ikan-bakar-saung-mang-edeng
Indonesia Food

Mencicipi Ikan Bakar dan Pelecing Kangkung di Saung Mang Edeng Banten

Masih membahas kuliner di Banten, kali ini aku mau berbagi tempat makan ikan bakar lezat. Pada suka dong dengan ikan bakar? Apalagi ikan bakar yang aku dan Si Aa icip-icip kali ini adalah ikan laut.

Sebagai wilayah yang dikelilingi lautan, menemukan ikan laut di Banten bukanlah hal yang sulit. Pun, dengan kuliner yang memanfaatkan olahan ikan laut tersebut. Salah satunya Ikan Bakar dan seafood di Saung Mang Edeng Serang Banten. Ada juga bandeng yang belum kesampaian dilahap. Padahal si Aa ngebet banget pengin ke sana.

Ikan Bakar Enak dan Sederhana di Saung Mang Edeng

Ikan Bakar Saung Mang Edeng ini salah satu yang terkenal. Karena kalau jam makan siang banyak pejabat daerah mampir ke sini untuk mengenyangkan perut. Ada Ikan Bakar Kakap Merah dan Krapu yang enak dengan penyajian sederhana.

ikan-bakar-kakap-merah

Saat menyantap ikan bakar enaknya dicocol dengan sambal kecap atau sambal cabai. Seperti di saung Mang Edeng ini ada pilihan untuk sambalnya, untuk yang suka pedas maupun yang tidak begitu membuat wajah merah karena kepedasan. Seperti Sambal dadakan.

Untuk menu lainnya ada olahan seafood seperti cumi dan udang. Cuminya enak banget, sampai pesan dua porsi dengan rasa yang berbeda. Cumi goreng tepung dan cumi asam manis. Ada juga Ayam Kampung, Ayam Taliwang, Sop Ikan dan lainnya.

cumi-asam-manis

Menunya bervariasi dengan porsi yang lumayan banyak. Cukuplah untuk penawar perut yang tengah kelaparan. Apalagi disajikan dengan nasi liwet yang menambah selera makan semakin tidak tahana untuk menghabiskannya. Selain itu, aku mencoba pelecing kangkung.

Apa itu Pelecing Kangkung?

pelecing-kangkung

Aku belum tahu pelecing kangkung itu seperti apa. Ternyata, kangkung yang direbus dan atasnya ditaburi sambal tomat. Bukan hal yang aneh ternyata. Tsah. Untuk rasa si biasa saja karena buatku kangkung yang direbus itu enaknya dicocol dengan sambal terasi yang super pedas seperti rujak kangkung Cibingbin Kuningan. Lalu, minumnya es kelapa muda yang bisa disajikan langsung dengan batoknya. Mantap.

es-kelapa-muda

Berhubung namanya Saung, tempat makannya memang dibentuk gajebo alias saung yang terbuat dari bambu. Kalau lokasinya ada di pegunungan bakalan terasa banget nih alamanya. Tapi tidak apa-apa kan, di kota ada rumah makan yang tidak melulu digedung beton dan ber-ac.

Saung Mang Edeng ini buka dari pukul 10.00 pagi. Sangat cocok buat makan ramai-ramai karena untuk ikan bakar dipesan perkilo. Bisa ajak anak dan keluarga besar, reuni dengan teman-teman sekolah. Atau makan siang dengan rekan kerja. Terbuka untuk siapa saja yang mau menikmati ikan bakar. Dari harga juga terjangkau, masih aman di kantong.

Yang sedang di Banten, silahkan mampir ke sini. Atau pengin makan khas Indonesia lainnya bisa ke My Kopi O Serang. Rekomendasi!

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

34 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.