Malu Karena Gigi Kuning? Ini 5 Tips Merawat Gigi Tetap Putih

Tomoyo Rin

merawat gigi tetap putih dengan bahan alami

Merawat gigi tetap putih bukanlah perkara mudah karena berubahnya warna gigi terjadi secara alami. Seperti gigi yang dulunya putih perlahan menjadi kuning.

Sebetulnya gigi yang berwarna kuning bukan berarti menandakan gigi tidak sehat atau tidak normal. Bahkan, gigi putih normal itu berwarna putih gading. Jadi, jangan terlalu bersedih apalagi malu selama warna gigi masih termasuk normal.

Warna gigi yang bermasalah yaitu kuning pekat, cokelat bahkan kehitaman. Walau begitu memiliki gigi putih meningkatkan rasa percaya diri dan membuat kita lebih bebas tersenyum.

Untuk itu, agar memiliki gigi tetap putih maka harus dijaga dan dirawat dengan baik. Caranya cek informasi di bawah, ya.

Baca Juga: Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Kenapa Harus Membersihkan Karang Gigi

Contents

5 Cara Merawat Gigi Tetap Putih

cara merawat gigi tetap putih

Sebelum berbagi tips merawat gigi tetap putih dan sehat alangkah baiknya kita ketahui dulu penyebab adanya perubahan warna. Yang mana gigi memiliki tiga lapisan yaitu enamel, dentin dan pulpa.

Saat enamel atau permukaan gigi terkikis karena makanan asam atau menyikat gigi terlalu keras maka lapisan dentin yang terlihat. Lapisan dentin sendiri berwarna kuning. Sehingga, gaya hidup yang tidak sehat akan memperburuk warna pada lapisan dentin.

Seperti konsumsi kafein berlebih, merokok, dan sebagainya. Untuk itu, penting menjaga kesehatan gigi dan merawatnya agar enamel gigi tidak terkikis.

Adapun cara merawat gigi tetap putih, yaitu:

1. Rutin Menggosok Gigi

Gosok gigi dua kali sehari baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Serta, membuat gigi tetap putih sepanjang hari. Hanya saja perlu digaris bawahi saat gosok gigi jangan terlalu keras agar enamel gigi tetap terjaga.

2. Gunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Whitening

Saat menggosok gigi gunakan odol pemutih gigi. Saat ini sudah banyak tersedia pasta gigi yang dapat memutihkan dengan kandungan bahan alami. Seperti Acai Berry, Arang Aktif, Daun Sirih, dan lain-lain.

3. Makan Buah yang Mengandung Asam Malat

Konsumsi buah dengan kandungan asam malat juga bisa menjaga gigi tetap putih. Diantaranya stroberi, apel, dan semangka.

Hal tersebut karena asam malat sebagai zat alami memiliki fungsi untuk memutihkan gigi. Sehingga, konsumsi buah tersebut membuat gigi bebas dari warna kuning.

4. Hindari Minum Kopi Berlebih

Kandungan kafein dalam kopi tidak baik untuk gigi karena enamel gigi akan menipis. Terlebih jika konsumsi kopi secara berlebih karena akan menyebabkan gigi menguning.

Selain kopi konsumsi teh, soda hitam, dan makanan atau minuman terlalu asam pun tidak baik untuk enamel gigi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya hindari konsumsi berlebih dari makanan dan minuman tersebut.

5. Tidak Merokok

Rokok mengandung nikotin dan tar yang membuat gigi berubah warna menjadi kuning. Jika tidak segera dibersihkan maka kedua kandungan tersebut bisa masuk ke dalam rongga mulut dan warna gigi akan berwarna kuning kecokelatan saat nikotin dan tar bercampur dengan karang gigi.

Oleh seba itu, jika kamu benar-benar peduli dengan warna gigi tidak merokok adalah pilihan tepat. Terlebih rokok menjadi penyebab munculnya Penyakit Tidak Menular (PTM) yang mematikan.

Baca Juga: Cabut Gigi Pakai BPJS, Kenapa Tidak?

Penutup

Merawat gigi tetap putih membuat penampilan menjadi lebih menarik dan kamu tidak merasa malu lagi untuk tersenyum lebar. Bahkan dengan 5 perawatan di atas kesehatan gigi dan mulut pun terjaga dengan baik.

Ibarat sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, maka merawat gigi sekaligus menjaga kondisi gigi dan mulut tetap sehat. Saat kesehatan gigi dan mulut terjaga dengan baik maka akan terhindari dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri jahat di mulut.

Yuk, lebih peduli dengan kesehatan gigi kita.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.