Tips Ampuh Hidup Sehat Bebas dari Kuman dan Virus

tips bebas dari kuman

Hidup sehat dan bebas dari kuman serta virus adalah impian banyak orang. Hal ini baik kuman, virus maupun bakteri membawa penyakit yang dapat mengganggu ketahanan imun tubuh. Pada akhirnya menciptakan berbagai jenis penyakit.

Seperti yang satu tahun ini kita lalui, virus corona telah mengambil nyawa jutaan jiwa di dunia dan ribuan jiwa di Indonesia. Membuat kita harus lebih aware terhadap kesehatan diri dan lingkungan di mana kita berada.

Untuk melawannya agar kesehatan tetap terjaga adalah dengan tidak membiarkan kuman dan virus masuk ke dalam tubuh. Tips ampuh dan mudah yang dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan tubuh bagian luar salah satunya tangan.

Kondisi tangan harus selalu bebas dari kuman, hal ini karen tangan sering kita gunakan setiap saat. Dari benda-benda yang kita pegang selalu ada kuman, bakteri yang menempel sehingga penting sekali menjaga kebersihan tangan. Caranya dengan rajin mencuci tangan pakai sabun.

Ya, mencuci tangan bahkan diyakini sebagai cara ampuh dalam mencegah penularan Covid-19. Sekelas virus corona yang mematikan saja bisa mati, apalagi kuman biasa?

Bebas Kuman dan Virus dengan Mencuci Tangan

Kuman, bakteri dan virus yang bersarang di kedua telapak tangan akan hilang dengan mencuci tangan. Memcuci tangan yang benar adalah menggunakan sabun dengan cara tepat agar virus berbahaya sekalipun benar-benar hilang.

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Membunuh kuman agar benar-benar hilang dan mati tetunya tidak asal hanya mencucui pakai air saja, melainkan perlu menggunakan bahan penunjang seperti sabun. Setelah sabun tersedia tahapan selanjutnya dengan memahami teknik mencucui tangan yang benar agar bebas dari kuman.

Berikut ini langkah-langkah mencuci tangan yang benar berdasarkan anjuran organisasi kesehatan dunia WHO.

  1. Basuh tangan dengan air bersih dan mengalir
  2. Gosok punggung tangan dan jari dengan sabun.
  3. Bersihkan bagian bawah kuku dan sela-sela jari dengan memutar.
  4. Setelah itu bilas tangan dengan air mengalir.
  5. Keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu cukup ditepuk-tepuk saja.
mencuci tangan mencegah virus corona

Lakukanlah proses mencuci tangan di atas selama 40-60 detik agar semua kuman hilang tak bersisa. Benar-benar bebas dari kuman dan sejenisnya.

Pertanyaannya, bagaimana jika tidak ada air?

Menggunakan Hand Sanitizer

Tidak dipungkiri akan ada masa di mana kita sulit menemukan air mengalir. Sebagai contoh ketika saat aku mendaki gunung, tidak semua jalur yang aku lalui dekat dengan sumber mata air.

Oleh sebab itu aku selalu membawa hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan pakai sabun. Tidak asing kan sama hand sanitizer, terlebih saat Covid-19 menyerang sangat sulit mendapatkannya. Hand sanitizer yang mampu membunuh kuman dan virus harus mengandung alkohol.

Cairan satu ini memang sangat praktis untuk dibawa ke mana saja dan kapan saja. Sampai saat ini pun, walau PSBB kembali longgar saat berpergian tetap sedia hand sanitizer dalam tas. Berlakunya adaptasi kebiasan baru bukan berarti abai dengan protokol kesehatan.

Berbeda dengan mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan hand sanitizer memerlukan waktu 20-30 detik hingga kuman mati.

Rekomendasi Hand Sanitizer Ampuh Bebas dari Kuman

Walau di tahun 2020 banyak yang kesulitan mendapatkan stock hand sanitizer, tetapi saat ini sudah kembali normal. Hal ini karena banyak yang memproduksi baik dalam skala perseroan terbatas maupun home made.

Banyaknya produk Hand sanitizer membuat kita harus tetap selektif memilih produk yang berkualitas dan terpenting adalah bebas dari kuman serta virus.

Unilever sebagai salah satu produsen produk-produk kebutuhan kebersihan meluncurkan produk Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting. Ya, tidak hanya produk sampo dan sabun mandi saja. Lifebuoy Hand Sanitizer persembahan unilever ini dibuat khusus untuk melindungi keluarga dari berbagai kuman penyebab penyakit.

bebas kuman lifebuoy hand sanitizer

Kelebihannya mampu meningkatkan imunitas kulit dalam melawan kuman hingga 10 jam setelah pemakaian, lho. Di mana mampu membasmi 99.9% kuman tanpa membilasnya. Jadi, walau mencuci tangan tanpa air dan tidak membilas akan bebas dari kuman.

Berikut manfaat dari penggunaan Lifebuoy Hand Sanitizer

bebas kuman dengan lifebuoy

Manfaat produk unilever satu ini memang tidak diragukan lagi, ya. Untuk kemasannya beragam sesuai kebutuhan dari ukuran sedang hingga besar yang cocok untuk bisnis. Harga yang terjangkau dan terpenting mudah mendapatkannya. Lifebuoy Hand Sanitizer kini sudah tersedia di supermaket dan outlet offline maupun online.

Kesimpulan

Hidup sehat dengan selalu memerhatikan kebersihan kedua tangan harus menjadi kebiasan yang tidak boleh terlewatkan. Hal ini karena jika telapak tangan bersih maka segala jenis kuman, bakteri dan virus tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh kita.

Membersihkan tangan dapat dengan mencuci tangan menggunakan air dan memakai hand sanitizer. Untuk hand sanitizer pilihlah produk yang mampu membasmi kuman hingga 99.9 seperti produk Lifebuoy Hand Sanitizers yang diklaim mampu meningkatkan imunitas kulit. Membuat hidup sehat bebas dari kuman, bakteri dan virus.

Yes! By-by kuman.

Previous Post Next Post

20 Comments

  1. Reply Husnul Khotimah Maret 18, 2021 at 14:55

    Memang ya… Meskipun Sekarang udah banyak orang yang hampir lupa kalo Corona masih ada, kita harus tetep jaga kebersihan. Selalu ada hand sanitizer sih di setiap tasku btw… Jadi kalo pergi tinggal cus. Btw.. tasku cuma dua wkwkwkwkw

  2. Reply nurulrahma Maret 19, 2021 at 09:52

    Harus banget menjaga kesehatan dan kebersihan dengan seksama ya Mba.
    aakk, makasi tipsnya untuk rajin bersihkan tangan
    aku mau share ke anakku juga

  3. Reply Andiyani Achmad Maret 19, 2021 at 10:18

    cuci tangan, ini aku setuju banget, harus rajin gak boleh males, sebelum memulai aktivitas dan setelah beraktivitas harus banget cuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun

  4. Reply Lidya Maret 19, 2021 at 12:02

    Kalau sabun cuci tangannya aku pakai lifebbuoy nih, ternyata ada hand sainitizernya juga ya, nyobain deh. Bener banget produk dari Unilever terbukti ampuh & banyak penggemarnya dari jaman dulu

  5. Reply fanny_dcatqueen Maret 19, 2021 at 15:16

    Gara2 pandemi, aku jd terlalu parno kalo megang barang2 yg aku ga yakin bersih ato ga mba :p. Bawaannya selalu lari cari wastafel utk cuci tangan . Bisa dalam sehari aku berkali2 utk cuci tangan. Megang duit, megang permukaan yg aku ga yakin, megang kucing, apapun lah. Hp aja tiap malam aku steril dulu di box UV. Supaya paginya bisa dipake lagi.

    Jd kayak kebiasaan gitu sih. Sanitizer aku slalu bawa, tp ttp LBH prefer air dan sabun. Memang sih jd kebiasaan baik sbnrny. Krn sblm pandemi aku ga sampe segitunya :p

  6. Reply Jalan-Jalan KeNai Maret 19, 2021 at 15:41

    Lifebuoy semakin komplit deh sebagai brand yang memang selalu peduli dengan kebersihan sejak dulu. Sekarang udah ada hand sanitizernya

  7. Reply Untari Maret 19, 2021 at 22:28

    harus selalu sedia HS di tas memang di masa pandemi ini. Kalo bisa cuci tangan emang lebih baik sih tapi daripada gada yang buat sterilisasi

  8. Reply Dedew Maret 20, 2021 at 12:11

    Wah ada kemasan besar gini ya jadi bisa beli untuk stok.. Aku mau beli ah ukuran besar begini.. Hand sanitizer dan masker itu sudah barang utama sekarang ya.. Kalau nggak bawa rasanya telanjang huhu..

  9. Reply Mirna Rahardjo Maret 20, 2021 at 17:58

    Handsantizer lifeboy emang bagus banget, sabunnya juga wanginya tahan lama ples mengandung anti bakteri. tinggal membiasakan aja cuci tangan yang baik dan benar supaya kumannya hilang soalnya secara produk udah bagus sih

  10. Reply Larasatinesa Maret 20, 2021 at 19:44

    Selama pandemi ini emang jadi rajin cuci tangan. Apalagi aku di rumah pelihara anak bulu. Makanya banyak nyetok sabun cuci tangan dan hand sanitizer. Aku baru tau dong mbak, Lifeboy ngeluarin hand sanitizer.

  11. Reply Tian lustiana Maret 20, 2021 at 20:13

    Wah ada kemasan besar gini nih, saya sering banget pakai HS nih apalagi kalau abis megang benda – benda di kantor

  12. Reply Nia K. Haryanto Maret 20, 2021 at 21:04

    Di zaman kayak sekarang, sabun dan hand sanitizer ini memang andalan banget deh buat penghalau masuknya kuman dan virus ke dalam tubuh. Btw. produk Unilever yang satu ini memang udah gak bisa diragukan lagi ya manfaatnya.

  13. Reply Nunung Maret 20, 2021 at 21:08

    Sebagai penyintas covid sekarang saya lebih memperhatikan Hal-Hal seperti ini. Lebih memperhatikan kesehatan termasuk memakai hand sanitizer. Lifeboy hand sanitizer ini baru ya mbak?

  14. Reply Dian Maret 20, 2021 at 21:52

    ah iya, sejak pandemi, handsanitizer menjadi salah satu barang yg wajib dibawa, selalu ada di tas
    biar selalu aman dari kuman dan bakteri juga virus

  15. Reply lendyagasshi Maret 20, 2021 at 22:48

    Aku suka banget sama Lifebuoy ini. Wanginya segeerr..
    Bikin hari happy kalau mandi pakai body washnya.
    Tapi belum pernah coba Lifebuoy Hand Sanitizer. Cobain jugaa ayuuk~

  16. Reply ira duniabiza Maret 21, 2021 at 01:28

    di musim pandemi gini penting ya mba untuk rajin menjaga kebersihan tangan.. Mencuci dengan sabun memang dianjurkan, tapi menyiapkan hand sanitiser juga perlu banget ya untuk saat-saat ga bisa nemu air. Sekarang hand sanitiser jadi barang wajib banget dibawa ke mana2..

  17. Reply Nanik Nara Maret 21, 2021 at 14:44

    lifebuoy hand sanitizer meningkatkan imunitas kulit dalam melawan kuman hingga 10 jam setelah pemakaian, wah jadi nggak perlu sering-sering pakai ya, sekali pakai bisa melindungi tangan sampai berjam jam

  18. Reply Eni Martini Maret 21, 2021 at 23:21

    Sejak pandemi memamg jadi wajib banget menjaga kebersihan, cuci tangan pakai disinfektan dll supaya terhindar dari bakteri dan virus.

  19. Reply Nyi Penengah Dewanti Maret 22, 2021 at 09:28

    Hepi banget punya hand sanitizer yang bisa buat menjaga keamanan dan kesehatan keluarga ya Kak. Stok yang banyak biar aman. Sehat selalu sekeluarga kak

  20. Reply Alia Maret 22, 2021 at 22:23

    Si bontot malah yg rajin ingetin cuci tangan. Yg ke rumah siapapun dia paling berisik hihi

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.