Isi Galon Mudah Dipalsukan, Ini 3 Dampak Negatif dan Cara Membedakannya

Tomoyo Rin

dampak isi galon mudah dipalsukan

Beberapa waktu lalu aku menonton berita mengenai isi galon mudah dipalsukan yang cukup menghebohkan. Bahkan Chef Devina Hermawan pun ikut bersuara di twitter hingga menjadi viral.

Pemalsuan isi air galon memang bukanlah sekedar isu belaka, karena ada bahaya yang mengancam konsumen. Yang mana kita selaku konsumen tidak tahu kualitas isi galon palsu dan bisa juga mengancam kesehatan keluarga.

Untuk itu, sebagai konsumen kita harus lebih hati-hati dan teliti saat membeli air galon. Karena, ketika produk yang dibeli ternyata tidak asli bahaya bisa saja tengah mengancam kita.

Contents

Dampak Negatif Isi Galon Mudah Dipalsukan

Dari pengalaman aku pernah membeli air galon yang isinya tidak seperti biasanya. Produk air mineral yang asli umumnya tidak berasa dan cenderung lebih segar, sedangkan yang aku beli rasanya aneh.

Saat itu, aku langsung ganti dengan yang baru. Karena, khawatir memang isi galon palsu dan sudah tidak asli atau kadaluarsa. Seingatku tutupnya asli, tetapi tidak tahu juga karena tidak begitu memperhatikan.

Dengan kejadian adanya oknum yang mengedarkan galon palsu menjadi peringatan untuk kita semua. Kita harus lebih berhati-hati lagi karena galon yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah ada lama di Indonesia. Kita juga harus berhati-hati agar tidak asal terima barang tanpa cek terlebih dahulu kondisi kemasan, tanggal kadaluarsa dan sangat penting untuk cek keaslian air.

Perlu digarisbawahi bahwa ini bukan tentang tutup galon palsu tapi tentang isi galon mudah di palsukan, yang mana walau tutup galon dan galonnya asli, isinya malah oplosan. Hal ini ternyata ada alat yang dapat membuka tutup galon tanpa cacat sama sekali.

Hingga akhirnya sulit untuk membedakan secara kasat mata mana galon asli dan mana galon oplosan karena nampak asli dan tidak ada kerusakan. Padahal, dampak negatifnya cukup besar dari sisi kesehatan maupun materi.

Adapun dampak negatif isi galon palsu yang perlu diketahui.

dampak negatif isi galon mudah dipalsukan

1. Mengancam Kesehatan

Ketika isi galon dipalsukan maka ada dampak buruk yang tengah mengintai. Yang mana kualitas air tidak terjamin dan bisa saja mengandung bakteri dan kuman.

Perlu diingat bahwa negara kita bukan negara Jepang atau Korea yang minum langsung dari kran air pun baik-baik saja. Sedangkan kualitas air minum di tempat kita kalau tidak direbus, harus konsumsi air galon dari perusahaan yang jelas sumber airnya dan sudah melalui proses produksi dengan standar tinggi.

Itulah mengapa saat ada pemalsuan galon kemasan nyawa keluarga bisa terancam. Bisa mengalami sakit perut dan gejala kesehatan lain karena ketidakjelasan isi air.

2. Rugi Secara Ekonomi

Pastinya nih, sebagai konsumen kita akan rugi secara materi. Jatah uang belanja air galon menjadi dua kali lipat jika ternyata yang dibeli merupakan galon palsu.

Akan lebih rugi lagi jika airnya sudah dikonsumsi dan mengalami sakit. Alhasil harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya perawatan yang terbilang mahal.

3. Merugikan Perusahaan Air Mineral

Karena isi galon mudah dipalsukan membuat perusahaan air mineral ikut mengalami kerugian yang cukup besar. Dari penjualan yang menurun dan lebih fatal karena tercorengnya nama baik perusahaan, sehingga kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Membedakan Galon Palsu dan Asli

cara membedakan galon palsu dan asli

Untuk membedakan galon palsu dengan yang asli tidak sesulit yang dibayangkan. Walaupun tutupnya mungkin terlihat sama, tetapi kita bisa cek langsung.

Adapun cara membedakan galon asli dengan yang palsu, diantaranya:

1. Cek Tutup Galon

Sebelum membuka kemasan air galon sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ada nomor seri di tutup galon. Nomor seri ini juga terdapat di kemasan galonnya. Jika nomor seri tidak sama sudah dipastikan palsu.

Selain itu, tutup galon yang asli mudah dibuka dibandingkan dengan yang palsu. Saat mengalami hal ini, boleh minta diganti dengan yang baru karena hak kita sebagai konsumen untuk mendapatkan produk asli.

2. Segel Tertutup Rapat

Galon asli biasanya tersegel dalam kondisi rapat. Jika ada kerusakan sebaiknya jangan dibeli, pilih galon yang segelnya memang masih rapat tanpa cacat.

Walaupun beli dari agen atau outlet terpercaya akan lebih baik untuk tidak mengambil yang segelnya rusak. Bahkan sebagai konsumen kita bisa melaporkan kalau ada segel yang rusak dan sebaiknya dikembalikan ke produsen.

3. Cek Air Galon

Air galon yang asli pasti lebih segar dan tidak memiliki rasa yang aneh. Berbeda dengan isi galon palsu yang mana air bisa saja agak keruh dan berasa.

4. Beli dari Agen atau Terpercaya

Saat membeli air galon sebaiknya dari agen atau outlet resmi terpercaya dengan begitu bisa menjamin keaslian produk. Jangan sampai asal beli dari tempat yang tidak jelas asal usulnya.

5. Cek Tanggal Kadaluarsa

Memang ada tanggal kadaluarsa di galon? Tentu saja ada karena sudah ada UU yang mengatur tentang perlindungan konsumen yaitu pada pasal 4 huruf (c). Pasal ini berisi mengenai hal konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas, jujur tentang jaminan suatu barang atau jasa.

Di galon biasanya tercantum tanggal kadaluarsa. Jadi, pastikan untuk cek terlebih dahulu, ya.

6. Harga

Penting juga untuk bandingkan harga galon palsu dengan asli. Buat emak-emak seperti aku ini, harga lebih murah pasti bikin happy karena sisanya bisa buat belanja cabai, akan tetapi kalau palsu bukannya untung malah buntung.

Untuk itu, jangan tergiur dengan harga murah apalagi jika ada perbedaan yang cukup mencolok. Berbeda jika ada promo atau memang ada program khusus dari agen atau outlet yang jual galon asli. Misalnya pembelian ke sepuluh gratis 1 galon.

7. Selalu Update Informasi Mengenai Kemasan Galon

Dengan adanya kasus isi galon mudah dipalsukan pemerintah dan pihak perusahaan air mineral tentunya tidak tinggal diam. Karena, seperti yang sudah aku sampaikan di atas bahwa dampak negatifnya cukup besar.

Bukan sekedar soal kerugian materi, tetapi kesehatan dan nama baik pun menjadi ancaman atas oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Produsen bisa mempertimbangkan usulan dari Tubagus Haryo sebagai Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang menyarankan adanya modifikasi tutup galon maupun segel secara berkala.

Baca Juga: Perlindungan Konsumen Terhadap Transaksi Jual-Beli Online

Kesimpulan Dan Saran

Jadi, permasalahan isi galon mudah dipalsukan ini memang bukan hanya tugas produsen atau pemerintah, namun kita juga sebagai konsumen harus lebih jeli saat membeli. Akan lebih baik juga mengawasi jika ada hal yang mencurigakan bisa laporkan pada agen atau pihak berwajib.

Bagaimanapun konsumen memiliki hak untuk mendapatkan produk dengan mutu dan kualitas yang sesuai. Apalagi air minum yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan manfaat air putih sendiri sangat baik untuk tubuh, sehingga dianjurkan minum 8 gelas per hari.

Jika kualitas air tidak terjamin bagaimana tubuh akan menjadi sehat yang ada malah terbaring sakit. Oleh sebab itu, sebagai ibu dengan satu orang anak aku memiliki harapan besar agar kasus tutup galon ini tidak terulang lagi.

Anak kecil rentan sekali terserang sakit karena daya imun yang belum maksimal. Tentunya selain selalu cek dan ricek air galon, dukungan dari produsen dan pemerintah juga penting. Mengingat selama tinggal di kota aku mengandalkan air galon. Berbeda ketika tinggal di kampung yang mana air minum diambil langsung dari sumber mata air.

Produsen memang memberikan solusi untuk cek kode nomor seri yang ada di tutup galon dan badan galon dengan kode resmi yang ada di web. Akan tetapi, nomor seri yang samar bisa saja menimbulkan kekeliruan dan cukup merepotkan.

Oleh sebab itu, yuk sama-sama lebih waspada saat membeli air galon demi kebaikan kita semua. Terutama keluarga di rumah.

Caranya dengan membeli produk galon dengan tutup benar-benar tersegel dan pilih juga galon yang isinya bisa terlihat jelas. Dengan begitu kita bisa lebih yakin bahwa galon yang dibeli asli, tutup juga asli, dan isi pun pasti asli.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.