Manfaat Asuransi Syariah dan Jenisnya

manfaat memiliki asuransi syariah

Saat ini sudah banyak orang yang melek terhadap pentingnya asuransi. Yang mana baik asuransi umum maupun asuransi syariah memiliki manfaat yang besar untuk melindungi keuangan di masa depan.

Hal tersebut karena hadirnya asuransi sebagai jaminan terhadap risiko yang terjadi di masa mendatang karena hal yang tidak terduga. Baik itu harus rawat inap di rumah sakit, kehilangan mobil karena pencurian, kerusakan mobil karena kecelakaan, hingga kematian.

Tentunya hal-hal tersebut akan berdampak besar terhadap kondisi keuangan. Sebetulnya tidak menjadi masalah ketika keuangan tengah stabil, akan tetapi kita tidak pernah tahu risiko tersebut kapan terjadinya.

Untuk itu, sebagai solusi dalam melindungi dari berbagai risiko asuransi menjadi pilihan yang tepat. Produk asuransi sendiri, saat ini sudah tersedia asuransi syariah. Untuk manfaat asuransi syariah dan jenis-jenisnya akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Manfaat Asuransi Syariah untuk Berbagai Risiko

Pada dasarnya manfaat memiliki asuransi untuk memberikan perlindungan ketika terjadi hal yang tidak kita inginkan dan mengguncang finansial. Walau begitu, dalam prosesnya ada perbedaan yang cukup menonjol.

Asuransi syariah hadir dengan sistem saling tolong-menolong, sehingga pihak asuransi tidak sepenuhnya hanya mencari keuntungan belaka dari nasabah pemegang polis. Serta, dalam transaksi syariah ada akad sebagai bentuk persetujuan antara kedua belah pihak.

Berikut ini manfaat asuransi syariah yang perlu kamu ketahui.

1. Terbebas dari Riba

Hadirnya produk asuransi untuk membebaskan nasabah dari riba yang mana dalam prosesnya sesuai syariat islam. Pun dengan produk asuransi syariah nasabah dapat klaim asuransi sesuai dengan premi yang dibayarkan.

2. Tidak Ada Iuran Dasar

Asuransi syariah bebas dari iuran dasar. Yang mana saat tertanggung mengalami cacat tetap maka uang santunan akan diberikan langsung sesuai manfaat yang tercantum dalam polis

3. Bagi Hasil Sesuai Akad

Asuransi syariah memiliki peran dalam mengelola dana asuransi. Sehingga, jika ada keuntungan maka aka nada bagi hasil sesuai dengan akad yang telah dijalankan tanpa ada yang dirugikan.

4. Saat Telat Bayar Manfaat Dapat di Klaim Secara Utuh

Manfaat asuransi syariah yang menguntungkan nasabah yaitu tidak ada pengurangan manfaat polis walau ada keterlambatan pembayaran premi.

5. Tersedianya Manfaat Wakaf

Hanya asuransi syariah yang menawarkan nasabah untuk berkontribusi dalam kebaikan berupa wakaf. Wakaf sendiri pahalanya tidak akan pernah putus selama memberikan manfaat terhadap orang lain.

Dari manfaat asuransi syariah di atas, tentunya makin penasaran produk apa saja yang tersedia dengan sistem syariat islam ini.

Jenis-Jenis Asuransi Syariah

jenis dan manfaat asuransi syariah

Terdapat beberapa produk yang disediakan oleh asuransi syariah. Seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan sebagainya.

Adapun penjelasan dari produk asuransi syariah, yaitu:

Asuransi Kesehatan Syariah

Siapa pun tidak ingin mengalami sakit, apalagi harus rawat inap atau rawat jalan. Walau begitu, kita harus siap dengan segala kemungkinan. Dengan memiliki asuransi kesehatan syariah maka setiap biaya perawatan akan ditanggung sesuai manfaat polis yang dipilih.

Asuransi Jiwa Syariah

Sesuai namanya jenis asuransi jiwa syariah ini memberikan manfaat berupa uang pertanggungan atau santunan atas kematian. Sehingga jika, tertanggung meninggal dunia maka ahli waris akan mendapatkan uang santunan.

Tentunya uang santunan ini sangat bermanfaat untuk melindungi kondisi finansial agar tetap stabil. Dengan begitu keluarga yang ditinggalkan tidak mengalami kesulitan ekonomi.

Asuransi Kendaraan Syariah

Jika kamu memiliki kendaraan pribadi maka wajib untuk memiliki asuransi. Karena, dengan asuransi kendaraan ini dapat memberikan manfaat ketika terjadi kerusakan karena kecelakaan maupun bencana alam, kehilangan mobil atau motor karena pencurian, termasuk kerusakan ringan hingga berat.

Itulah mengapa tidak hanya diri sendiri yang harus mendapatkan perlindungan, melainkan harta benda juga dapat diasuransikan. Karena, setiap risiko akan menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat asuransi syariah dan jenis-jenis produknya. Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan untuk memiliki asuransi syariah ini. Terpenting untuk memilih polis dengan premi sesuai kemampuan.

Untuk informasi lebih detail mengenai manfaat asuransi syariah, jenis-jenisnya, hingga perusahaan yang menyediakan layanan asuransi syariah langsung mengunjungi https://lifepal.co.id/asuransi/syariah/.

Lifepal sebagai marketplace asuransi No.1 di Indonesia, tersedia beragam produk asuransi konvensional dan syariah sesuai kebutuhan kamu. Bahkan, kamu juga bisa membeli langsung produk asuransi di situs Lifepal.

Yuk, miliki asuransi saat ini juga dan lindungi kondisi finansial masa depan. Karena, kita tidak pernah tahu akan risiko terburuk yang akan terjadi. Terlebih jika perekonomian tengah terguncang. Maka salah satu persiapan yang dapat kita lakukan yaitu dengan memiliki asuransi.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.