Berburu Makanan Khas Jepang di Deltamas Matsuri 2022

Tomoyo Rin

berburu makanan khas jepang

Borong makanan khas Jepang di festival Japan Matsuri sudah menjadi aktivitas yang tidak terlewatkan. Seperti pada 2 Oktober 2022 di Festival Japan Matsuri yang berlokasi di Deltamas Kab. Bekasi. Acara persembahan Kaji ini bernama Deltamas Matsuri 2022.

Seperti tahun-tahun sebelumnya Komunitas Alumni Japan Indonesia (Kaji) rutin mengadakan festival bernuansa Jepang ini. Walau begitu tujuan dari acara ini untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Contents

Festival Deltamas Matsuri 2022

Sebagai alumni Sastra Jepang, aku paling senang mendatangi japan matsuri. Apalagi semenjak hijrah ke Cikarang karena bisa datang ke Festival Jepang yang ada di Jakarta.

Sebut saja Jak Japan Matsuri (JJM), Enichisei Blok M, dan masih banyak lagi. Belum festival-festival yang diadakan oleh sekolah dan universitas.

Japan matsuri seperti festival pada umumnya. Ada acara hiburan, perlombaan, bazar dan kuliner. Serta, yang menjadi ciri khas untuk event besar biasanya ada Taiko dan pertunjukan cosplay.

stan makanan Jepang di Deltamas Matsuri
Stan makanan di Deltamas Matsuri 2022

Dulu aku juga aktif cosplay, tapi semenjak Corona bisa dikatakan sudah gak cosplay. Terakhir cosplay di Blok M.

Sekarang si lebih suka berburu souvenir dan makanan khas Jepang. Seperti, acara kemarin di Deltamas Matsuri datang ke sana buat cari Takoyaki, Taiyaki, Okonomiyaki dan Ramen.

Baca Juga: Makanan Musim Dingin di Jepang

Berburu Makanan Khas Jepang

Datang ke Festival Jepang akan banyak stand makanan yang populer seperti penjual Takoyaki, Taiyaki, Ramen, Kakigori dan lain-lain. Kalau aku pasti beli Takoyaki karena kapan lagi bisa makan makanan khas Jepang berbentuk bulat ini.

Di beberapa restoran Jepang memang ada yang jual, hanya saja rasanya terkadang kurang nikmat. Kaya ada yang kurang, gitu. Oleh karena itu, di Deltamas Matsuri kemarin Takoyaki yang pertama aku beli.

Takoyaki

takoyaki makanan khas Jepang

Takoyaki adalah makanan Jepang berbentuk bulat yang terbuat dari tepung terigu berisi dagig gurita yang sudah di potong kecil-kecil. Cemilan khas Jepang ini berasal dari daerah Kansai di Jepang hingga akhirnya populer di beberapa negara. Salah satunya Indonesia.

Sebelum dihidangkan Takoyaki aka diberi saus khusus berwarna cokelat dan mayonaise. Lalu ditaburi katsuoboshi.

Okonomiyaki

okonomiyaki makanan khas Jepang

Cemilan Jepang Okonomiyaki terbuat dari adonan tepung terigu yang berisi sayuran dan daging. Bisa dikatakan hampir mirip dengan bakwan, hanya saja ada irisan daging sapi atau babi.

Penyajian okonomiyaki tidak beda jauh dengan Takoyaki yaitu diberi saus khusus okonomiyaki, mayonaise dan katsuoboshi. Walau ada irisan daging, tetapi kita juga bisa pesan tanpa daging.

Taiyaki

kue tradisional Jepang Taiyaki

Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan. Yang mana Tai merupakan jenis ikan dan Yaki artinya panggang. Ikan Tai termasuk jenis ikan mahal yang hanya dapat dikonsumsi oleh orang-orang kaya.

Itulah mengapa muncul kue Taiyaki agar masyarakat umum juga bisa ikut bahagia walau bukan makan ikan aslinya. Taiyaki bahkan sebagai simbol keberuntungan.

Proses pembuatan Taiyaki memang dibakar dan dalamnya akan di isi toping selai kacang merah, cokelat, keju dan lainnya. Akan tetapi, yang menjadi ciri khas makanan Jepang satu ini yaitu selai kacang merah.

Konon, Taiyaki terbaik yang selai kacangnya sampai ekor ikan.

Ramen

ramen populer dari Jepang

Salah satu makanan Jepang yang terkenal dan terbilang populer yaitu ramen. Tidak heran di Indonesia semakin mudah menemukan restoran Ramen.

Ramen sendiri merupakana makanan Jepang favoriku. Sehingga, aku coba icip-icip Ramen di salah satu stand Deltamas Matsuri. Kebetulan harganya masih ramah di kantong yaitu 25 ribu saja.

Kalau di restoran Jepang asli biasanya di atas 40 ribu. Tentunya dengan kualitas rasa dan toping yang berbeda. Walau begitu, ramen yang aku beli di matsuri lumayan enak dan ada tenpuranya juga.

Baca Juga: 5 Restoran Ramen Enak di Jakarta

Selain empat jenis makanan khas Jepang di atas, ada juga minuman khas Jepang yaitu Kakigori. Kakigori sendiri merupakan es serut berwarna-warni. Berhubung sudah beli es krim potong yang dimakan dengan roti tawar, akhirnya di event kali ini aku lewatkan dulu.

Jadi, buat teman-teman yang mau datang ke Festival Jepang jangan lupa beli Takoyaki, Okonomiyaki dan jajanan tradisional Jepang Taiyaki. Kalau cuaca lagi panas-panasnya bisa coba hilangkan rasa haus dengan Kakigori. Kebetulan di pertengahan Oktober aka nada Jak Japan Matsuri (JJM).

19 pemikiran pada “Berburu Makanan Khas Jepang di Deltamas Matsuri 2022”

  1. Sushi nggak ada ya? Saya suka sushi dan salmon juga, apalagi kalo dicocol saus, emmmm maknyus banget rasanya. Penasaran sih, tapi lokasinya jauh euy…

    Balas
  2. Jadi dapat tambahan info tentang acara yang dapat dijadikan ajang berburu makanan khas Jepang.
    Jadi pengen nyicip Takoyaki-nya. Di tempatku udah gak ada yang jual yang rasanya lumayan, kalah bersaing dengan takoyaki-takoyaki-an.

    Balas
  3. Aku penasaran banget dengan rasa Taiyaki, soalnya kalau liat di drama Jepang sering muncul menu cemilan ini. Kalau Takoyaki sudah pernah coba tapi gak pake potongan gurita tapi pake ikan cakalang aja

    Balas
  4. Wah kak Erin berburu kulinernya negeri sakura seru banget.
    Apalagi banyak variasinya nih, hemm, jadi memanjakan lidah juga

    Balas
  5. Wah senangnya bisa datang ke acara seperti ini
    Bisa puas menjajal beragam kuliner khas Jepang yang enak enak ya mbak
    Kalau aku paling favorit sih takoyaki

    Balas
  6. Waaahh ada salah satu makanan favorit saya nih si takoyaki. Asli takoyaki itu rasanya enak banget dan teksturnya lembut-lembut dan kenyal gimanaa gitu. Si Oko juga aku suka, kalo di sini biasanya diisi sama sayuran kol hihihi.

    Balas
  7. Aku pernah ke acara ini juga tapi di Jakarta. Seru banget ya acaranya. Rupanya yang kemarin di Bekasi ya. Kirain bakal di Jakarta terus. Enaknya makan masakan Jepang.

    Balas
  8. Ah sou kaa, ternyata kak Erin lulusan sastra Jepang ya..
    Pantesan nama blognya Jepang banget. Dulu, aku sempet ikutan nihon go noryoku shikken level 2, kak.. Hehhe, dulu ambis nya sih pengen kuliah ke Jepang.
    Paling happy memang ke Festival Jepang tuh.. Jadi inget kalo aku pernah gabung di tim penari Yosakoi. Rasanya kangen banget sama hal-hal berbau Jepang.

    Balas
  9. Enak-enakkk nihh .. saya tahunya takoyaki wkwk.. Selebihnya ngga pernah coba.. Festival gini pasti bikin penasaran orang2 para pencinta Jepang buat dateng..

    Balas
  10. Enak-enakkk nihh .. saya tahunya takoyaki wkwk.. Selebihnya ngga pernah coba.. Festival gini pasti bikin penasaran orang2 para pencinta Jepang buat dateng..

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.