Parenting

Google Family Link untuk Mengontrol Screen Time Anak

google family link untuk parenting control screen time anak

Halo, Parent. Dalam postingan ini aku mau berbagi tutorial menggunakan Google Family Link untuk Parenting Control hasil mengikuti kelas KEBelajar bersama Bang Zek dari MAFINDO.

Ya, kita memang tidak dapat memungkirinya bahwa penggunaan gadget, khususnya smartphone di era teknologi seperti ini sangat dibutuhkan. Terlebih sejak adanya Pandemi Covid-19 yang membuat anak-anak harus belajar dari rumah penggunaan internet mau tidak mau menjadi salah satu cara agar kegiatan belajar terus berlangsung. Walau begitu smartphone itu meninggalkan candu karena banyak hal yag dapat diakses lewat internet melalui handphone pintar tersebut hanya dengan sentuhan jari. Hal unik dan menarik dari mencari informasi maupun hiburan seperti bermain game.

Kenapa gadget meninggalkan candu?

Penggunaan gadget khususnya internet dapat membuat penggunaya lupa waktu: tahu-tahu sudah berjam-jam saja kita di depan layar mungil tersebut, memiliki efek  buruk terhadap kesehatan fisik maupun psikis, menjadi anti sosial karena malas untuk melihat dunia luar. Khususnya anak-anak.

Cara mereka menikmati masa kecilnya saja jauh berbeda dengan anak-anak dahulu yang lebih banyak menghabiskan waktu bermainnya di luar rumah. Bermain adu kelereng di pekarangan rumah, bermain egrang dan permainan tradisional lainnya.

Zaman memang sudah berubah, mau tidak mau orang tua harus mengikuti perkembangan teknologi ini. Akan tetapi, permasalahannya saat anak sudah menggenggam gadget seringnya susah sekali untuk membatasi penggunaannya. Sehingga orang tua sering sekali marah-marah karena anak tidak mau mendengarkan. Bahkan seringnya dalam mengendalikan emosi anak tidak dapat dilakukan dengan marah-marah; membalas emosi dengan emosi.

Cara terbaiknya, bagaimana?

Jangan memberikan gadget sama sekali! Jika dinyata itu tidak mungkin, orang tua dapat mengatur waktu dalam penggunaan smartphone oleh anak, tentunya tanpa drama karena ada salah satu program persembahan dari google LLC yang dapat dengan mudah mengatur screen time penggunaan gadget oleh anak yaitu Goggle Family Link.

Sudah pada tahu Google Family Link? Atau sudah pada instal, nih.

Jika belum menggunakan Google Family Link ini, silahkan ikuti tutorial dan cara penggunaannya di bawah ya, Parent. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa aplikasi Family Link ini adalah pilihan tepat karena Parent tidak hanya dapat mengatur screen time saja, dapat juga mengatur aplikasi yang boleh dan tidak boleh digunakan, mencegah anak menginstal aplikasi dewasa, melihat riwayat hal apa saja yang dilakukan anak dengan gawainya, dan lengkapnya silahkan baca hingga tuntas.

Memasang Google Family Link di Smartphone

Sebelum instalasi aplikasi Family Link, silahkan pahami dahulu info di bawah, Parents.

  • Google Family Link gratis, tanpa dipungut biaya apa pun. 100% gratis.
  • Dapat digunakan pada smartphone berbeda yag digunakan orang tua dan anak. Tetapi ada syaratnya, loh. Untuk smartphone orang tua minimal android versi 4.4 atau iOS v9. Nah, sedangkan untuk smartphone anak minimal android versi 7.0.
  • Membuat akun google anak yang terhubung dengan akun orang tua.
  • Memasang akun google anak di smartphone anak dan memasag program Google Family Link for Children & Teens.
  • Memasang Google Family Link for Parents di smartphone orang tua.

Cara Instalasi Family Link di Smartphone

Cara Blok & Unblok Aplikasi

Saat aplikasi Family Link sudah terpasang, Parent dapat mengontrol aplikasi yang tidak layak digunakan anak. Caranya dengan memblok aplikasi tersebut atau sebaliknya. Silahkan lakukan pengaturannya dari aplikasi Family Link di smartphone yang digunakan Parent.

Cara Approval Jika Anak Ingin Memasag Aplikasi Baru via Google Playstore

Selain dapat blok dan unblok aplikasi, Parent juga dapat mengijinkan anak menginstal aplikasi yang diinginkannya. Caranya hampir sama dengan di atas yaitu pada smartphone orang tua lakukan hal berikut:

Cara Mencegah Anak Mendownload Konten Dewasa dari Google Playstore

Memberikan smartphone khusus untuk anak biasanya perlu pemikiran yang matang karena internet itu tidak selalu berisi konten-konten yang positif. Banyak juga konten negatif seperti tersebarnya berita hoax dan konten dewasa yang tidak layak di konsumsi anak.

Berbeda jika Parent  melakukan instalasi Google Family Link. Rasa resah dapat teratasi karena kita, selaku orang tua dapat melakukan pengaturan Parenting Control untuk membatasi konten yag bisa didownload atau dibeli dari Google Play. Berikut untuk caranya:

Bagaimana sudah ada gambaran dengan aplikasi Google Family Link ini, Parent?

Oke, kita lanjut.

Menyetel Permission/Ijin untuk Aplikasi Tertentu

Parent, jika anak menggunakan beberapa smartphone/tablet, maka Family Link ini harus di setting di setiap perangkat. Caranya sangat mudah, silahkan cek di bawah:

Melihat Aktivitas Anak

Ini, menarik! Parent dapat melihat aktivitas apa saja yang dilakukan anak denga smartphonenya, loh.

parenting control dengan google family link

Mengatur Screen Time Penggunaan Smartphone Oleh Anak

Sudah menentukan berapa lama anak diijinkan menggunakan smartphone dalam seharinya, Parent? Jika sudah melakukan pengaturan maka hal-hal berikut ini anak akan mendapat pemberitahuan, saat:

  • Waktu layar di atur untuk pertama kalinya (hanya perangkat android).
  • Smartphone anak akan di kunci

Lalu, apa yang terjadi ketika perangkat terkunci?

  • Anak tidak dapat melihat notifikasi.
  • Tidak dapat membuka kunci perangkat atau menggunakan aplikasi apa pun.
  • Dapat menjawab panggilan telepon dan tap Emergency untuk membuat panggilan jika perangkat memiliki nomor telepon (hanya ponsel android).

Cara Mengatur Screen Time

Catatan:

  • Batas harian berlaku untuk setiap perangkat Android. Sebagai contoh screen time anak dua jam, maka anak akan mendapat 2 jam di setiap perangkat.
  • Orang tua dapat mematikan internet kapan pun di perangkat anak.

Mengatur Screen Time untuk Aplikasi Tertentu

Jika perangkat Android yang digunakan anak menjalakan Android Nougat atau yang lebih baru, Parent dapat menetapkan batas waktu pada aplikasi untuk mengatur berapa banyak yang dapat anak habiskan untuk aplikasi tertentu setiap harinya.

Mengatur BedTime (Waktu Tidur)

Pengaturan Penting Lainnya di Google Family Link

Membuat Kunci/Membuka Kunci Smartphone Anak

Mengetahui Lokasi Smartphone Android

Mengatur Ijin Browsing di Google Chrome

Demikian tutorial instalasi dan cara menggunakan Google Family Link. Yuk, lindungi keluarga kita, terutama anak-anak dari informasi-informasi hoax, konten-konten yang mengandung pornografi dan kekerasan agar keluarga tetap terlindungi dari hal-hal negatif.

Tentang Penulis

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

(46) Komentar

  1. Wau lengkap sekali Google Family Link, ini seperti remot control tuk hp anak, dari pada ribut emosi dg anak lebih baik pasang aplikasi ini.

    Memang ngeri kalau hp anak nggak di awasi, lengah sedikit bisa salah jalan.

    1. Betul Mas. Banyak konten yang tidak sesuai untuk usianya.

  2. aku baru tahu soal google family link ini. ntar coba kuutak-atik, deh.

    1. Silahkan mba Farida.

  3. Aplikasi bagus buat mengontrol waktu buat mainan gadget biar ngga kecanduan. Infonya lengkap lagi.

    1. Aplikasinya memang ngebantu orang tua dalam mengawasi penggunaan gadget oleh anak.

  4. ilmunya sangat bermanfaat kak buat saya, saya kebetulan ada anak-anak kecil di rumah jadi wajib mengontrol apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak biar ga kebablasan atau kecanduan. tutorialnya sangat membantu. ini bagus sekali konsepnya google seperti ini setidaknya kita bisa memfilter apa yang tidak boleh dilihat oleh anak-anak

    1. Silahkan di instal Mba, insyallah anak tetap aman walau bermain dengan gadgetnya.

  5. lengkap banget ya Google Family Link ini.
    saya baru tahu lho tentang hal ini, upss.
    makasih ya Mbak.
    pengen install tapi kayaknya kelasnya HPku belum bisa untuk ini, apalagi gadget anak. Nanti deh kapan-kapan.

    1. Silahkan di noted dulu, Mba.

      1. Wah boleh nih dicobain kalau anakku sudah punya HP sendiri… Biar ortu tetep bisa pantau…

  6. Fenni Bungsu menulis:

    Rekomendasi yang bagus nih soal Google Family Link mau infokan ah ke kakak saya, biar Ponakan nggak kelamaan juga megang gadget

    1. Silahkan mba share ke sodara lainnya. Sodara juga punya pengalaman buruk gara-gara anaknya tidak terkontrol saat menggunakan handphone.

  7. Wah lengkap sekali tutorialnya. Kami pernah memakai google family ini. Tapi hanya sebentar. Sekarang lebih ke kontrol manual. Kasih waktu pegang hp.

    1. Mungkin bisa diceritakan juga Mba, kenapa kembali ke manual?

  8. Komplit ulasannya mba. Beneran bermanfaat. Ini sampe saya share ke keluarga n teman2 saya. Makasiy banyak mbaa

    1. Terima kasih kembali mba sudah di share ke yang lain. Insyallah bermanfaat.

    2. Komplit banget mbk, aku baru tau ada google family link. Kebetulan anakku belum pegang smartphone, sekali pegang paling sebulan sekali atau tidak pernah. Insya Allah bermanfaat di kemudian hari buat saya. Makasih infonya mbkk

  9. Wah terima kasih informasinya Mbak. Saya baru tahu ada aplikasi canggih yang dapat mengontrol anak ketika menggunakan gawai. Tentunya dengan hadirnya GFL ini akan sangat memudahkan orang tua ya dalam mengontr screentime anak 🙂

    1. Aku juga mba kalau gak ikutan kelas ini gak bakalan tahu, ternyata untuk mengontrol penggunaan gadget oleh anak sangatlah mudah hanya dengan menggunakan aplikasi.

      1. Semenjak jauhan sama anak, dan harus pegang gadget untuk komunikasi, saya juga ngandelin Google Family Link ini juga. Setiap dia download sesuatu ga bisa, soalnya bisa di kontrol.

  10. Wah keren ada aplikasi bermanfaat seperti ini,Mbak. jujur aja memang khawatir karena pandemi anak-anak harus belajar pakai handphone. Pendampingan kita sangat dibutuhkan. Masalahnya, kadang kita nggak bisa setiap saat di dekat mereka.

    1. Apalagi kalau udah ngurusin pekerjaan rumah ya, Mba. Anak pasti dibiarkan sendiri.

  11. Ini lengkap banget mbak. Aku pernah lihat dari app mana gitu lupa. Kalau ada part di mana ortu bisa batasi penggunaan untuk anak. Tapi karena aku merasa belum butuh ya nggak aku ulik.

    So far, aku belum mengenalkan anakku ke gadget mbak. Juarang banget dia kami bukakan gadget. Agak ngeri soalnya. Umur berapa gitu lupa, kami puterin nusa rara. Wow anteng banget. Tapi aku sama suami justri ngeri kalo dia begini.

    1. Di playstore banyak si Mba aplikasi Parenting Control itu.
      Aku juga jarang mba karena usianya masih 3 tahun. sesekali saja.

  12. Lengkaaap sekali ini. Aku tandai dulu, nanti pelan-pelan dibaca lagi. Kuperlu sekali info ini, Google Family Link, karena ada 2 anak di rumah yang selama PJJ ini mau ga mau harus lebih sering pegang gadget. duh!

    1. Silahkan, Mba.

  13. Asik banget ini Google Family Link, bisa buat panduan orang tua untuk mengatur dan membatasi anak2nya dalam beraktivitas di gadget yaa. Apalagi kao anak2 masih kecil yang butuh perhatian orang tua.

    Makasih Mba Tutorialnya, aku share ke adek2ku yang punya anak kicil hobby main gadget nih.

  14. Pernah dengar pemaparan tentang aplikasi Google Family Link ini waktu meetup fasilitator Gapura Digital dan Women Will..tapi kok kelupaan terus yaa diterapkan di rumah? hehehe..dasar saya~

    1. Hehe… berarti harus langsung dicoba sekarang Mba, biar gak lupa lagi.

  15. Menarik ya Google Famiy link ini. Saya harus pelajari dulu nih, belum pernah install. makasih ya Mak.

    1. Sama-sama, Mba.

  16. Rekomendasi aplikasi yang bagus untuk keluarga dalam penggunaan gadget biar ga salah-salah…Walaupun berusaha membatasi, tapi dengan adanya kondisi pembelajaran jarak jauh kan anak jadi dekat dengan smartphone..Google Family Link bisa membantu orang tua dalam mengontrolnya ya..

  17. Lengkap banget nih mba panduannya
    Aku mau sharing ah ke Ayahnya anak2 biar baca juga dan bs praktikin.
    Penting krn km ga setiap saat bs nemenin anak2 saat beraktivitas dg gawai mrk

  18. Betul banget mbak, gadget memang bikin kecanduan anak. Aku tuh liat ponakan yang sampe nggak gerak dari tempat duduk cuma liatin hp dan dipanggil enaknya juga nggak nyaut haha kayak kesirep liat hp. Cocok nih pakai Google Family Link biar bisa kita kontrol ya anak ngapain aja dengan gadget nya

  19. Aku pun menggunakan control screen time, berhubung dia sekolahnya masih online dan selalu menggunakan gadget. Jadi kalau main dalam sehari itu aku batesin banget dan caranya dari google family.

  20. Wah, keren banget ada aplikasi kaya gini… Makasih sharingnya ya mak, membantu emak-emak banget nih…

    1. Waah baru tahu… Terimakasih infonya sangat bermanfaat.

  21. Waah info baru nih. Google Family Link ini berguna banget buat para orangtua yang cemas anaknya kecanduan gadget, dan menghindari buat akses situs-situs yang nggak sesuai dengan usia anak juga ya.

  22. Apa ini yang kemarin sempat rame di Twitter?
    Bermanfaat bgt ya mbak, kalau dilihat dari sisi orang tua. Karena orang tua bisa memantau langsung screen time anak dan kontrol akses

  23. Baru tau nih ada google Family link, anak anak kan harus belajar online jadi mesti berinteraksi dengan gadget khawatir juga mereka mengakses yang gak jelas

  24. Wah jadi keingetan nih sama aku. Kayaknya au juga kudu pake Google Family deh. Takut kecolongan deh. Hapeku sering dipake anak-anak soalnya. Aku dulu tahunya aplikasi pemblokir aja.

  25. Iya penggunaan hp pada anak harus diwaspadai ya jangan sampai buka konten dewasa, google family link ini mempermudah kerja kita..

  26. Wah pas banget nih infonya mba. Kebetulan pas pandemi gini anak kalo lg bete dikit2 main hape. Kalo ada google family link ini jd lega krn bs ngawasin.

  27. Karena pake apps dari Google jadi lebih mudah buat meremote hp anak ya. Secara sekarang hampir setiap orang pasti punya akun Google. Tapi buat anak under 13th kudu pake akun ortunya ya?

  28. Saya juga pakai google family link ini untuk mengontrol penggunaan hp anak-anak. Kalau mereka install aplikasi, harus dapat persetujuan saya. Jadinya kalau mau install aplikasi mereka bawa hpnya ke saya, sambil bilang “Ma, minta password”. Sebelum saya kasih passwordnya, diskusi dulu, kenapa mereka pengen install aplikasi itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.