Cara Menghasilkan Uang dari Blog Hingga Jutaan Rupiah Per Bulan

cara menghasilkan uang dari blog

Tidak sedikit orang yang bertanya apakah dari blog memang menghasilkan uang? Jawabannya sudah pasti bisa dong, karena pundi-pundi rupiah bisa didapat dari blog. Sehingga tidak heran banyak blogger yang mulai monetisasi blog pribadi mereka.

Jika biasanya blog sekedar rumah kedua untuk mencurahkan kegalauan dan aktivitas sehari-hari, tidak ada salahnya menjadi blogger berpenghasilan. Agar saat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Menulis untuk sekedar hobi tetap berjalan dan cuan masuk ke dompet biar makin tebal. Jangan heran juga jika banyak blogger yang penghasilan utamanya dari blog.

Mau juga? Yuk, intip dulu sumber penghasilan blogger dari menulis di blog.

Sumber penghasilan blogger

sumber penghasilan blogger pemula

Menghasilkan uang dari blog banyak sumbernya, loh. Bisa dibilang ini adalah cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal. Yang tidak asing lagi yaitu adsense karena banyak dipasang pada situs-situs blogger. Kabar baiknya tidak harus mengandalkan adsense saja agar blog bisa meraup pundi-pundi rupiah.

Banyak jalan ninja menuju pendapatan yang lebih besar lagi. Lalu, dari mana saja sumber penghasilan blogger?

1. Google Adsense

Seperti yang sudah aku singgung sebelumnya, memasang iklan di blog dengan adsense merupakan cara yang banyak blogger lakukan agar blog menghasilkan uang. Di sini agar iklan tidak mengganggu pengunjung maka pasang iklan yang relevan dengan blog dan menarik. Selain itu karena sistem adsense CPC (cost-per-click) sehingga perlu untuk memerhatikan tata letak iklan pada blog karena jika terlalu over, pengunjung enggan datang lagi.

2. Conten Placement

Mendapatkan cuan dari blog bisa dengan menerima content placement. Cara ini juga sering blogger lakukan agar menghasilkan cuan karena berharap dari adsense saja tidak cukup apalagi view masih sedikit. Berbeda jika page view tinggi, gajian dari adsense pasti lancar jaya.

3. Menjadi Reviewer

Menjadi reviewer tidak hanya berlaku untuk pengguna instagram, tiktok atau youtuber, blogger juga bisa jadi reviewer. Jadi jika kamu memiliki branding yang bagus pasti ada brand yang melirik untuk ulas produk mereka. Akan tetapi untuk review produk bagusnya tema blog yang fokus pada satu niche seperti beauty sering dicari brand kosmetik untuk review produk.

4. Jasa Content Writer Dan Penulis Buku

Jika memiliki keahlian dalam membuat tulisan yang baik dan menarik, atau ahli membuat artikel SEO tidak ada salahnya membuka jasa pembuatan artikel. Banyak blogger yang memanfaatkan kahliannya dalam bidang menulis ini karena banyak yang mencari jasa penulisan artikel.

Kamu juga bisa merambah ke dunia penerbitan dengan menjadi penulis buku fiksi maupun non fiksi. Kenal dengan Mark Manson? Berawal dari blog kini tulisan-tulisannya menjadi sebuah buku. Salah satunya buku yang berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Blogger Indonesia juga banyak yang menerbitkan buku dari hobi menulis di blog.

5. Bergabung di Digital Agency

Saat ini banyak sekali digital agency yang mempertemukan pengiklan dan blogger. Caranya pun sangat mudah dan gratis. Cukup daftar dan memasukkan data blog maka blog sudah terdaftar pada layanan agency tersebut. Tinggal menunggu blog dilirik oleh pembeli backlink.

Sudah ada gambaran dong dengan sumber penghasilan blogger di atas. Selanjutnya akau mau berbagi tempat jual beli backlink agar kamu bisa mendaftarkan blog di sana dan menghasilkan uang.

Platform Jual Backlink untuk Menghasilkan Uang dari Blog

menghasilkan uang dari blog dengan backlink

Sosiago

Sosiago adalah platform untuk influencer dan advertiser. Sistem di sini blogger harus bid jika ada task baru dan sesuai dengan ketentuan. Akan tetapi ada juga yang menghubungi langsung tanpa harus mendaftarkan blog terlebih dahulu. Jika selesai mengerjakan order akan mendapat poin untuk dikumpulkan karena ada hadiah jika poin tinggi. Selain itu Sosiago juga sering mengadakan lomba SEO, loh yang hadiahnya bisa puluhan juta. Sistem pembayarannya juga cukup mudah karena blogger bisa menarik saldo berapa pun besarnya atau bisa juga ditabung terlebih dahulu.

Vira

Sistem di vira juga sama nih, blogger harus bid task dulu. Jika di approve oleh advertiser tinggal mengerjakan sesuai waktu yang ditentukan. Setelah laporan tinggal menunggu review dan saldo baru akan masuk ke dompet. Di Vira ada ketentuan khusus untuk nominal penarikannya, ya.

HIIP

HIIP adalah platform digital terbesar di Asia Tenggara yang sudah menghubungkan antara influencer dengan advertiser. Untuk Indonesia HIIP bekerjasama dengan Blogger Perempuan dan kamu bisa download aplikasinya di playstore untuk memudahkan join jika ada job baru. Pastikan saja blog dan sosial media sesuai kriteria yang dicari advertiser. Jangan isi jika DA blog atau follower media sosial tidak mencukupi.

Rajabacklink

Kamu blogger? Jangan lupa daftarkan blog di Rajabacklink jika ingin menghasilkan uang dari blog. Dari digital agency ini blogger bisa menghasilkan uang denan jual backlink. Ya, menggunakan istilah beli dan jual backlink. Di mana sistem yang tidak beda jauh dengan Vira jika mendapat job blogger menulis artikel untuk di publish di blog yang terdaftar dan terpilih. Hanya saja di sini kamu tidak perlu bid task, cukup menunggu notifikasi sms atau email jika mendapat pemberitahuan order. Bahkan kamu berhak menolak jika job tidak sesuai dengan blog.

Mediabacklink

Menggunakan sistem yang sama dengan Rajabacklink di sini kamu juga tinggal menunggu notifikasi di email jika menerima job backlink. Untuk pembayarannya bagi hasil, misal kita pasang harga 150rb maka 20% untuk mediabacklink. Kalau rajabacklink pembagiannya 70:30%.

Selain kelima platform di atas masih ada beberapa agency lagi yang menyediakan tempat untuk blogger bisa menjual backlink pada advertiser. Untuk saat ini lima dulu saja, ya karena aku sendiri belum gabung di tempat lain.

Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang

Di atas telah dijelaskan sumber penghasilan blogger mendapatkan penghasilan dari blog. Akan tetapi ada hal yang tidak boleh terlupakan bahwa ada kriteria tertentu agar blog dilirik sponsor. Bahkan adsense bisa di acc google saja tidak mudah, loh. Salah satu penilaian blog harus aktif, tampilan menarik dan pertimbangan lainnya.

Adapun syarat blog agar bisa di monetisasi, yaitu.

  1. Perbanyak tulisan organik karena terlalu banyak artikel content placement kurang baik di mata google.
  2. Loading blog cepat untuk meningkatkan trafik blog.
  3. Tulisan menarik dan kalau bisa memiliki ciri khas untuk branding karena personal branding untuk blogger itu sangat penting.
  4. Artikel dengan struktur SEO yang baik memiliki nilai lebih di mata advertiser.
  5. DA dan DR tinggi karena kebanyakan salah satu syarat mendapat job content placement maupun yang di tulis sendiri memiliki DA dan DR tinggi. Dengan DA tinggi blogger dapat menentukan ratecard yang tinggi pula.
  6. Page View tinggi menjadi poin penting agar sponsor memilih blog yang kita kelola. Dalam hal ini masih berhubungan dengan poin kelima di atas.
  7. Pasang portofolio di blog dan mencantumkan e-mail agar sponsor mudah menghubungi kita.

Syarat di atas wajib blogger pahami jika memang ingin memiliki penghasilan tambahan dari personal blog masing-masing.

Penutup

Apa pun hobinya selalu ada peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti blogger yang akhirnya dapat menghasilkan uang dari blog. Terpenting yakin dan tidak menyerah karena sesuai syarat di atas monetisasi itu ada ketentuannya. Dari pengalaman prosesnya lumayan panjang dan butuh trial serta eror dalam membangun blog yang lebih profesional.

So, jangan berhenti jika perlu kamu bisa mengikuti kelas seo online atau belajar dengan bergabung di komunitas blogger. Lakukan secara perlahan dan bertahap dalam monetisasi blog.

Previous Post Next Post

One Comment

  1. Reply Tikno Juni 27, 2021 at 18:06

    Sayangnya saya termasuk yang tidak beruntung.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.