7 Cara Mudah Menghilangkan Karat pada Sepeda

cara menghilangkan karat pada sepeda

Kamu kesulitan dengan masalah korosi di sepeda? Yuk, coba cara menghilangkan karat pada sepeda berikut ini. Akan tetapi sebelum membahas tips mengatasi karat akan lebih baik cek terlebih dahulu penyebabnya, nih.

Sepeda terdiri dari berbagai komponen yang terbuat dari besi atau logam seperti velg, rante, baut dan lainnya. Jika bagian besi tersebut memiliki kontak dengan air maka karat tidak terhindari akan muncul dan memenuhi bagian besi jika tidak segera diatasi. Terlebih jika sepeda jarang digunakan maka karat akan semakin menumpuk. Ini sangat tidak bagus untuk kondisi sepeda.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan karat tersebut, kalian bisa menggunakan berbagai cara mudah yang akan aku bahas pada artikel ini untuk membantu dalam mengatasi karat sepeda. Jangan sampai karat sudah menyebar luas dan membuat bagian-bagian sepeda menjadi rapuh membuat sepeda menjadi rusak.

Cara Menghilangkan Karat pada Besi Sepeda

menghilangkan karat pelek sepeda dengan lemon

Tidak ada akibat tanpa sebab. Betul? Pemicu karat yang muncul di sepeda karena adanya interaksi antara besi (Fe) dengan air atau uap (H2O). Seperti karat pada bagian rantai karena terkena air dan tidak segera teman-teman keringkan. Penyebab lain karena tidak menggunakan oil dan anti korosi sehingga karat mudah muncul pada bagian besi sepeda.

Jika karat mulai muncul, terlebih semakin menumpuk segera hilangkan dengan melakukan tips di bawah ini.

Amplas

Amplas bagian sepeda yang berkarat. Sebelum itu, oleskan terlebih dahulu sabun colek dan beri sedikit air pada bagian yang berkarat. Gunakan amplas yang lembut untuk karat yang tipis dan pakai amplas kasar jika karat terlihat tebal.

Baking Soda

Punya stok baking soda di rumah? Bisa teman-teman gunakan untuk mengatasi karat pada sepeda. Penggunaannya dengan mengoleskan baking soda yang sudah dicampur sedikit air hingga membentuk pasta. Diamkan selama satu jam, lalu gosok dengan sikat kawat.

Lemon

Lemon mengandung zat asam yang ampuh dalam menghilangkan karat pada besi sepeda yang belum membandel. Jika pada komponen sepeda mulai bermunculan karat segera rendam pada perasan air lemon yang dicampur dengan garam. Lalu, diamkan selama 2 jam dan setelah itu gosok menggunakan sikat kawat atau besi.

Cuka

Cuka ampuh untuk merontokan karat pada besi. Bahkan karat yang bandel sekalipun. Masukkan besi yang berkarat pada wadah berisi cuka dan rendam selama semalaman. Jika masih ada karat yang tersisa, lakukan secara berulang.

Larutan Asam Sitrat

Kalian juga bisa menghilangkan karat pada rantai sepeda maupun bagian lainnya dengan larutam asam sitrat. Cukup campur dengan air hangat dan rendam bagian komponen sepeda berkarat tersebut selama 30 menit dan paling lama sekitar 1 jam.

Pasir

Menghilangkan korosi dengan menggosok bagian yang berkarat dengan pasir sangat bisa, loh. Untuk hasil yang maksimal gunakan pasir lembut hasil saringan dan oles dulu bagian yang berkarat dengan sabun colek, lalu beri sedikit air.

Minuman Soda

Terbilang anti mainstream, ya. Akan tetapi baking soda bisa juga untuk mengatasi karat sepeda. Hanya saja mungkin membutuhkan banyak minuman soda karena cara menghilangkan karat dengan merendam komponen sepeda berkarat tersebut.

Penutup

Demikianlah mengatasi karat yang muncul pada sepeda yang kamu miliki. Caranya sangat mudah dan simpel, kan. Terlebih menggunakan bahan-bahan yang kebanyakan ada di rumah. So, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Walau begitu tetap jaga sepeda dengan baik, ya.

Mencegah karat pada sepeda dengan segera mengeringkan jika terkena air sebelum di simpan karena air mempercepat proses pembentukan karat. Pun, bisa menggunakan semprotan anti karat pada bagian-bagain yang memungkinkan karat mudah muncul.

Selain itu, perhatikan juga bagian-bagian sepeda yang menggunakan cat karena jika cat mengelupas tidak menutup kemungkinan karat akan muncul sehingga segera lakukan pengecetan.

Yuk, jaga sepeda dan rutin melakukan perawatan untuk menghilangkan karat pada sepeda.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.