Mencicipi Ikan Bakar dan Pelecing Kangkung di Saung Mang Edeng Banten

ikan-bakar-saung-mang-edeng

Masih membahas kuliner di Banten, kali ini aku mau berbagi tempat makan ikan bakar lezat. Pada suka dong dengan ikan bakar? Apalagi ikan bakar yang aku dan Si Aa icip-icip kali ini adalah ikan laut.

Sebagai wilayah yang dikelilingi lautan, menemukan ikan laut di Banten bukanlah hal yang sulit. Pun, dengan kuliner yang memanfaatkan olahan ikan laut tersebut. Salah satunya Ikan Bakar dan seafood di Saung Mang Edeng Serang Banten. Ada juga bandeng yang belum kesampaian dilahap. Padahal si Aa ngebet banget pengin ke sana.

Ikan Bakar Enak dan Sederhana di Saung Mang Edeng

Ikan Bakar Saung Mang Edeng ini salah satu yang terkenal. Karena kalau jam makan siang banyak pejabat daerah mampir ke sini untuk mengenyangkan perut. Ada Ikan Bakar Kakap Merah dan Krapu yang enak dengan penyajian sederhana.

ikan-bakar-kakap-merah

Saat menyantap ikan bakar enaknya dicocol dengan sambal kecap atau sambal cabai. Seperti di saung Mang Edeng ini ada pilihan untuk sambalnya, untuk yang suka pedas maupun yang tidak begitu membuat wajah merah karena kepedasan. Seperti Sambal dadakan.

Untuk menu lainnya ada olahan seafood seperti cumi dan udang. Cuminya enak banget, sampai pesan dua porsi dengan rasa yang berbeda. Cumi goreng tepung dan cumi asam manis. Ada juga Ayam Kampung, Ayam Taliwang, Sop Ikan dan lainnya.

cumi-asam-manis

Menunya bervariasi dengan porsi yang lumayan banyak. Cukuplah untuk penawar perut yang tengah kelaparan. Apalagi disajikan dengan nasi liwet yang menambah selera makan semakin tidak tahana untuk menghabiskannya. Selain itu, aku mencoba pelecing kangkung.

Apa itu Pelecing Kangkung?

pelecing-kangkung

Aku belum tahu pelecing kangkung itu seperti apa. Ternyata, kangkung yang direbus dan atasnya ditaburi sambal tomat. Bukan hal yang aneh ternyata. Tsah. Untuk rasa si biasa saja karena buatku kangkung yang direbus itu enaknya dicocol dengan sambal terasi yang super pedas seperti rujak kangkung Cibingbin Kuningan. Lalu, minumnya es kelapa muda yang bisa disajikan langsung dengan batoknya. Mantap.

es-kelapa-muda

Berhubung namanya Saung, tempat makannya memang dibentuk gajebo alias saung yang terbuat dari bambu. Kalau lokasinya ada di pegunungan bakalan terasa banget nih alamanya. Tapi tidak apa-apa kan, di kota ada rumah makan yang tidak melulu digedung beton dan ber-ac.

Saung Mang Edeng ini buka dari pukul 10.00 pagi. Sangat cocok buat makan ramai-ramai karena untuk ikan bakar dipesan perkilo. Bisa ajak anak dan keluarga besar, reuni dengan teman-teman sekolah. Atau makan siang dengan rekan kerja. Terbuka untuk siapa saja yang mau menikmati ikan bakar. Dari harga juga terjangkau, masih aman di kantong.

Yang sedang di Banten, silahkan mampir ke sini. Atau pengin makan khas Indonesia lainnya bisa ke My Kopi O Serang. Rekomendasi!

Previous Post Next Post

68 Comments

  1. Reply Yuni siti nuraeni Februari 11, 2019 at 10:10

    Sy tuh pertama kali tahu kankung pelecing pas main krmh tmn,disuguhinnya itu..enak bgt..pgn cb bikin tp blm smpt trs..

    • Reply Erin F Februari 14, 2019 at 13:26

      Dikiranya apa gitu ya, mba. Buat sendiri juga mudah, memang.

  2. Reply Elisabeth Murni Februari 11, 2019 at 11:22

    Kesel banget baca ini siang-siang, langsung auto lapar dan bayangin ikan bakar kerapu ahahaha. Padahal di rumah adanya cuma pecel hihihi. Plecing kangkungnya juga menggoda banget tuh mbak.

    • Reply Erin F Februari 14, 2019 at 13:25

      Pecel juga enak tuh mba. Paling doyan sama pecel. Eh, ini pecelnya yang sayuran kan ya.

  3. Reply Lithaetr Februari 11, 2019 at 11:24

    Duh liat fotonya jadi bikin laper hehehe… Enak bener deh kayaknya (n_n)

    • Reply Erin F Februari 14, 2019 at 13:26

      enak mba ikan bakarnya.

  4. Reply kanianingsih Februari 11, 2019 at 11:34

    wah, makanan sunda ya mba…kesenangan suami banget. dia seneng makanan sunda yang ikan-ikan dan lalapannya jangan sampai ketinggalan. noted ah tempatnya..

    • Reply Erin F Februari 14, 2019 at 13:27

      betul mba makanan sunda nih.

  5. Reply Lina Sophy Februari 11, 2019 at 12:26

    Glek asli melengkapi ludah lihat menunya. Pas rolasan Iki, jamnya makan siang.. enak banget kayaknya ituuuu ikan bakar, es klamud menggoda!

  6. Reply Nanik Nara Februari 11, 2019 at 13:19

    Ikan bakarnya menggoda. Salah jam nih bukanya, pas jam makan siang dan belum bisa keluar kantor karena diluar hujan. Kan perut saya makin gaduh suaranya.

    Plecing kangkung itu khas dari lombok mbak, saya pertama mencicipi pas ada tugas ke mataram, sambelnya pedes bikin nangis usai makan

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:42

      Kalau ke Lombok harus coba nih mba, karena di sini sambalnya gak pedas.

  7. Reply Yessi Greena Februari 11, 2019 at 13:27

    itu semua makanan kesukaanku, mba…. hehehhe
    ikan bakarnya sungguh sangat menggoda sekali ya…apalagi dicocol sambal..
    tuh kan jadi laper deh πŸ˜€

  8. Reply Gifta Alvina Februari 11, 2019 at 13:43

    Wow, foto-foto makanannya menggugah selera. Daerah serang masih dekat laut sih ya, jadi seafoodnya masih seger-seger gitu. Plecing kangkung sama seafood sih kurang greget ya. enaknya kalo plecing sama ayam taliwang hehehe.

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:41

      Betul mba, di sini seafood nya segar2.

  9. Reply Ane Fariz Februari 11, 2019 at 14:37

    Sukses ikan bakar dan cuminya bikin ngilerrrr

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:40

      Silahkan dicoba mba.

  10. Reply Arsen story Februari 11, 2019 at 14:59

    Setelah baca ini…saya baru sadar ternyata selama ini udah bikin plencing kangkung. Hehe. Tak tau namanya. Cumi asam manis enak tuh. Sayang gak bisa bikin…emang paling enak beli yah

  11. Reply Niken Februari 11, 2019 at 15:06

    Duh aku jadi pengen plecing kangkungnya nih mbak, apalagi pas jam segini kan pas lapar-laparnya . Ikan bakarnya juga sungguh menggoda, gagal deh diet habis baca artikel ini.

  12. Reply Evi Indrawanto Februari 11, 2019 at 15:20

    Mbak Saung Mang Edeng ini di Serang ya?

    Saya sering ke Serang dan belum pernah makan di sini. Kalau ke sana lagi nanti mau coba ah. Melihat ikan bakar dan plecing kangkungnya bikin ngiler banget πŸ™‚

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:36

      Betul mba di Serang.

  13. Reply Diah Kusumastuti Februari 11, 2019 at 15:25

    Cocok ya Mbak antara tempat dan menu-menunya. Aku juga suka banget tempat makan yang berbentuk saung atau gazebo gitu.
    Btw aku baru tau juga nih tentang Pelecing Kangkung. Eh ternyata gitu aja, ya. Aku juga sering makan Pelecing Kangkung dong kalo gitu. Suka bikin sih di rumah πŸ™‚

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:36

      hehe.. kaget ya mba. Kirain lebih istimewa gitu ya, mba.

  14. Reply steffifauziah Februari 11, 2019 at 15:27

    wah endeus banget kayanya yes mba, duh, lapeer liat kek gini. Seafood tuh menggoda banget, apalagi ditambah plecing kangkung. Masyaallah, ajak suami ke restoran seafood apa, wkwk ~

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:35

      Sea food itu memang penuh godaan ya mba. Sampai lupa harus diet. wkwkwk

  15. Reply Lithaetr Februari 11, 2019 at 15:39

    duh liat foto makanannya jujur bikin lapar hehehe… Boleh nih di masukkan ke list daftar kuliner yang akan dikunjungi

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:35

      Silahkan mba.

  16. Reply Yurmawita Februari 11, 2019 at 16:30

    Cuminya membuat aku tergoda uhuyy enak banget deh ini. Asem manis saosnya seperti nyata mesti hanya liat foto haha

  17. Reply Diah Februari 11, 2019 at 16:38

    duuh Mbak, menunya bikin ngiler deehh.
    Makan ini semua terus ditutup dengan kelapa muda di siang hari, duuuhh, gak nolaaakk.
    Di Sulawesi ikannya lebih banyak pilihan lagi lho Mbak πŸ™‚

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:34

      Wah, Sulawesi daerah impianku buat traveling. Semoga bisa ke sana.

  18. Reply artha maula amalia Februari 11, 2019 at 16:50

    Setelah baca ini…saya baru sadar ternyata selama ini udah bikin plencing kangkung. Hehe. Tak tau namanya. Cumi asam manis enak tuh. Sayang gak bisa bikin…emang paling enak beli yah

    • Reply Erin F Februari 22, 2019 at 16:30

      Hehe.. Pelecing kangkung ternyata sering dibuat sendiri ya, mba.

  19. Reply Alia Arifin Februari 11, 2019 at 17:11

    haduh,, Bun jadi mupeng berat sayah
    Manteb beud dah ibakar apelagi cumi nya… Duh jadi laper lagi wkwkwk

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:33

      Makan lagi mba. Hehe

  20. Reply Diar Ronayu Februari 11, 2019 at 21:47

    Malem – malem lihat ikan bakar jadi ngilerr. Kalo ke restoran seafood aku selalu pesen ikan bakar mbak, soalnya paling nggak bisa bikin resep ini dirumah.. Makan nasi anget pake ikan bakar dicocol kecap sambel dijamin bikin lupa diet, hehehe

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:33

      Sama mba, kalau ayam bakar tuh memang enaknya beli . Hehe

  21. Reply Dian Restu Agustina Februari 11, 2019 at 21:49

    Dan aku pas lapar malam-malam baca ini ..lihat menu di ikan bakar saung mang edeng kan melilit perut jadinya. Bisa dicoba kalau pas ke Serang nih.
    Itu semua sungguh menggoda..:)

  22. Reply sari effendi Februari 11, 2019 at 23:21

    bikin ngiler baca dan lihat fotonya…sayangnya jauh yaa dari Salatiga…semoga suatu saat bisa berkunjung kesana

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:32

      Mungkin bisa acari di Salatiga mba, barangkali ada yang sama. Hehe

  23. Reply Lisdha Februari 12, 2019 at 05:45

    bahkan pagi-pagi baca pun sukzes bikin auto pengen sarapan mbak erin. tp di rumah cuma ada ikan tongkol ghahahaha

  24. Reply April Hamsa Februari 12, 2019 at 06:35

    Ya Allah mantab banget itu mbak menu makanan dna minumannya. Indonesia banget. Aku jd pengen masak tumis kangkung wkwkwk.
    Makanan Sunda, makanan Indonesia emang yang the best lha πŸ˜€

  25. Reply Dedew Februari 12, 2019 at 08:17

    Menggoda sekali hidangannya terutama cumi aku suka banget…ada plecing kangkung pulaaak

  26. Reply Ria Rochma Februari 12, 2019 at 08:35

    Yang menggoda itu, ikan kakapnya. Warnanya orange segar gitu ya, mbak. Padahal kalau panggangan, biasanya ikannya kan gelap warnanya, agak2 gosong. Duh, ngilerrr..

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:32

      itu bumbunya mba. Hehe

  27. Reply Larasati Neisia Februari 12, 2019 at 10:38

    Bacanya sambil autolaper.. duh menggoda banget semuanya, sebagai pecinta seafood aku mah hajar semua. Aduh.. makan siang hari ini jadi pengen ikan bakar sama cumi deh :))

  28. Reply Icaontheway Februari 12, 2019 at 13:17

    Siang siang baca ini tuh rasanya perut laper jadi makin laper, kebayang ikannya, kangkungnya aaahh

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:30

      Silahkan mba dicicipi.

  29. Reply Ida Raihan Februari 12, 2019 at 16:50

    Yaa ampyun semua makanannya menggoda banget Mbak. Mana lagi pengen makan euy… hihi…

  30. Reply Nurul Fitri Fatkhani Februari 12, 2019 at 21:25

    Di daerah saya ada rumah makan namanya RM Mang Engking. Menunya mirip dengan RM Mang Edeng. Ada ikan bakar, pelecing kangkung dan es kelapa muda. Selain itu, ada juga cumi saus tiram dan asam manis juga.
    Eh…kok jadi pengen makan di Mang Edeng ya,

  31. Reply Hastin Pratiwi Februari 13, 2019 at 00:56

    Rumah makan Sunda kok ada menu pelecing kangkung & ayam taliwang ya? Itu kan masakan sasak Lombok hehhee…
    Btw, sajiannya mirip dengan ikan bakar di Lombok juga, bisa pakai sambal kecap atau terasi. Apalagi klo makannya di pinggir pantai hemm sedappp.

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:30

      Mungkin memang adaptasi dari sana mba, atau pemiliknya turunanlombok. Hehe.. malah baru tahu ayam taliwang dari Sasak Lombok.

  32. Reply Nanik K Februari 13, 2019 at 05:04

    Nelan ludah daku mbak , hahaha.
    Kuliner khas sunda memang tiada duanya.
    Sedepnya pas di lidah.
    Btw saya baru tahu plencing itu apa.
    Nuce share mbak.
    Recomended banget.

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:29

      Sama mba, kalau gak makan di sini aku gak tahu pelecing kangkung itu kaya gimana?

  33. Reply lendyagasshi Februari 13, 2019 at 07:21

    Selera aku semuaaa…
    Plecing, cumi, ikan bakaarr…

    Yummi banget siih…
    Ini kayanya pesen segini banyaknya bakal ga abis niih…
    Hhehe…bungkuuss~

  34. Reply herva yulyanti Februari 13, 2019 at 09:24

    ya ampun pengen banget makan ikan bakar udah lama sama plecing kangkung kesukaan aku deuh maknyosssss jadi pengen ihhh

  35. Reply Rahma weni Februari 13, 2019 at 12:47

    Uwow, menunya menggoda syekali. Ada kakap bakar, cumi asam manis, hmmm, ngiler. Surganya bagi sea food lover nih. Tambah lagi tempatnya saung, jd makin nikmat makannya.

    • Reply Erin F Februari 20, 2019 at 14:23

      Iyah mba bikin ngiler emang.

  36. Reply innaistantina Februari 13, 2019 at 14:54

    waduwww, auto laper nih mba
    apalagi lihat gambar ikannyaaaa
    berasa di depan mata
    tinggal santappppp!
    hahaha

    • Reply Erin F Februari 18, 2019 at 08:15

      Silahkan mba dinikmati dalam khayalan. plakk

  37. Reply Nad Februari 13, 2019 at 19:06

    Aaaak bikin ngiler. Ikan bakar. Cumi. Kangkung. Es kelapa. Suka semua. Saya penasaran dengan pelecing kangkung. Sambal tomat itu gimana cara bikinnya ya? Hm, tapi setuju juga sih. kalau dicocol sama sambal terasi atau yang pedes pun mantaapp. Salam, dari pecinta kangkung.

    • Reply Erin F Februari 18, 2019 at 08:14

      Salam kenal juga mba dari sama2 pecinta kangkung. Cabai merah digerusnya sama tomat mba, jadi gak pedes banget.

  38. Reply Dyah Februari 13, 2019 at 20:15

    Duh jadi pingin nih mba Erin huhh

    • Reply Erin F Februari 18, 2019 at 08:13

      mangga mba dicicipi.

  39. Reply Nila sarvani Februari 13, 2019 at 22:03

    Wow ikan makanan kesukaan ku mbak

    • Reply Erin F Februari 18, 2019 at 08:13

      sama mba aku juga paling suka sama ikan, apalagi ikan laut.

  40. Reply Ainhy Edelweiss Februari 14, 2019 at 07:40

    uwooo menggiurkan banget ikan bakarnya, duhhh pagi2 BW gini jadi ngiler dan langsung pengen makan ikan bakar

    • Reply Erin F Februari 18, 2019 at 08:10

      Hehe…… nafsu makan jadi bertambah ya, mba.

  41. Reply ayu Februari 16, 2019 at 07:31

    ikan bakar memang selalu enak di mana aja sih. termasuk cafe2.

    • Reply Erin F Februari 18, 2019 at 08:07

      Iyah. mba. Beberapa tepat bahkan ada yang menggunakan bumbu khusus untuk membakarnya.

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.