7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebih dengan Bahan Alami

Tomoyo Rin

cara mengatasi rambut rontok berlebih

Rambut rontok umum terjadi pada siapa pun, terutama yang memiliki rambut panjang. Secara normal rambut yang rontok kisaran 50-100 helai saja. Jika lebih dari itu ada masalah dengan rambut kamu.

Yang mana banyak faktor penyebab seperti kulit kepala yang tidak sehat dan penyakit tertentu seperti kanker yang menyebabkan rambut rontok berlebih. Untuk itu, jika kamu mengalami rambut rontok berlebih baca informasi lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi di bawah ini.

Contents

Penyebab Rambut Rontok

Rambut yang rontok umumnya ditandai dengan rambut kering yang mudah patah. Walau mengalami kerontokan yang normal, tetapi sering menimbulkan rasa tidak nyaman dan hilangnya rasa percaya diri.

Terutama jika kamu sering bertemu banyak orang, ada satu helai saja rambut yang menempel di baju bikin kesal. Apalagi kalau berlebih tentunya akan sangat mengganggu.

Selain itu, membiarkan rambut mengalami kerontokan tidaklah baik. Tandanya kamu abai terhadap kesehatan kulit kepala. Yang mana penyebab kerontokan adanya gangguan pada siklus pertumbuhan rambut.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebakan rambut kamu semakin menipis karena kerontokan.

  • Pola Makan tidak sehat
  • Konsumsi obat tertentu
  • Wanita setelah melahirkan yang umumnya disebabkan oleh hormon
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Terlalu sering menggunakan hairdryer dan catokan
  • Jarang membersihkan rambut.

Dari enam faktor di atas kamu bisa mengatasi rambut rontok dengan tepat. Sehingga, tidak lagi pusing dengan kerontokan yang dapat menyebabkan kebotakan.

Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

tips mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

Saat mengalami kerontokan rambut berlebih kamu bisa mencoba melakukan perawatan dengan bahan-bahan alami, lho. Seperti beberapa bahan di bawah ini.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Salah satunya dalam mengatasi kerontokan.

Cara menggunakan lidah buaya agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan yang mengganggu yaitu cukup dengan oleskan gel lidah buaya 2 kali dalam seminggu.

2. Minyak Zaitun

Kandungan vitamin dan kalsium pada minyak zaitun baik untuk mengatasi kesehatan rambut seperti masalah kerontokan. Untuk itu, kamu dapat menggunakan minyak zaitun setiap harinya sebelum keramas.

Caranya dengan oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut. Lalu, diamkan selama 30 menit dan bilas sambil keramas.

3. Minyak Rosmery

Masih dalam dunia perminyakan, ternyata minyak rosmery memiliki manfaat yang baik dalam pertumbuhan rambut baru. Bahkan mampu mengatasi rambut yang rontok.

Oleskan minyak rosmery pada kulit kepala dan pijat-pijat. Lalu, bilas dengan shampo. Bahkan bisa langsung di teteskan pada shampoo.

4. Sari Lemon

Pernah lihat shampoo anti rontok yang menggunakan bahan lemon? Ya. Sari lemon ampun dalam mendorong dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Agar terbebas dari kerontokan peras lemon lalu ambil sarinya. Usapkan pada kulit kepala dana diamkan selama kurang lebuh 1 jam.

5. Teh Hijau

Teh hijau memang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh maupun perawatan kulit kepala. Menurut National Library of Medicine Teh Hijau dapat mengatasi masalah kerontokan.

Kamu bisa seduh 2 kantung teh hijau, lalu diamkan hingga dingin. Setelahnya, oleskan pada rambut dan tunggu beberapa saat sebelum dibilas dengan air.

6. Buah Bit

Buah bit kaya akan kandungan vitamin C, B6, kalium, betaine, folat, dan mangan yang baik dalam memberikan nutrisi pada rambut. Berfungsi juga sebagai detoksifikasi agar rambut dapat tumbuh secara sehat.

Siapkan 7-8 lembar daun buah bit lalu rebus bersama dan haluskan dengan 5-6 lembar daun henna hingga membentuk pasta. Lalu, pasta tersebut oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat.

7. Masker Alpukat

Kalau kamu suka dengan jus alpukat, sesekali buatlah masker alpukat untuk mengatasi rambut yang rontok. Alpukat mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan rambut.

Kamu tinggal haluskan alpukat hingga membentuk masker dan oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit, lalu bilas.

Layaknya menggunakan shampoo, mengatasi rambut rontok dengan bahan alami harus kamu lakukan secara rutin. Hal tersebut bertujuan untuk hasil terbaik dan rambut kembali tumbuh dengan sehat.

Semoga dengan 7 cara di atas dapat membantu teman-teman agar tidak pusing lagi dengan rambut yang berjatuhan setiap harinya. Karena, memiliki rambut sehat tanpa rontok itu bikin rasa percaya diri kembali meningkat.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.