Cara Jitu Mengatasi Stres di Rumah Selama Pandemi

cara mengatasi stres selama di rumah

PPKM yang terus diperpanjang membuatku mulai bosan di rumah saja dan mau tidak mau harus cari cara dalam mengatasi stres yang mulai naik ke ubun-ubun. Aktivitas di rumah, walau tidak menghabiskan waktu dengan sia-sia tetap saja jenuh menyengat kewarasanku. Rasanya ingin segera beranjak melancong ke tempat wisata, namun Pandemi Covid-19 menahan semua rasa itu.

Ada yang mengalami kejenuhan yang mulai beralih menjadi stres?

Tos. Kita satu frekuensi. Sayangnya stres tidak boleh kita abaikan begitu saja, kan. Selain menimbulkan penyakit mental, kondisi fisik pun akan memburuk. Sedangkan selama Pandemi ini kita harus lebih aware terhadap kesehatan diri sendiri agar Covid-19 tidak mudah menyerang. Mengingat varian baru yang kini masih menyebar d luar sana lebih ganas dan mematikan.

Oleh sebab itu, mari kita cari solusi yang jitu dalam menngatasi stres selama di rumah saja.

5 Cara Mengatasi Stres di Rumah

Seperti yang teman-teman ketahui, selama di rumah saja tidak menyurutkan kita untuk malas melakukan aktivitas karena kita masih tetap produktif di tengah keterbatasan. Pun dalam mengatasi rasa bosan yang tengah melanda. Akan selalu ada cara menghilangkan stres dan jenuh walau harus di rumah saja.

So, bagaimana cara mengatasi stres?

Berikut ini 5 hal yang aku lakukan saat stres dan jenuh mulai mengganggu produktifitas.

1. Menciptakan Suasana Baru

Selama PPKM aku lebih sering work from home dan masuk kantor hanya dua hari dalam seminggu. Sebagai marketing, Pandemi membuatku lebih sering jenuh dan bosan karena tidak bebas bertemu dengan customer. Terlebih saat WFH karena pekerjaan semua aku lakukan di rumah.

Oleh sebab itu, ketika mulai jenuh aku mengubah tempat kerja atau pindah lokasi. Yang biasanya bekerja di ruang utama, terkadang aku pindah di kamar atau di teras depan. Terkadang alunan lagu Jepang romantis menemani aktivitas kerjaku.

2. Jalan Santai Di Komplek Rumah

Di rumah saja memang membuat tidak betah, ya. Sesekali berjalanlah di sekitaran rumah, menikmati udara pagi yang menyejukan atau hangatnya mentari sore yang menenangkan. Terutama selama musim kemarau ini, senja selalu menampakan warna cantiknya.

Terpenting tetap menerapkan protokol kesehatan, ya. Memakai masker, menjaga jarak dan selalu bawa handsanitizer.

3. Me Time dengan Hobi

Teman-teman pasti punya hobi yang paling disukai, dong. Membaca buku, menonton drama korea atau melukis. Apa pun hobinya, coba deh lakukan dengan suka cita sebagai cara mengatasi stres. Asal jangan ngegibah yang jelek-jelek di WAG, ya. Plakkk.

4. Meditasi

Melakukan meditasi bisa teman-teman lakukan di rumah saja. Seperti mendengarkan musik khusus meditasi atau mendengarkan ceramah-ceramah yang akan mengembalikan mood menjadi baik. Meditasi dalam menenangkan diri cocok banget sebagai cara menghilangkan stres dan depresi.

5. Bermain Game Online

Bermain game bisa menjadi cara jitu dalam mengatasi stres karena lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah. Terlebih akses game online saat ini sangat mudah dan banyak pilihannya. Seperti beberapa pilihan game menarik di Plays.org.

Menghilangkan Rasa Jenuh dengan Bermain Game di Plays.org

cara mengatasi stres dengan game plays

Plays.org adalah situs penyedia game online yang dapat kita akses secara gratis. Terdapat berbagai pilihan game menarik dan tidak asing dengan tampilan beda. Baik untuk sekedar hiburan maupun game yang benar-benar mengasah otak.

Terlebih, game di https://plays.org/ ini ramah untuk anak-anak karena tidak perlu top up atau beli koin. So, yang punya pengalaman buruk terhadap top up game online tidak perlu khawatir bermain di sini. Terdapat berbagai jenis game yang seru dan penuh tantangan.

Kita juga bisa cek update game terbaru di https://plays.org/games/ untuk menambah daftar list game yang ingin dimainkan.

Berikut ini beberapa game yang membuatku terkenang masa kanak-kanak. Bahakan ada yang membuatku hingga lupa, waktu.

Neon Invaders

game online plays neon invaders

Merupakan remake game dari Arcade Classic Space Invaders yang membuatku mengenang masa kecil. Cara bermainnya cukup mudah dengan menggeser tombol ke kanan dan kiri dan menembak pesawat alien. Walau terlihat, mudah semakin tinggi level semakin sulit juga tantagannya.

Defend the Sewers

game zuma cara mengatasi stres

Masih ingat dengan game Zuma? Di Plays.org ada juga lho, game sejenis dengan konsepnya yang sama yaitu mencocokan warna yang sama pada bola yang berjalan hingga berjumlah 3 buah. Permainan ini benar-benar menantang karena semakin tinggi level, semakin cepat juga bola bergeraknya. Terlebih saat segerombolan bola baru mulai bermunculan. Bikin kewalahan kalau tidak cepat dan salah strategi.

Guardians Defenders of Mathematica

game online guardian matematika

Ini adalah game yang benar-benar mengasah kemampuan kamu dalam bidang matematika. Yang jago matematika wajib main game Guardians Defenders of Mathematica ini. Tapi yang senang tantangan juga bisa banget, tenang saja gak bikin stres makin nambah kok karena kita bisa menggunakan kalkulator dalam menjawab soal. Haha

TMNT Pizza Quest: Pizza Quest

game online teenage ninja trutle

Game satu ini menggunakan karakter kartun Teenage Mutant Ninja Turtle. Di mana kita harus memperkuat kura-kura dalam mengalahkan musuh. Akan ada instruksi saat memainkan game ini. Seru dan menyenangkan, lho.

Spider Solitaire

game spider solitaire

Game satu ini favoritku banget. Bahkan aku sampai lupa waktu kalau sudah keasyikan. Permainannya terlihat mudah dan biasa-biasa saja. Tetapi pas pilih level yang tinggi bikin emosi karena sering gagal. Ada yang menarik dari game Spider Solitaire bahwa kita jangan menyerah saat hasil akhir tidak sesuai harapan. Mencoba dan lakukan taktik lain agar bisa meraih hasil yang memuaskan.

Penutup

Demikianlah cara aku dalam mengatasi stres karena di rumah saja. Dengan menata ulang suasana dan tetap melakukan aktivitas menyenangkan seperti bermain game online di Plays.org. Bermain game tidak hanya sekedar untuk hiburan belaka, melainkan ada hal positif yang bisa kita ambil.

Yuk, atasi rasa stres jenuh dengan pikiran positif dan kegiatan yang mengembalikan mood kembali bersemangat.

Previous Post Next Post

10 Comments

  1. Reply Akarui Cha Agustus 25, 2021 at 17:51

    Wah ada game yang beneran mirip banget sama Zuma.

    Trus trus ada Spider Solitaire, langsung keinget masa masa jaman kecil ada game ini di komputer jadul jaman dulu

    Asik ya main game buat lepas penat sepanjang beraktivitas saja di rumah.

  2. Reply Zen Agustus 26, 2021 at 05:23

    Sip deh. Ntar mau kucoba. Dia kira-kira perlu flash nggak ya untuk menjalankannya? Soalnya di browser yang di Linux, bawaannya nggak ada flash.

  3. Reply Vivi Agustus 26, 2021 at 11:45

    Saya suka game zuma…
    Dan saya pecinta game juga.
    boleh de ntar jalan jalan ke situs plyas.org nya..

  4. Reply ellafitria Agustus 27, 2021 at 12:08

    sepakat banget sih, cara2 di atas jitu banget mengatasi stres saat pandemi. suamiku hampir tiap waktu istirahatnya selalu main game. katanya buat menghilangkan stres, hihi. tp apalah aku yg nggak tahu kenapa dr dulu nggak tertarik main game.. aku lebih suka nonton film2 action 😀

  5. Reply Icha Marina Elliza Agustus 28, 2021 at 15:26

    Kalo yang spider Solitaire ini bikin aku inget zaman dulu pas kerja sekitar 13 tahun lalu.
    Kalo lagi bosen gak ada kerjaan ya buka itu aja. Paling seneng kalo udah berhasil. Bisa lah ngusir stress karena ada rasa puas.

  6. Reply Ririn Wandes Melalak Cantik Agustus 28, 2021 at 19:20

    Selama pandemi ini kayaknya orang-orang sudah banyak banget yang stres sih. Tantangan demi tantangan berdatangan ya dan tentunya suntuk juga sih. Saya pun cara mengatasinya dengan melakukan berbagai hobi di rumah termasuk menulis sehingga bisa mengobati juga rasa stres.

  7. Reply Atiq Agustus 29, 2021 at 06:02

    wah beruntung yaa masa pandemi yang sudah melek teknologi, jd meski di rumah aja gak bosen bisa ngegame hehe.. asal gak lupa waktu ngerjain yang lain aja nih hehehe

  8. Reply Jihan Agustus 29, 2021 at 17:07

    Aku juga main invaders itu mba wkkkwwk seru yak. Game zaman kecil jadii berasa nostalgia sama plays.org nihh

  9. Reply Mei Daema Agustus 29, 2021 at 17:30

    bermain game ini yang paling seru ya mba, apalagi mainnya sama keponakan-keponakan deh, makin seru

  10. Reply Nurhilmiyah Agustus 30, 2021 at 13:20

    Mengatasi stres dengan bermain gim daring atau game online ini mempan juga ya Mba… hmm jadi tau gim Defend The Sewers deg…seru banget ya apalaig bolanya warna-warni gitu… thanks rekomnya ya Mba

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.