Makanan Musim Dingin di Jepang yang Sehat, Lezat dan Mengenyangkan

Tomoyo Rin

Updated on:

makanan musim dingin di jepang

Kalau ngomongin makanan Jepang terutama makanan musim dingin, lidahku langsung ngiler saking penginnya. Ada yang mau juga? Coba dulu deh baca ulasanku tentang makanan yang enak dan sehat saat musim dingin di Jepang.

Jepang memang salah satu negara di Asia yang mengalami 4 siklus iklim berbeda setiap tahunnya. Perubahan cuaca membuat masyarakat Jepang harus memilih makanan yang menyesuaikan musim. Seperti semangka yang begitu populer saat musim panas. Saat keringat terus bercucuran, semangka memang pilihan yang tepat karena kandungan airnya sangat menyegarkan. Aku pernah membuktikannya makan semangka saat cuaca panas memang lebih nikmat dibanding saat cuaca dingin. Sensasinya itu beda.

Kalau cuaca dingin lebih nikmat minum dan makan yang hangat-hangat. Seperti sup atau makanan berkuah lainnya. Di Jepang juga sama, loh. Spesialnya saat musim dingin banyak sekali hidangan seafood dan penyajiannya dalam panci atau β€œnabe”. Penyajiannya itu dengan memasaknya saat itu juga di atas api kecil dan makan langsung dari pancinya. Dan di makan rame-rame. Karena porsi satu nabenya memang untuk beberapa orang.

Namun, sebelum zaman Edo masakan nabe ini hanya dihidangkan untuk satu orang saja. Paling banyak pun hanya untuk dua orang. Bahkan saat zaman Asuka makan daging itu dilarang untuk rakyat biasa. Padahal kan masakan nabe tidak jauh dari daging baik itu buta niku, ayam, atau sapi. Namun, semenjak zaman Meiji, semua orang dapat makan nabe, sekalipun rakyat biasa. Lalu, hidangan nabe satu pancinya untuk ramai-ramai. Karena gak ad ague dan lo emang gak rame, kan? *tsah

Contents

Nabe, Makanan Musim Dingin yang Lezat

Hidangan nabe apa saja, si? Yuk ah, cek di bawah.

1. Chanko Nabe

canko nabe
sumber gbr: moranbong.co.jp

Chanko Nabe ini awalnya dibuat oleh Pegulat Sumo yang akhirnya menjadi populer hingga saat ini. Isinya berbagai jenis bahan makanan yang seimbang dan sangat di sukai.

2. Kimchi Nabe

kimchi nabe
sumber gbr: daisho.co.jp

Sesuai namanya masakan Nabe satu ini berbahan dasar Kimci dari Kubis Cina. Isinya bervariasi dari makanan seafood, sayuran dan lain-lain. namun, perlu cek dulu karena Kimchi Nabe mengandung buta niku (daging babi)

3. Sukiyaki

sukiyaki
sumber gbr: kobebeef.co.jp

Kalau makanan satu ini pasti tidak asing lagi bukan di telinga kita? Yes, Sukiyaki salah satu makanan Jepang yang populer di Indonesia. Isinya berupa tahu, jamur shiitake, dan lainnya. Tapi, sebetulnya yang menjadi andalan di Sukiyaki adalah olaha daging dengan gula dan kecap pedas. Ini yang menjadi Sukiyaki begitu nikmat, terutama saat musim dingin. Di musim lainnya, Sukiyaki tetap bisa nikmati, kok.

4. Mizutaki

mizutaki
sumber gbr: ajinatori.com

Arti mizutaki di sini adalah dimasak dalam air. Mungkin terdengar aneh ya, karena sup kan memang membutuhkan air saat merebusnya. Tapi ya sudahlah, yang penting perut kenyang. *lol*

Mizutaki ini berasal dari wilayah Hakata di Fukuoka. Olahannya berupa daging ayam yang direbus dalam air dan dicampur kaldu ayam. Campuran bahan lainnya berupa kubis Cina, wortel jamur shiitake, dan lainnya.

5. Anko Nabe

ankou nabe
sumber gbr: tuuhan.co.jp

Ada yang tahu ikan Fugu, kan? Olahan Anko Nabe ini berbahan dasar ikan Fugu dan makanan seafood lainnya.

Seperti Mizutaki, Anko Nabe merupakan makanan lokal yang berasal dari daerah Ibaraki.

Makanan musim dingin di Jepang bisa menjadi pilihan saat liburan ke sana. Mungkin saat libur akhir tahun nanti. Namun, seperti yang aku tulis sebelumnya, untuk muslim mohon perhatikan kandungannya mengandung buta niku atau tidak. Biasanya tertulis di menu, kalaupun tidak ada bisa menanyakan ke pelayan langsung. Bisa juga mencari restoran Jepang yang halal karena saat ini wisata halal di Jepang sudah banyak. Jadi, tidak perlu khawatir, deh. Tetap bisa menikmati makanan Jepang yang sehat dan halal.

Kira-kira, mau coba menu yang mana nih?

___________________________

postingan ini diikutsertakan dalam one day one pos bersama Estrilook Community 

75 pemikiran pada “Makanan Musim Dingin di Jepang yang Sehat, Lezat dan Mengenyangkan”

  1. Aku yang pedes aja mba. Sukiyaki kayaknya ya yang tampilannya keliatan paling pedes..
    Dingin2, trus maem yang berkuah+pedas..kayaknya nikmat banget

    Aduh, kapan ya bisa ke Jepang? Semoga bisa. Entah kapam

    Balas
  2. Saya pilih Sukiyaki. Udah pernah makan, jadi aman, lagian dagingnya empuk banget. Yang lain nggak berani nyoba, takut nggak doyan

    Balas
  3. Saya mauuuu coba semuanya, kecuali yang Kimchi Nabe.
    Kayaknya yang daging di menu Sukiyaki masih terlihat segar/merah getu ya Mbak. Apalagi makannya pas musim dingin dan di Jepang pula, mupeng parah deh pokoknya

    Balas
  4. Penasaran dengan makanan Jepang karena belum pernah coba semuanya. tapi yang bikin tambah penasaran itu karena aku gak bisa lihat penampakannya alias fotonya gak bisa dilihat…

    Balas
  5. Kalo di Hong Kong disebut Ta pin lo atau Hot Pot. Semua makanan dari sea food, daging, macam macam jenis bakso, macam macam jamur, hingga sayuran. Di tata di meja, taruh kompor di tengahnya. Siapa mau makan apa nyemplungin ke pot atas kompor sendiri. Yummy… jadi kangen makan ta pin lo.

    Balas
  6. Aku selalu percaya makanan Jepang sehat
    Karrna orang Jepang salah satu bangsa yang memiliki harapan usia lebih panjang, di atas 90 tapibdalam kondisi sehat meski usia segitu
    Jadi semua makanan di atas bener2 menggiurkan dan cobaable

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.