang tepat dalam mengatasi berita hoax akan membuat kita lebih bijak dalam menerima dan mengambil informasi yang beredar. Terlebih sudah banyak juga situs cek fakta yang akan membantu kita dalam verifikasi berita hoax.

10 Langkah Mengatasi Berita Hoax

tips mengatasi berita hoax di media sosial

Saat berita hoax mulai menyebar di internet dan media sosial, lalu sampai ke orang-orang terdekat maka cara mengatasi berita hoax di internet ini dapat membantu teman-teman untuk menghentikan informasi palsu tersebut tidak beredar semakin luas. Di mana kita harus berperan dalam menyetop dan menghentikannya, lalu melakukan klarifikasi bahwa berita tersebut tidak benar.

So, ini cara mengatasi berita hoax di dunia maya.

1. Cek Alamat Situs

Saat menerima suatu informasi dari situs-situs tertentu maka segera melakukan kroscek terhadap situs tersebut melalui who.is atau cek di domainbigdata.com karena banyak sekali situs abal-abal yang tersebar luas di internet.

2. Cek Data Perusahaan Media Online

Kita juga bisa cek media atau situs online tersebut apakah berbadan hukum atau belum dengan melakukan pengecekan di direktori Dewan Pers melalui https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers. Walau begitu tidak semua media online yang tidak berbadan hukum merupakan situs abal-abal, ya.

3. Cek Detail Visual

Saat mendapatkan sebuah informasi dari media maka cek detail visual gambar situs tersebut. Apakah tampilan visualnya bagus atau tidak meyakinkan karena banyak sekali situs yang dibuat menyerupai media mainstream.

4. Terlalu Banyak Iklan

Jika kamu menemukan sebuah situs dengan iklan yang terlalu banyak dan menganggu serta judul klik bait maka hati-hati dan waspada, ya.

5. Membandingkan Ciri-Ciri Pakem Media

Terdapat ciri atau karakteristik yang menjadi pakem khas jurnalistik pada media mainstream. Seperti penulisan tanggal, nama penulis, sumber yang kredibel dan hyperlink tidak mengarah ke tempat lain yang tidak jelas.

6. Cek About Us

Mengecek about us dari suatu situs adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Pada halaman tersebut biasanya berisi informasi mengenai situs. Terutama untuk media mainstream karena berdasarkan UU Pers harus berbadan hukum, memiliki penanggung jawab, alamat yang jelas dan siapa saja orangnya. Selain itu mencantumkan pedoman pemberitaan media siber.

7. Hati-Hati dengan Judul Sensasional

Siapa pun pasti sangat tertarik dengan berita yang sensasional, akan tetapi harus tetap waspada karena judul yang sensasional kebanyakan hanya klik bait. Oleh sebab itu, baca berita hingga akhir jangan hanya berhenti ketika membaca judulnya saja, lalu disebarkan begitu saja. Jangan sampai!

8. Cek ke Situs Media Mainstream

Tidak sedikit situs-situs yang mengambil berita dari media mainstream. Jika kamu menemukan berita yang seperti itu cek juga di situs aslinya dan bandingkan, ya. Takutnya ada berita yang isi konteksnya dihilangkan atau diganti.

9. Cek Gambar Utama di Google Reverse Image

Selain judul dan isi tulisan, kita juga harus cek gambar utama atau gambar tajuk pada berita tersebut. Caranya cukup mudah dengan memastikan apakah foto tersebut sudah dimuat di media mainstream karena situs abal-abal biasanya mengambil foto dari tempat lain. Yang perlu di verifikasi pada sebuah foto adalah memerhatikan gedung, toko, plat nomor kendaraan, nama jalan, huruf-hurf dan lainnya yang terdapat dalam foto tersebut.

Alat untuk verifikasi foto yaitu dengan reverse image Google untuk verifikasi foto yang diambil dari internet. Ada juga reverse image Yandex dari Rusia untuk penelusuran foto, khususnya eksplorasi situs di Eropa Timur. Selain itu bisa menggunaka Tineye yang menelusuri foto berdasarkan urutan waktu dan Bing milik Microsoft serta Baidu.

10. Verifikasi Video

Selain foto, kita juga harus verifikasi video yang beredar di internet. Seperti cara mengatasi berita hoax propokatif dan sara dari sebuah video tidak beda jauh dengan melakukan verifikasi seperti pada sebuah gambar. Selalu perhatikan bagian-bagian yang tertangkap dalam video tersebut. Dari gedung, huruf-huruf, jalan, dan dengarkan audio hingga akhir.

Cara verifikasinya dengan memfragmentasi video menjadi sebuah gambar lalu cek dengan tools InVID. Tools ini dapat memfragmentasi sebuah video sekaligus melakukan reverse image dari seluruh tautan media sosial dan file lokal. Selain itu dilengkapi dengan pemeriksaan metadata dan analisis forensik foto.

Penutup

10 tips mengatasi berita hoax di atas, baik yang kita terima dari internet, media sosial dan lainnya akan memudahkan kita dalam mengecek kebenaran berita tersebut. Tetap waspada dan selalu berhati-hati akan setiap konten yang berupa misinformasi dan disinformasi yang mengarah pada pemberitaan palsu.

Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, tidak sedikit berita palsu tentang kesehatan yang beredar luas. Seperti apa berita hoax tentang Covid-19? Nantikan lanjutan artikelnya, ya.

Previous Post Next Post

19 Comments

  1. Reply nurulrahma Juni 28, 2021 at 16:21

    Wah, iya bener juga yaak. rendahnya literasi digital di Indonesia membuat perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan literasi yang baik. Akibatnya banyak yg gampang kena jebakan hoaks.

    Padahal, indonesia menduduki peringkat sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Semogaaa, tips2 mengatasi berita hoax ini bisa dipraktikkan kita semua ya

  2. Reply Ria Kurniasih Juni 28, 2021 at 17:55

    Izin share ya mbak, ini nih sepertinya penting banget untuk di sebarluaskan. Terutama ke grup-grup keluarga yang suka share berita-berita hoaks ke grup. Padahal beritanya belum tentu betul.

  3. Reply Nunung Juni 30, 2021 at 07:09

    Nah berita hoax ini sebenarnya banyak banget. Harus pintar pintar mengeceknya. Soalnya banyak dan terkadang meresahkan. Sayangnya malah banyak juga yang langsung share via wa group.

    Klau aku juga seringnya tidak terima mentah mentah berita hoax seperti ini. Di cek dulu benar tidaknya dan gak berani share . Padahal mudah banget ya cara deteksinya. Makasih mbak

  4. Reply Dedew Juni 30, 2021 at 10:00

    Iya sekarang harus waspada ya menyaring berita yang ada, banyak yang menyesatkan dan berbahaya jika ditiru misalnya saja berita hoax kesehatan duh mudah banget beredar di WAG dan banyak yang percaya pula..hiks…

  5. Reply lendyagasshi Juni 30, 2021 at 11:52

    Ini juga bagian dari tugas blogger yaa..
    Menyampaikan informasi yang baik dan benar agar tidak menyesatkan pembaca. Jangan lupa untuk mencantumkan fakta dan menuliskan sumbernya.
    Agar lebih mudah tracing berita hoax atau bukan.

  6. Reply Nanik Nara Juni 30, 2021 at 15:35

    10 cara mengatassi berita hoax perlu banget nih disebarluaskan informasinya, biar group wa aman, tenang, damai, bebas dari berita hoax yang kadang bikin anggota group berselisih paham. Penyebar berita diingatkan bukannya sadar, menyesal dan minta maaf, tapi malah ngegas.

  7. Reply Dian Juni 30, 2021 at 17:48

    10 tips mengatasi berita hoax ini sangat penting kak
    sekarang banyak banget hoaks yang beredar di masyarakat
    bahaya klo nggak segera diatasi

  8. Reply Suciarti Wahyuningtyas Juni 30, 2021 at 18:08

    Di saat pandemi gini justru berita hoaxnya lebih santer ya, kasihan kalau itu berita sampai ke group orangtua kita yang mana gak mungkin kayak kita harus menelusuri kebenarannya. Kalau aku menekankan ke mamahku, apapun yang diterima di grup WA tanya dulu ke aku jangan ditelan mentah2.

  9. Reply Andiyani Achmad Juni 30, 2021 at 18:56

    dampak dari informasi dan berita hoax di internet memang separah itu, bahkan bisa bikin banyak kelompok yang pro dan kontra jadi ribut ya

  10. Reply Rina Susanti Juni 30, 2021 at 19:53

    Memelintir berita termasuk hoax ya karena jadi salah tafsir dan bikin gaduh, adu domba yang model begini banyak.

  11. Reply Dian Restu Agustina Juni 30, 2021 at 19:59

    Selama pandemi makin parah hoaks terutama seputar kesehatan…bikin pusing kepala. Syukurnya ada lembaga yang bisa membantu cek fakta seperti Cek Fakta Tempo ini. Juga kita bisa coba saring dan memeriksa kebenarannya sebelumnya membagikan infonya

  12. Reply Larasatinesa Juni 30, 2021 at 19:59

    Ini infonya wajib dishare ke keluarga nih biar lebih aware sama berita hoax. Ibuku sering banget share berita yang belum tau kebenarannya.

  13. Reply Aswinda Utari Juni 30, 2021 at 20:05

    Yg bikin gemes kadang itu orang2 yg asal share2 aja berita tanpa dibaca total. Cm dibaca judul doang sdh screenshot sana sini. Gemess. Kadang tuh kan sebar2 gitu bs membahayakan org lain jg akhirnya

  14. Reply Milda Ini Juni 30, 2021 at 21:03

    untuk banyak orang 10 langkah ini ribet loh, hehehe. padahal ini penting dan supaya kita jga gak terjerat sama hukum kan

    • Reply Utie adnu Juni 30, 2021 at 22:51

      Ada yg bilang berita hoax harusy brhenti di jari Kita itu setuju bngt y hrs bener Tau sumbernya baru Kita bisa coment y mba

  15. Reply [email protected] Juli 1, 2021 at 11:54

    Di masa pandemi ini banyak banget berita hoax bertebaran ya mbak, apalagi lewat grup WA yang kadang anggotanya orang yang udah pra lansia. Beruntung banget kalau mereka mau nanya ke anaknya, nah kalau enggak kan repot banget. Soalnya belum tentu semua pra lansia juga bisa kroscek berita hoax tersebut.

  16. Reply Desy Yusnita Juli 1, 2021 at 15:19

    Berita hoax memang harus dibasmi deh, aku juga mulai memerangi kalo d WAG ada yang nyebarin berita hoax langsung bales dengan berita faktanya.

  17. Reply Diah Kusumastuti Juli 2, 2021 at 01:14

    Berita-berita hoax nih emang meresahkan banget, ya. Dan emang literasi masyarakat Indonesia tuh rendah, apalagi literasi digitalnya. Bahkan banyak guru atau dosen yang sering share berita hoax juga, hemm..
    Makasih atas sharingnya, Mbak. Tips cek berita hoax-nya bisa dicatet, nih.

  18. Reply Hikmah Khaerunnisa Juli 2, 2021 at 15:34

    Kita harus benar2 selektif ya mba dalam mencari berita di jaman sekarang. Kadang terlalu banyak berita simpang saur bahkan tidak konsisten. Partai berita terpercaya juga jadi andalan aku untuk akses berita. Dan berita-berita tertentu aja yang aku kau tau. Kalau enga ya bye aja biar gak penuhin pikiran mba.. hehe

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.