7 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik untuk Pemula

Tomoyo Rin

tips memilih asuransi mobil untuk pemula

Memiliki sebuah mobil maka harus mempersiapkan asuransi sebagai perlindungan dari berbagai risiko. Karena, kamu tidak pernah tahu kerugian apa yang akan dialami. Dari kerusakan karena kecelakaan, bencana alam, maupun hilang dicuri.

Untuk itu, jika kamu masih awan dalam memilih asuransi mobil maka wajib simak beberapa tips pada artikel ini dan dapatkan Asuransi mobil di sini sekarang juga.

Contents

Pentingnya Memilih Asuransi untuk Kendaraan

Layaknya perlindungan untuk diri sendiri dengan memiliki asuransi jiwa murah, kondisi mobil tidak selamanya akan selalu bagus. Baik faktor internal maupun eksternal bisa mengalami kerusakan yang tidak terhindarkan sehingga penting untuk diasuransikan.

Bagaimanapun barang yang bergerak dan digunakan secara rutin memerlukan perawatan yang rutin juga. Apalagi jika mengalami kejadian tidak terduga seperti bencana alam, hilang karena pencurian, kecelakaan dan sebagainya maka asuransi menjadi salah satu jalan untuk menanggung dari risiko tersebut.

Manfaat penting dari asuransi sendiri tidak sekedar memberikan perlindungan untuk kendaraan tetapi melindungi keuangan di masa mendatang. Yang mana kamu tidak pernah kapan mengalami risiko yang tidak terduga dan merugikan.

Mungkin saat kondisi keuangan dalam kondisi baik tidak terlalu pusing dengan kerugian yang dialami. Akan tetapi bagaimana saat kondisi ekonomi tengah buruk yang ada bisa pusing tujuh keliling.

Belum menghadapi perekonomian secara nasional maupun global yang tidak menentu karena resesi dan inflasi. Oleh karena itu, penting untuk melindungi finansial masa depan kamu dari sekarang dengan asuransi.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

memilih asuransi mobil tlo

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih asuransi kendaraan yang tepat. Jika kamu masih bingung, maka beberapa tips di bawah ini bisa menjadi gambaran sebelum mengajukan premi.

1. Kenali Jenis Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan terbagi atas Asuransi All Risk dan Total Loss Only (TLO). Kedua jenis tersebut memiliki manfaat pertanggungan yang berbeda.

Asuransi All Risk

Asuransi kendaraan All Risk menanggung semua risiko kerusakan hingga kehilangan. Bahkan lecet sedikitpun bisa klaim dengan asuransi All Risk atau Comprehensive ini. dengan kata lain memberikan perlindungan secara menyeluruh atas risiko yang timbul karena berbagai hal tidak terduga.

Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi TLO memberikan pertanggungan atas kerusakan hingga 75% dan pencurian. Jadi, jika mobil mengalami kerusakan kurang dari 75% asuransi TLO tidak bisa di klaim.

Tentunya dari kedua jenis asuransi di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Karena, pada umumnya premi Asuransi All Risk lebih besar dibandingkan TLO.

2. Memilih Asuransi dengan Rekanan Bengkel Luas

Hal yang tidak boleh luput dari perhatian ketika memilih asuransi kendaraan yaitu rekanan bengkel. Pilihlah asuransi dengan rekanan bengkel luas agar bisa klaim dimana saja. Terutama buat kamu yang punya mobilitas tinggi.

Sebaiknya memilih asuransi yang rekanan bengkelnya mencakup di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu kemanapun kamu pergi tetap nyaman tanpa khawatir jika terjadi kerusakan tidak terduga.

3. Bandingkan Premi Perusahaan Asuransi

Perusahaan penyedia layanan asuransi kendaraan tentulah tidak hanya satu atau dua perusahaan saja. Di Indonesia sendiri banyak perusahaan yang menawarkan asuransi mobil terbaik.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk membandingkan premi beserta manfaat yang akan didapat. Karena, setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Terutama soal rekanan bengkel .

4. Hanya Memilih Perusahaan Terpercaya

Banyaknya perusahaan asuransi membuat kamu harus tetap waspada dalam memercayakan perlindungan kendaraan dari berbagai risiko. Sebaiknya memilih perusahaan terpercaya yang sudah berpengalaman dan memiliki izin resmi dari lembaga tertentu.

5. Bandingkan Premi dengan Manfaatnya

Ketika berencana mengajukan asuransi mobil premi bukanlah atokan utama, karena manfaat pertanggungan yang snagat penting untuk dipertimbangkan. Walau begitu kamu tetap harus cek premi bulanan yang harus dibayar dan apa saja manfaat yang akan didapat dari premi tersebut.

Pastikan tidak ada kesalahan dalam memahami manfaat premi yang akan diterima. Apalagi jika kamu masih pemula dan awam dengan asuransi kendaraan. Bisa konfirmasi terlebih dahulu dengan penyedia asuransi atau bertanya pada orang lain yang sudah memiliki asuransi kendaraan.

6. Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Memilih asuransi mobil harus menyesuaikan juga dengan kemampuan finansial. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena tidak sanggup lagi membayar premi bulanan. Jadi, pastikan dari awal kalau kamu mampu membayar premi asuransi.

7. Prosedur Klaim yang Mudah

Penting juga untuk membaca syarat dan ketentuan klaim. Jangan sampai saat mengajukan klaim kamu mengalami kesulitan yang tidak berarti sehingga menghambat proses pengajuan.

Jangan tunda untuk melindungi kendaraan dan finansial kamu di masa mendatang. Pastikan memilih asuransi mobil dengan memahami tujuh tips di atas agar tidak salah pilih.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.