ikan-bakar-saung-mang-edeng
Kuliner

Mencicipi Ikan Bakar dan Pelecing Kangkung di Saung Mang Edeng Banten

Masih membahas kuliner di Banten, kali ini aku mau berbagi tempat makan ikan bakar lezat. Pada suka dong dengan ikan bakar? Apalagi ikan bakar yang aku dan Si Aa icip-icip kali ini adalah ikan laut.

Sebagai wilayah yang dikelilingi lautan, menemukan ikan laut di Banten bukanlah hal yang sulit. Pun, dengan kuliner yang memanfaatkan olahan ikan laut tersebut. Salah satunya Ikan Bakar dan seafood di Saung Mang Edeng Serang Banten. Ada juga bandeng yang belum kesampaian dilahap. Padahal si Aa ngebet banget pengin ke sana.

Ikan Bakar Enak dan Sederhana di Saung Mang Edeng

Ikan Bakar Saung Mang Edeng ini salah satu yang terkenal. Karena kalau jam makan siang banyak pejabat daerah mampir ke sini untuk mengenyangkan perut. Ada Ikan Bakar Kakap Merah dan Krapu yang enak dengan penyajian sederhana.

ikan-bakar-kakap-merah

Saat menyantap ikan bakar enaknya dicocol dengan sambal kecap atau sambal cabai. Seperti di saung Mang Edeng ini ada pilihan untuk sambalnya, untuk yang suka pedas maupun yang tidak begitu membuat wajah merah karena kepedasan. Seperti Sambal dadakan.

Untuk menu lainnya ada olahan seafood seperti cumi dan udang. Cuminya enak banget, sampai pesan dua porsi dengan rasa yang berbeda. Cumi goreng tepung dan cumi asam manis. Ada juga Ayam Kampung, Ayam Taliwang, Sop Ikan dan lainnya.

cumi-asam-manis

Menunya bervariasi dengan porsi yang lumayan banyak. Cukuplah untuk penawar perut yang tengah kelaparan. Apalagi disajikan dengan nasi liwet yang menambah selera makan semakin tidak tahana untuk menghabiskannya. Selain itu, aku mencoba pelecing kangkung.

Apa itu Pelecing Kangkung?

pelecing-kangkung

Aku belum tahu pelecing kangkung itu seperti apa. Ternyata, kangkung yang direbus dan atasnya ditaburi sambal tomat. Bukan hal yang aneh ternyata. Tsah. Untuk rasa si biasa saja karena buatku kangkung yang direbus itu enaknya dicocol dengan sambal terasi yang super pedas seperti rujak kangkung Cibingbin Kuningan. Lalu, minumnya es kelapa muda yang bisa disajikan langsung dengan batoknya. Mantap.

es-kelapa-muda

Berhubung namanya Saung, tempat makannya memang dibentuk gajebo alias saung yang terbuat dari bambu. Kalau lokasinya ada di pegunungan bakalan terasa banget nih alamanya. Tapi tidak apa-apa kan, di kota ada rumah makan yang tidak melulu digedung beton dan ber-ac.

Saung Mang Edeng ini buka dari pukul 10.00 pagi. Sangat cocok buat makan ramai-ramai karena untuk ikan bakar dipesan perkilo. Bisa ajak anak dan keluarga besar, reuni dengan teman-teman sekolah. Atau makan siang dengan rekan kerja. Terbuka untuk siapa saja yang mau menikmati ikan bakar. Dari harga juga terjangkau, masih aman di kantong.

Yang sedang di Banten, silahkan mampir ke sini. Atau pengin makan khas Indonesia lainnya bisa ke My Kopi O Serang. Rekomendasi!

68 thoughts on “Mencicipi Ikan Bakar dan Pelecing Kangkung di Saung Mang Edeng Banten

  1. Ikan bakarnya menggoda. Salah jam nih bukanya, pas jam makan siang dan belum bisa keluar kantor karena diluar hujan. Kan perut saya makin gaduh suaranya.

    Plecing kangkung itu khas dari lombok mbak, saya pertama mencicipi pas ada tugas ke mataram, sambelnya pedes bikin nangis usai makan

  2. Wow, foto-foto makanannya menggugah selera. Daerah serang masih dekat laut sih ya, jadi seafoodnya masih seger-seger gitu. Plecing kangkung sama seafood sih kurang greget ya. enaknya kalo plecing sama ayam taliwang hehehe.

  3. Setelah baca ini…saya baru sadar ternyata selama ini udah bikin plencing kangkung. Hehe. Tak tau namanya. Cumi asam manis enak tuh. Sayang gak bisa bikin…emang paling enak beli yah

  4. Duh aku jadi pengen plecing kangkungnya nih mbak, apalagi pas jam segini kan pas lapar-laparnya . Ikan bakarnya juga sungguh menggoda, gagal deh diet habis baca artikel ini.

  5. Mbak Saung Mang Edeng ini di Serang ya?

    Saya sering ke Serang dan belum pernah makan di sini. Kalau ke sana lagi nanti mau coba ah. Melihat ikan bakar dan plecing kangkungnya bikin ngiler banget 🙂

  6. Cocok ya Mbak antara tempat dan menu-menunya. Aku juga suka banget tempat makan yang berbentuk saung atau gazebo gitu.
    Btw aku baru tau juga nih tentang Pelecing Kangkung. Eh ternyata gitu aja, ya. Aku juga sering makan Pelecing Kangkung dong kalo gitu. Suka bikin sih di rumah 🙂

  7. duuh Mbak, menunya bikin ngiler deehh.
    Makan ini semua terus ditutup dengan kelapa muda di siang hari, duuuhh, gak nolaaakk.
    Di Sulawesi ikannya lebih banyak pilihan lagi lho Mbak 🙂

  8. Malem – malem lihat ikan bakar jadi ngilerr. Kalo ke restoran seafood aku selalu pesen ikan bakar mbak, soalnya paling nggak bisa bikin resep ini dirumah.. Makan nasi anget pake ikan bakar dicocol kecap sambel dijamin bikin lupa diet, hehehe

  9. Ya Allah mantab banget itu mbak menu makanan dna minumannya. Indonesia banget. Aku jd pengen masak tumis kangkung wkwkwk.
    Makanan Sunda, makanan Indonesia emang yang the best lha 😀

  10. Di daerah saya ada rumah makan namanya RM Mang Engking. Menunya mirip dengan RM Mang Edeng. Ada ikan bakar, pelecing kangkung dan es kelapa muda. Selain itu, ada juga cumi saus tiram dan asam manis juga.
    Eh…kok jadi pengen makan di Mang Edeng ya,

  11. Rumah makan Sunda kok ada menu pelecing kangkung & ayam taliwang ya? Itu kan masakan sasak Lombok hehhee…
    Btw, sajiannya mirip dengan ikan bakar di Lombok juga, bisa pakai sambal kecap atau terasi. Apalagi klo makannya di pinggir pantai hemm sedappp.

  12. Nelan ludah daku mbak , hahaha.
    Kuliner khas sunda memang tiada duanya.
    Sedepnya pas di lidah.
    Btw saya baru tahu plencing itu apa.
    Nuce share mbak.
    Recomended banget.

  13. Aaaak bikin ngiler. Ikan bakar. Cumi. Kangkung. Es kelapa. Suka semua. Saya penasaran dengan pelecing kangkung. Sambal tomat itu gimana cara bikinnya ya? Hm, tapi setuju juga sih. kalau dicocol sama sambal terasi atau yang pedes pun mantaapp. Salam, dari pecinta kangkung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.