Kapan Waktu yang Tepat Membeli Rumah?

kalkulator cicilan membeli rumah

Memiliki tempat tinggal pribadi dengan membeli rumah tanpa harus sewa merupakan impian banyak orang. Khususnya bagi mereka yang sudah berkeluarga rumah menjadi salah satu wishlist yang tidak dapat diabaikan.

Terlebih jika ada anak, memiliki rumah sendiri akan lebih baik karena bisa menyediakan kamar khusus untuk anak. Selain itu, keuangan keluarga pun tidak menjadi berat jika harus membayar sewa bulanan atau tahunan.

Keuntungan lainnya, ketika menghadapi pandemi tidak pusing dengan urusan sewa rumah. Seperti yang terjadi dua tahun ke belakang saat Covid-19 membuat penghasilan utama harus dipotong. Sedangkan kebutuhan rumah tidak bisa dikurangi.

Oleh sebab itu, dengan memiliki rumah sendiri kita akan lebih tenang saat menghadapi masa-masa krisis. Ya, kedepannya kita tidak akan pernah tahu akan ada pandemi apa lagi di masa depan.

Dengan begitu salah satu investasi terbaik untuk melindungi keuangan di masa mendatang dengan membeli rumah. Investasi rumah tidak akan membuat Anda rugi karena nilainya tidak jatuh, melainkan dapat bertambah.

Waktu yang Tepat untuk Membeli Rumah Impian

Agar rumah impian bisa kita miliki, penting untuk mempersiapkan berbagai hal dari sekarang. Dan, saat memutuskan membeli rumah harus di waktu yang tepat. Maksud waktu yang tepat di sini yaitu sesuai dengan kondisi di bawah ini.

waktu yang tepat membeli rumah

1. Usia Muda

Selagi masih muda, jangan takut untuk membeli rumah. Apalagi jika saat ini kamu memiliki tabungan yang cukup atau gaji yang memungkinkan kamu untuk beli rumah dengan mencicil. Hal ini karena, jika dihitung secara seksama antara sewa dan beli rumah perbandingannya sangatlah tipis.

Itulah mengapa usia menjadi faktor penting untuk membeli rumah. Terlebih jika memutuskan memilih metode pembayaran cicilan, semakin muda usia kamu maka semakin mudah untuk bank menyetujui pengajuan cicilan rumah.

2. Belum Banyak Tanggungan

Semakin banyak tanggungan, maka memerlukan dana yang tidak sedikit. Terlebih jika kamu tidak memiliki rumah, semakin besar pengeluaran sehari-hari. Misalnya untuk sewa tempat tinggal, biaya makan, biaya pendidikan anak, dan lainnya.

Jika saat ini kamu memiliki gaji yang cocok untuk membeli rumah dan belum memiliki tanggungan maka jangan sungkan untuk mempertimbangkannya. Memiliki rumah akan membuat masa depan lebih cerah.

3. Tidak Memiliki Hutang

Perlu dicatat, saat kamu memiliki hutang tidak disarankan untuk membeli rumah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran keuangan kamu. Kalaupun mau membeli rumah, lunasi terlebih dahulu hutang yang dimiliki saat ini.

4. Naik Gaji

Saat kamu berencana memiliki rumah sendiri, maka cek kondisi keuangan saat ini. Jika belum cukup jangan paksakan diri untuk mengambil rumah impian. Sabarlah sedikit hingga kamu naik gaji, karena salah satu waktu yang tepat mengambil cicilan rumah yaitu saat adanya pemasukan tambahan.

5. Cicilan Tidak Lebih dari 30% Gaji

Penting untuk memahami tentang pengeluaran bulanan kamu saat ini. Misalnya tertarik memilih rumah yang dekat dengan tempat kerja dan belum memiliki uang cash untuk bayar full, maka pilihlah rumah cicilan dengan total cicilan setiap bulannya tidak melebihi 30% dana pemasukan.

Untuk memudahkan kamu menghitung biaya bulanan saat cicil rumah dapat menggunakan kalkulator secara online. Dimana hasilnya akurat.

Tips Menghitung Cicilan Rumah

Tahukah kamu jika ingin mengetahui perkiraan biaya untuk beli rumah dengan sistem cicilan ada rumusnya yaitu dengan menggunakan kalkulator secara online. Saat ini banyak situs yang menyediakan kalkulator perhitungan cicilan rumah, seperti https://www.mortgagecalculator.uk.

Mortgagecalculator adalah situs untuk menghitung cicilan bulanan atau tahunan membeli rumah. Dengan menghitung cicilan di situs mortgagecalculator.uk maka kamu akan mengetahui grafik pembayaran pinjaman bersama dengan tabel amortisasi bulanan dan tahunan.

Terdapat beberapa fitur kalkulator diantaranya Cek Cicilan Membeli Rumah, Affordability, Amortisation, Overpayment, dan Remortgage. Untuk kalkulator menghitung pembelian rumah sudah tersedia di halaman beranda.

Berikut ini contoh kalkulator cicilan membeli rumah:

mortgagecalculator membeli rumah

Mudah seklai bukan. Terutama buat teman-teman yang mau membeli rumah di luar negeri. Jangan lupa menggunakan mortgagecalculator. Dan, mulailah menabung sedini mungkin untuk persiapan memiliki rumah impian.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.