2023 Bakalan Gelap karena Resesi? Yuk, Investasi Aset Kripto Sekarang Juga

Tomoyo Rin

keuntungan investasi aset kripto

Resesi 2023 secara global bukan sekedar Isu belaka, lho. Walau begitu investasi aset kripto memiliki peluang yang menjanjikan karena percaya atau tidak di setiap ada kesulitan selalu ada celah dalam hal kebaikan.

Hal tersebut bukan sekedar teori belaka, kita bisa melihat selama pandemi Covid-19 ini. Perekonomian runtuh secara mendadak dengan banyaknya PHK massal dan pembatasan kegiatan ekonomi. Akan tetapi, beberapa orang berhasil meningkatkan perekonomian di masa pandemi dengan adanya teknologi digital.

Contohnya UMKM terus meningkat dan munculnya startup yang cukup banyak. Pun, menghadapi resesi 2023 pasti ada peluang untuk kita tetap bisa survive. Yang mana jangan terlalu panik dan kelola keuangan dengan baik. Salah satunya investasi.

Sebelum membahas investasi kripto, yuk cari tahu dulu penyebab resesi 2023.

Contents

Penyebab Resesi 2023

penyebab resesi tahun 2023

Informasi yang aku dapatkan dari Channel Youtube Angga Andinata yang sering membahas tentang investasi dan keuangan bahwa saat ini investor sedang persiapan untuk masa krisis. Yang mana uang investor saat ini dalam bentuk dollar dan Kripto.

Perlu dicatat juga bahwa saat krisis, uang cash adalah rajanya. Jadi, memang kita harus persiapkan dengan baik finansial dalam menghadapi tahun 2023 yang tinggal dua bulan lagi. Karena saat ini sudah terjadi resesi di beberapa negara.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan Resesi 2023, yaitu:

1. Menguatnya Dollar

Ketika dollar meningkat, mata uang di beberapa negara akan merosot atau disebut juga dengan Dollar Milkshake Theory. Inilah yang menyebabkan akan adanya penghambatan perputaran uang. Terlebih untuk beberapa negara yang melakukan impor makanan dan bahan bakar. Belum adanya kenaikan indeks dollar.

2. Musim Dingin

Saat ini di UK sedang mengalami krisis makanan yang disebabkan oleh berkurangnya pasokan energi. Di sisi lain pasokan gas dari Rusia untuk Eropa terputus sehigga musim dingin ini menjadi sulit bagi negara-negara di Eropa yang harus menghadapi musim dingin yang panjang.

3. Naiknya Suku Bunga FED

Saat suku bunga FED naik maka akan berpengaruh terhadap pembangunan properti. Perkiraan kenaikan bunga FED akan mencapai 4.5-4.75%.

Yang mana akan banyak investor yang menunda pembelian rumah dan sulitnya melakukan pinjaman di Bank. Bahkan saat ini beberapa proyek apartemen maupun perkantoran banyak yang terhenti dan banyak rumah yang dijual dengan harga miring.

4. Perusahaan Amerika Mengencangkan Ikat Pinggang

Berkurangnya daya ambil membuat perusahaan mengencangkan ikat pinggang. Di sisi lain kita memang dituntut untuk lebih hemat di masa krisis, akan tetapi akan berdampak buruk bagi perusahaan. Sehingga mau tidak mau mereka akan melakukan PHK karyawannya.

Di atas beberapa faktor yang diperkirakan akan terjadi krisis secara global. Karena bagaimanapun sistem perekonomian dunia seperti lingkaran setan. Krisis karena berkurangnya pasokan energi di Eropa bisa mempengaruhi beberapa negara di Asia maupun negara lain secara menyeluruh.

Untuk itu, apa pun nanti yang akan terjadi di 2023 kita yang tinggal di asia, bahkan Indonesia masih terbilang aman karena sumber makanan masih banyak. Bukan berarti santai dan abai dengan apa yang terjadi di luar sana.

Tahun 2023 bisa saja membuat yang kaya makin kaya, yang kaya jadi miskin, yang miskin jadi kaya, atau yang miskin tambah miskin. Oleh sebab itu, persiapan tetap harus dilakukan dengan selalu menjaga cash flow keuangan kita.

Kurangi pembelanjaan konsumtif dan perbanyak investasi. Mau investasi aset kripto atau apa pun jenisnya masa depan keuangan kita harus selalu terlindungi dengan baik.

Keuntungan Investasi Aset Kripto di Tahun Resesi

keuntungan investasi aset kripto bitcoin

Alasan investasi aset kripto akan menguntungkan selama resesi yaitu karena tahun 2024 merupakan tahun halving bitcoin. Halving bitcoin adalah rewards mining setiap 210 ribu menjadi dua bagian dan maksimal yang didapat yaitu 21 juta.

Jadi, tahun 2023 jangan ragu untuk beli bitcoin agar saat halving di bulan Maret 2024 nanti kita akan mendapatkan keuntungan dan bisa membantu kondisi keuangan kedepannya. Mengingat halving bitcoin sendiri hanya ada empat tahun sekali.

Untuk beli coin crypto yang menjanjikan dan aman bisa gunakan layanan dari Indodax. Yang mana kita bisa beli kripto dari semua bank lokal Indonesia. Selain itu, secara instan dapat menjual aset kripto dengan mengkonversi ke mata uang rupiah.

Proses transaksi di Indodax dapat dilakukan 24 jam dengan biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0%. Trelebih terdapat 200 lebih aset koin yang terdaftar. Dari Bitcoin, USDT, Doge, Ethernal, Axie Infinity, dan masih banyak lagi.

Yuk, mulai investasi aset kripto dari sekarang. Jangan sungkan kalau masih awam dengan cryptocurrency karena kita bisa belajar tentang uang digital di Indodax. Yang mana terdapat kanal khusus edukasi bernama Indodax Academy.

Jika sudah bisa langsung beli maupun menjualnya di Indodax melalui website resmi atau mobile Apps. Terlebih Indodax adalah Indonesia Crypto Exchange terbesar yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI maupun Kemkominfo.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.