Bionicom-C Obat Apa? Ini Manfaat bagi Tubuh dan Aturan Pakainya

manfaat bionicom-c

Asupan vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, melainkan juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serangan penyakit.

Namun, terkadang asupan vitamin tidak cukup terpenuhi hanya dari makanan saja. Mengonsumsi suplemen multivitamin pun bisa menjadi solusi untuk menjaga kebutuhan vitamin dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi Bionicom-C.

Bionicom-C mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang bermanfaat bagi kesehatan. Meski begitu, pada beberapa kondisi seperti penderita autoimun dan GERD, konsumsi multivitamin perlu berdasarkan petunjuk dokter. Selain itu, juga mengingat setiap orang bisa mempunyai kebutuhan vitamin yang berbeda-beda.

Anda bisa melakukan konsultasi dokter online dengan mudah rumah melalui aplikasi KlikDokter. Nah, berikut adalah ulasan mengenai Bionicom-C mulai dari manfaat hingga penyakit yang bisa timbul karena kekurangan vitamin C dan B.

Apa Itu Bionicom-C?

Bionicom-C adalah suplemen multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan vitamin, sehingga daya tahan tubuh pun terjaga. Bionicom-C diproduksi oleh PT Sampharindo Perdana dengan dengan izin BPOM SD141546251.

Obat ini termasuk golongan obat bebas. Anda bisa mendapatkannya di apotik atau toko obat resmi dan menggunakannya tanpa resep dokter.

Namun, sebaiknya bicarakan lebih dulu dengan dokter untuk mendapat rekomendasi dosis dan aturan pakai yang tepat sesuai kondisi kesehatan dan pola hidup Anda.

Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin C dan B

Penyebab penyakit tidak hanya karena faktor infeksi virus, bakteri, dan jamur saja, melainkan bagaimana kondisi daya tahan tubuh juga turut berpengaruh. Sebab, jika tubuh dalam keadaan kekurangan vitamin, sistem kekebalan tubuh bisa terganggu dan sulit bekerja maksimal saat tubuh terserang infeksi penyakit.

Vitamin C dan vitamin B kompleks adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C sendiri bisa memicu kondisi:

  • Masalah pada kulit seperti kulit kasar dan kering
  • Luka lebih sulit sembuh
  • Gusi mudah berdarah dan gigi goyang hingga copot
  • Skorbut atau kekurangan vitamin C parah

Sementara itu, beberapa kondisi kesehatan berikut bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B kompleks, yaitu:

  • Penyakit beri-beri
  • Anemia
  • Gangguan fungsi memori otak
  • Infeksi pada mulut
  • Pertumbuhan bayi bisa terhambat pada ibu hamil
  • Penyakit kuning

Baca Juga : Riliv, Meditasi Online Mengatasi Kecemasan

Kandungan dan Manfaat Bionicom-C bagi Tubuh

kandungan suplemen bionicom-c

Bionicom-C mengandung vitamin B kompleks dan C yang sangat berguna dalam membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menjaga kesehatan sistem saraf, dan tentu saja untuk memelihara kesehatan tubuh. Berikut adalah kandungan vitamin dalam Bionicom-C dan manfaatnya bagi tubuh, yaitu:

1. Vitamin C 150 mg

Vitamin C dengan antioksidan tinggi bisa membantu dalam menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan struktur sel, meningkatan sistem imun, serta mencegah penuaan dini.

2. Niacinamide 50 mg

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit atau skin care. Zat ini memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari mengatasi jerawat, melindungi dari radikal bebas, dan mencegah kanker kulit.

3. Kalsium pantotenat 20 mg

Kalsium pantotenat adalah bentuk garam kalsium vitamin B5 (asam pantotenat) yang membantu melancarakan proses metabolisme tubuh, menjaga hidrasi kulit, juga menjaga konsentrasi dan daya ingat.

4. Thiamin (vitamin B1) 50 mg

Asupan vitamin B1 dibutuhkan tubuh dalam rangka mendukung proses sintesis hormon dan pemecahan karbohidrat makanan. Selain itu, vitamin B1 juga baik untuk menjaga kesehatan sistem sel saraf.

5. Riboflavin (vitamin B2) 25 mg

Vitamin B2 diperlukan karena berperan dalam mengubah lemak menjadi bentuk atau energi yang berguna bagi tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B2 juga bertugas menjaga kesehatan sistem saraf, kulit, dan mata.

6. Pyridoxine (vitamin B6) 10 mg

Asupan vitamin B6 sangat penting karena perannya dalam tubuh untuk pembentukan hemoglobin (komponen sel darah merah). Vitamin B6 juga membantu proses metabolisme asam amino dan turut menjalankan fungsi kekebalan tubuh.

7. Cyanocobalamin (vitamin B12) 5 mcg

Vitamin B12 kerap disebut sebagai cobalamin karena kandungan mineral kobalt-nya. Vitamin B12 sangat diperlukan tubuh untuk mendukung fungsi otak dan neurologis serta produksi sel darah merah baru.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Bionicom-C

Sebelum mengonsumsi Bionicom-C, sebaiknya Anda memahami beberapa hal berikut untuk meminimalisir risiko efek samping buruk setelahnya. Berikut di antaranya:

  • Konsultasikan pada dokter jika Anda mempunyai riwayat alergi terhadap vitamin B kompleks dan vitamin C.
  • Jika Anda merupakan penderita penyakit autoimun, gangguan lambung seperti maag dan GERD, bicarakanlah dengan dokter terlebih dahulu agar mendapat petunjuk penggunaan yang aman.
  • Konsultasikan pada dokter jika Anda sedang hamil atau menyusui.
  • Konsultasikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi suplemen atau obat herbal lainnya, untuk mencegah terjadinya interaksi obat.

Dosis dan Aturan Pakai Bionicom-C

Bionicom-C memang termasuk obat bebas yang bisa digunakan tanpa resep dokter. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan petunjuk penggunaannya yang tertera dalam kemasan.

Secara umum, dosis Bionicom-C adalah 1 kali sehari 1 kaplet. Bionicom-C bisa diminum sebelum atau setelah makan. Jika Anda mempunyai masalah pada lambung seperti maag atau gejala asam lambung, makanlah terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Efek Samping Bionicom-C

Sejauh ini belum ditemukan efek samping dari penggunaan Becom Zet. Namun, bagi sebagian orang, konsumsi multivitamin mungkin bisa menimbulkan beberapa efek samping seperti mual, sakit perut, diare, dan sembelit.

Ingat untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu saat hendak mengonsumsi multivitamin ini.

Sumber lain:
https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits#1.-May-reduce-your-risk-of-chronic-disease
https://www.medicalnewstoday.com/articles/325292#disclaimer

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.