Tips Jitu Membedakan Sepatu Olahraga Asli dan Palsu

Tomoyo Rin

Updated on:

tips membedakan sepatu olahraga asli dan palsu

Ingin tampil beda dengan menggunakan sepatu olahraga asli malah kena tipu. Ada yang pernah mengalami?

Memakai sepatu original, khususnya olahraga tentu bukan sekedar untuk gaya-gayaan saja. Karena, sepatu olahraga harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi yang memakainya.

Terhindar dari cedera dan awet tahan lama. Terlebih banyaknya gerakan saat olahraga membuat kita harus lebih teliti dalam menggunakan sepatu.

Sayangnya, banyak oknum yang membuat barang palsu menyerupai produk asli. Hal ini bahkan sudah menjadi rahasia umum. Untuk itu, kita harus lebih teliti saat membeli sepatu. Jangan sampai terjebak barang KW.

Selain kualitas sepatu yang tidak terjamin, uang pun melayang sia-sia. Pasti bakalan rugi kalau sudah keluar uang banyak ternyata sepatu olahraga palsu.

Contents

Cara Membedakan Sepatu Olahraga Asli dan Palsu

Membedakan sepatu olahraga asli dengan yang palsu memberikan tantangan tersendiri. Karena, secara kasat mata mungkin tidak begitu nampak perbedaannya. Akan tetapi, jika teliti pasti bisa menemukan letak perbedaan antara yang original dan KW.

Berikut ini, tips membedakan sepatu olahraga puma original dan sepatu branded asli lainnya dengan yang palsu.

membedakan sepatu olahraga asli puma original dengan palsu

1. Kenali Istilah Sepatu Original dan KW

Pernahkan kamu mendengar sepatu BNIB? BNIB kependekan dari Brand New In Box maksudnya bahwa barang original masih tersegel belum dan kardus belum dibuka.

Perlu diketahui juga untuk istilah barang original ada sebutan BNWB (Brand New Without Box) dan BNOB (Brand New Open Box). Ada juga penggunaan istilah Grade Ori, Premium Quality, KW Super, Replika dan sebagainya.

Sayangnya istilah tersebut hanyalah sebuah permainan kata untuk sepatu tiruan. Dengan memahami istilah tersebut, kita dapat terhindar dari sepatu olahraga palsu.

2. Beli di Toko Resmi atau Terpercaya

Membeli sepatu olahraga branded atau original sebaiknya di toko resmi atau terpercaya. Dengan begitu dapat terhindar dari penipuan produk KW.

3. Cek Label dan Barcode

Untuk memastikan sepatu yang dibeli original maka cek label dan label pada kemasan. Biasanya ada nomor seri yang tercantum di box dan nomor seri tersebut juga tercetak di lidah sepatu.

4. Cek Harga

Sudah pasti kalau harga sepatu KW lebih murah dari aslinya. Sayangnya masih banyak yang tertipu saat penjual menyebutkan istilah Premium Quality atau Grade Ori.

Untuk harga produk asli bisa cek di website resmi brand. Kalau pun harganya berbeda, pastikan apakah karena sedang ada promo atau tidak.

5. Cek Logo Brand

Logo brand pastinya tersemat pada sepatu. Untuk itu pahami secara detail logo brand sepatu dan bandingkan apakah sudah sesuai atau belum. Produk KW pasti ada celah perbedaannya.

6. Jahitan Lebih Rapi

Sepatu original memiliki jahitan yang lebi rapi dibandingkan yang palsu. Benang yang digunakan pun sama dengan warna sepatu. Dengan cek jahitan pada sepatu akan membuat kita terhindar dari barang-barang palsu.

7. Cek Material Sepatu

Sebelum membeli sepatu cek juga material sepatu. Seperti sol sepatu, warna, dan bahan pembuatannya. Jika teliti ada perbedaan mencolok.

Sepatu KW umumnya berwarna lebih kuning karena menggunakan karet biasa dari sepatu ori yang lebih putih dan pola dari sol akan berbeda dengan yang asli. Perhatikan juga detail-detail dari sepatu yang akan dibeli, ya.

Dengan tips jitu membedakan sepatu olahraga asli dan palsu di atas membuat kita akan terhindar dari produk palsu. Kita tidak bisa asal percaya, karena banyak sekali oknum yang mengambil keuntungan dengan menjual produk KW.

Oleh sebab itu, cara terbaik dengan selalu berhati-hati dan cek secara teliti sebelum memutuskan membeli sepatu olahraga. Karena, kenyamanan dan kesalamatan akan dipertaruhkan jika asal beli.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.