penyebab bau mulut saat puasa
Tips

Atasi Bau Mulut Saat Puasa dengan Melakukan Hal Sederhana ini! Bikin Kamu Tetap Percaya Diri, loh!

Dalam artikel sebelumnya tentang hukum sikat gigi saat puasa tertulis bahwa bau mulut saat puasa wanginya melebihi wangi Kasturi. Di sisi Allah bukan hal yang buruk, namun tetap saja terkadang kita kurang percaya diri untuk membuka mulut lebar-lebar. Takut orang yang diajak komunikasi mencium aroma yang tidak sedap dari mulut.

Sesungguhnya puasa bukan halangan untuk tidak beraktivitas atau menjalin hubungan sosial dengan orang lain. Yang berbeda adalah tidak makan dan minum hingga waktu berbuka tiba. Tidak berbicara yang buruk seperti menggunjing orang lain. Harus lebih sabar dalam menahan emosi. Seperti itulah puasa, sedangkan aktivitas keseharian dilakukan sebagaimana mestinya.

Bau mulut jangan dijadikan alasan untuk malas berbincang. Fokus saja dengan tofik yang dibahas. Lebih baik jika berbagi ilmu tentang agama, tentang pekerjaan, tentang segala sesuatu yang tidak mengurangi pahala kita. Toh, bau mulut bisa diatasi, loh. Sebelum itu, mari mencari tahu terlebih dahulu penyebab bau mulut.

Bye!Bye! Gerahamku – Pengalaman Pertama Cabut Gigi

Ini yang Perlu Kamu Ketahui Kenapa Harus membersihkan Karang Gigi.

Penyebab Bau Mulut yang Membuat Enggan Buka Mulut

  • Masalah Pada Gigi

Jarang membersihkan karang gigi? bahaya, nih! karang gigi yang menumpuk akan membuat perkembangan bakteri sehingga bisa menimbulkan bau mulut. Selain itu bakteri juga bisa menyebabkan gusi mengalami infeksi.

  • Penyakit

Beberapa penyakit dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap. Seperti, xerostomia atau mulut kering. Hal ini dikarenakan adanya gangguan produksi air liur akibat bakteri yang menumpuk di rongga mulut.
penyakit lainnya ada maag, asam lambung (GERD), sinusitis, diabetes, gangguan hati dan saluran pernapasan.

  • Roko

Sudah tidak asing pasti dengan orang yang suka merokok akan mengeluarkan bau tidak sedap dari mulutnya, terutama ciri khas bau dari rokok itu sendiri.

  • Makanan dan Minuman

Pernah makan jengkol dan durian? Mulut pasti akan mengeluarkan bau tidak mengenakkan karena kedua makanan tersebut memang memiliki ciri khas bau yang kuat. Walau durian baunya tidak separah jengkol, tetap saja ada orang yang tidak suka dengan bau durian.

  • Kekurangan karbohidrat

Kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan bau mulut. Oleh sebab itu yang menjalankan diet berlebih pasti akan mengalami kondisi ini.

Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Dengan beberapa point dibawah ini, bau mulut dapat diatasi dengan mudah agar aktivitas tetap nyaman selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

1. Rajin Gosok Gigi

Saat puasa waktu makan memang hanya sahur dan buka saja, namun bukan berarti menggosok gigi juga sekali saja. Usahakan sikat gigi sebelum tidur agar tidak ada bakteri yang berkembang menggerogoti gigi dan tentunya setelah sahur agar mulut tetap fresh.

2. Tidak Makan dan Minum yang Berbau Menyengat yang Tahan Lama

Saat sahur usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang berbau menyengat dan tahan alam. Karena ada beberapa makanan, walau sudah gosok gigi, baunya tidak kunjung hilang. Seperti bawang putih.

3. Menguyah kulit jeruk/lemon

Rasa asam dari kulit jeruk mampu menghilangkan bau mulut.

4. Minum Air Putih

Air putih bisa menghilangkan bakteri yang bersemayam di area mulut. Jika bakteri tidak ada, mulut akan terhindar dari bau tidak sedap.

5. Mengurangi Roko dan Alkohol

Maniak rokok dan alkohol memang sering mengeluarkan bau mulut tidak enak dihirup. Oleh sebab itu bulan puasa ini bisa menjadi ajang latihan untuk melepas ketergantungan pada roko dan allkohol.

Memiliki mulut yang bersih tanpa ada bau adalah hal yang sangat menguntungkan. Sehat untuk diri tersendiri dan nyaman bagi lawan bicara yang berkomunkasi dengan kita. So, tetap jalankan puasa tanpa khawatir bau mulut.

Pecinta coklat / buku/ Sedang mengejar mimpi untuk keliling Indonesia. Blog ini merupakan salah satu wadah menuangkan kisah-kisah perjalananku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.