Apa yang Harus Dilakukan Saat Gigi Bungsu Tumbuh?

gigi bungsu tumbuh bengkak

Barangkali saat ini teman-teman tengah merasakan nyeri gigi geraham jangan kaget karena bisa jadi gigi bungsu tumbuh. Biasanya rasa sakit muncul di geraham belakang ketiga atau disebut juga wisdom tooth.

Wisdom tooth atau gigi bungsu adalah gigi geraham yang tumbuh terakhir dan terletak pada bagian belakang. Gigi bungsu ini muncul pada 4 titik yaitu bagian belakang kedua geraham atas dan geraham bawah.

Pertumbuhannya akan muncul saat usia 17-25 tahun. Di mana kita tidak dapat memprediksi kapan pastinya gigi bungsu tumbuh dalam rentang waktu tersebut.

Munculnya gigi bungsu pun terkadang tidak sempurna saat ruang untuk tumbuh terlalu sempit membuat gigi yang muncul ke permukaan hanya sebagian saja atau impaksi. Saat terjadi impaksi perlu sekali untuk memerhatikannya karena akan menimbulkan sakit gigi dan gusi yang tidak tertahankan.

Walau begitu tidak perlu khawatir karena gigi bungsu dapat dokter cabut. Ya, lebih baik pergi ke dokter ahli langsung agar tidak menimbulkan masalah lainnya. Terlebih saat kita biarkan saja bisa mengalami infeksi, bengkak, dan yang paling parah mampu meruask gigi sebelahnya. Duh, jangan sampai ya.

Penyebab dan Gejala Tumbuh Gigi Bungsu

Penyebab Gigi Bungsu Tumbuh

Tumbuhnya gigi bungsu adalah suatu hal yang normal dan alamiah. Pastinya setiap orang akan mengalami pertumbuhan geraham molar ketiga tersebut seiring bertambahnya usia. Walau seperti yang tertulis di atas, ruang untuk tumbuh mempengaruhi muncul sempurna atau tidaknya.

Pertumbuhan gigi bungsu juga dipengaruhi oleh faktor berikut:

  • Tumbuh ke arah geraham di belakangnya.
  • Tertanam di dalam tulang rahang
  • Tumbuh ke belakang mulut.

Gejala Gigi Bungsu Impaksi

Saat pertumbuhan gigi bungsu tidak sempurna karena berbagai alasan tersebut atau hal lainnya maka akan merasakan beberapa gejala berikut.

  1. Sakit gigi dan gusi
  2. Gusi bengkak
  3. Bau mulut
  4. Rahang bengkak
  5. Sulit membuka mulut
  6. Sakit kepala
  7. Demam

Berbeda jika ada ruang cukup untuk muncul dengan sempurna maka tidak perlu khawatir akan mengalami tumbuh gigi bungsu gusi bengkak yang menyebabkan impaksi. Hanya saja terbatasnya tempat untuk gigi tumbuh membuat rasa sakit akan datang menghampiri. Beberapa orang bahkan pernah mengalami gusi sampai bernanah.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Gigi Bungsu Tumbuh

gejala sakit gigi bungsu tumbuh

Ada beberapa hal yang bisa teman-teman lakukan saat gigi bungsu yang tidak dinanti kehadirannya muncul.

  1. Jika merasakan nyeri atau sakit gigi maka dapat mengobatinya dengan air garam. Caranya dengan menggunakan setengah sendok teh garam dan masukkan ke dalam gelas berisi air hangat untuk berkumur.
  2. Saat rahang bengkak dapat mengompresnya dengan es atau air dingin selama 15-20 menit. Air es atau dingin ini dapat mengurangi rasa sakit rahang bengkak.
  3. Menghilangkan rasa sakit dapat juga minum obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Kalaupun tidak tertahankan langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Biasanya setelah pengecekan dokter dapat melakukan tindakan dengan operasi atau cabut gigi biasa tergantung kondisi tumbuh gigi bungsu.
  4. Khusus Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mencabut gigi bungsu. Sesakit apa pun cukup dengan konsumsi obat yang sesuai resep dokter.
  5. Menjaga kebersihan gigi dengan tetap rutin gosok gigi minimal dua hari sekali. Sehingga saat gusi bengkak karena gigi bungsu tetap harus menyikat gigi. Salah satu rekomendasi pasta gigi adalah Pepsodent Action 123 Anti Bacteria.

Menjaga Kesehatan Gigi dengan Pepsodent Action

Merek pasta gigi ternama di Indonesia satu ini memang masih popular dan memiliki daya tarik tersendiri karena Pepsodent Action meluncurkan produk yang membantu dalam perawatan kesehatan gigi. Entah itu saat gigi bungsu muncul atau perawatan setiap hari.

pepsodent pasta gigi anti bakteri

Ada pun produk-produk Pepsodent Action 123 adalah Anti Bacteria untuk menjaga kesehatan gigi dari bakteri. Pepsodent Action 123 sebagai perlindungan optimal agar selalu sehat dan kuat dan Center Fresh untuk mencegah gigi berlubang dan yang terpenting dapat melawan bakteri.

Kesimpulan

Gigi bungsu tumbuh secara alamiah dan tidak dapat kita hindari begitu saja. Walau sebagian orang tidak mengalami munculnya gigi bungsu. Tidak banyak juga yang mengalami rasa nyeri tidak tertahankan. Solusi dari rasa sakit gigi bungsu harus cabut atau tidaknya harus berdasarkan konsultasi dokter.

Saat rasa sakit mendera hal yang dapat teman-teman lakukan adalah dengan melakukan pengobatan untuk menghilagkan rasa nyeri dan jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter jika rasa nyeri tidak tertahankan.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.